BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Besok SR016 Terbit, Sukuk Ritel Cocok untuk Investor Pemula

Abdul Malik24 Februari 2022
Tags:
Besok SR016 Terbit, Sukuk Ritel Cocok untuk Investor Pemula
Ilustrasi Muslimah investor pemula yang gembira karena berhasil meraih keuntungan dari investasinya di reksadana dan SBN Ritel dan SBSN Ritel termasuk SR016. (Shutterstock)

SR016 merupakan SBN Ritel kedua yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini

Bareksa.com - Anda investor pemula yang sedang mencari instrumen investasi yang pas? Jika iya, sebaiknya pertimbangkan saran dari manajer investasi (MI) berikut.

Head of Investment Avrist Asset Management, Ika Pratiwi Rahayu menyatakan pada dasarnya semua Surat Berharga Negara(SBN) Ritel termasuk Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016 yang akan mulai diperdagangkan besok, bisa dipilih oleh investor pemula.

"Baik obligasi atau sukuk ritel (SR016) cocok bagi investor pemula yang memiliki profil risiko konservatif dan jangka waktu pendek," kata Ika kepada Bareksa, Rabu (23/2/2022).

Promo Terbaru di Bareksa

SR016 merupakan SBN Ritel kedua yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini. Masa penawaran SR016 akan dimulai besok, 25 Februari 2022 pukul 09.00 WIB, hingga 17 Maret 2022 pukul 10.00 WIB. Memiliki tenor atau jangka waktu 3 tahun, SR016 akan jatuh tempo pada 10 Maret 2025. SR016 berbentuk tanpa warkat dan dapat dipasarkan di pasar sekunder.

Penerbitan SR016 ditujukan kepada investor individu secara online (e-SBN, salah satunya melalui Bareksa. Investor ritel dapat melakukan pemesanan SR016 minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

(Martina Priyanti/AM)

***
Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

SR016 merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang dikelola sesuai prinsip syariah dan memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar, kupon bersifat tetap dan aman karena baik kupon maupun pokoknya dijamin oleh negara dan Undang-Undang.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan cuan, namun juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SR016 bisa dipesan melalui Bareksa.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBSN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ORI021. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan SR016 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua