BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Sebanyak 52 Ribu Investor Borong ORI021, Ayo Bersiap Serbu SR016!

Abdul Malik17 Februari 2022
Tags:
Sebanyak 52 Ribu Investor Borong ORI021, Ayo Bersiap Serbu SR016!
Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman (tengah), Direktur Surat Utang Negara Deni Ridwan (kiri) dan Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara Basuki Purwadi (kanan) dalam Grand Launching SBN Obligasi Negara Ritel ORI021, 24 Januari 2022.

Capaian tersebut sudah memecahkan rekor penerbitan SBN Ritel dengan jumlah investor terbanyak

Bareksa.com -​ Masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Obligasi Negara Ritel seri ORI021 resmi ditutup hari ini, 17 Februari 2021 per pukul 10:00 WIB.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan yang ada di mitra distribusi pada Kamis, 17 Februari 2022 pukul 10:00 WIB, nilai pemesanan ORI021 sudah menembus Rp25 triliun. Jumlah pasti nilai penjualan akan segera ditentukan oleh Kementerian Keuangan.

ORI021 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel pertama yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini. ​ORI021 jadi salah satu pilihan investasi aman karena SBN Ritel ini dijamin negara dan memiliki imbal hasil menarik. Kupon ORI021 ditetapkan 4,9 persen per tahun, di saat suku bunga acuan Bank Indonesia hanya 3,5 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Di sisi lain ORI021 juga mendapatkan insentif berupa potongan pajak sangat rendah, hanya 10 persen. Besaran pajak tersebut jauh lebih rendah dari pajak bunga deposito yang sebesar 20 persen.

Lalu, berapa banyak jumlah investor yang sudah membeli ORI021?

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan, dalam laman instragramnya menyampaikan Rabu (16/2/2022) bahwa per Selasa, 15 Januari 2022 jumlah investor yang membeli ORI021 sebanyak 52 ribu.

"Capaian tersebut sudah memecahkan rekor penerbitan SBN Ritel dengan jumlah investor terbanyak. Apakah Anda salah satunya," kata Deni dalam laman instagramnya @kangd3ni.

Jumlah investor tersebut sudah tercapai pada pertengahan Januari. Dengan begitu jumlah investor berpotensi tambah besar hingga akhir masa penawaran pada 17 Februari.

Jumlah investor ORI021 juga jauh lebih besar dari seri sebelumnya yakni ORI020 yang diterbitkan pada Oktober 2021 yang menjaring 30.053 investor. ORI021 dipasarkan secara online (e-SBN) di sejumlah mitra distribusi, salah satunya Bareksa.

Penerbitan SR016

Seiring berakhirnya masa penawaran ORI021, pemerintah juga bersiap menerbitkan seri berikutnya yakni Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel atau SBN Ritel jenis syariah ini jadi SBN Ritel seri kedua terbit di 2022.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan segera menggelar penawaran SR016 pada 25 Februari hingga 16 Maret 2022. Instrumen investasi ini sangat cocok bagi smart investor yang ingin mencari produk investasi yang aman, cuan dan halal.

SR016 yang merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel ini juga bisa dijadikan instrumen diversifikasi di tengah gejolak pasar saat ini.

Sebelum mulai investasi di SR016, yuk pahami dulu pengertian, karakteristik dan keuntungan berinvestasi di Sukuk Ritel.

Apa Itu Sukuk Ritel?

Dilansir laman Kemenkeu, Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu warga negara Indonesia, sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Karakteristik Sukuk Ritel

- Untuk individu warga negara Indonesia
- Pengelolaan investasi dengan prinsip syariah
- Pemesanan mulai dari Rp1 juta
- Tenor 3 tahun
- Imbalan tetap dibayarkan setiap bulan
- Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik

Manfaat Investasi di Sukuk Ritel

Menurut Kemenkeu, melalui investasi Sukuk Ritel, pemerintah menawarkan kesempatan secara langsung kepada warga negara Indonesia untuk mendukung pembangunan nasional.

Hasil investasi Sukuk Ritel akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang menjadi investasi untuk merekat jalinan kebangsaan menuju bangsa yang mandiri.

Kesesuaian Syariah Sukuk Ritel

Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional –Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan struktur akad ijarah - asset to be leased. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

8 Keuntungan Berinvestasi di Sukuk Ritel

1. Pokok dan Imbalan dijamin oleh negara
2. Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN
3. Tingkat imbalan tetap
4. Imbalan dibayar tiap bulan
5. Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik
6. Cukup dengan Rp 1 juta kita sudah bisa berinvestasi di Sukuk Ritel
7. Mendukung pembiayaan pembangunan nasional
8. Akses investasi sesuai prinsip syariah

Siap investasi di SR016?

Investasi Sekarang

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

SR016 merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang dikelola sesuai prinsip syariah dan memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta, kupon bersifat tetap dan aman karena baik kupon maupun pokoknya dijamin oleh negara dan Undang-Undang.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan cuan, namun juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SR016 bisa dipesan melalui Bareksa.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBSN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ORI021. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan SR016 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua