BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Target Penjualan ORI021 Jadi Rp21 Triliun, Ini Keuntungan Investasi Obligasi Negara

Hanum Kusuma Dewi08 Februari 2022
Tags:
Target Penjualan ORI021 Jadi Rp21 Triliun, Ini Keuntungan Investasi Obligasi Negara
Ilustrasi investor wanita karyawati tertawa bahagia usai membeli ORI021. (Shuttrerstock)

Salah satu keuntungan investasi ORI021 adalah investor turut mendukung pembiayaan pembangunan nasional

Bareksa.com - Penjualan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 terus bertambah. Hingga Selasa pagi (8/2/2022), penjualan ORI021 telah menembus Rp16,5 triliun atau kurang dari Rp 5 triliun lagi dari kuota baru penerbitannya.

Melihat masih besarnya minat investor ritel kepada ORI021, pemerintah menambah kembali kuota penerbitan ORI021 menjadi sebesar Rp21 triliun per pagi ini. Kemarin, Senin (7/2/2022), target penerbitan ORI021 masih Rp20 triliun.

ORI021 yang menawarkan imbal hasil 4,9 persen per tahun ini sendiri mulai dipasarkan secara online (e-SBN) sejak 24 Januari 2022 pukul 09.00 WIB dan akan berlangsung hingga 17 Februari pukul 10.00 WIB, atau 25 hari masa penawaran. Jadi, masa penawaran ORI021 tinggal 9 hari lagi, tetapi bisa ditutup lebih awal bila pemerintah memutuskan tidak menambah kuota lagi.

Promo Terbaru di Bareksa

ORI021 sendiri merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel pertama yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini. Investor bisa membeli ORI021 secara online (e-SBN) di sejumlah mitra distribusi, salah satunya Bareksa.

Lihat juga Penjualan ORI021 Diprediksi Tembus Rp20 Triliun, Apa Alasannya?

10 Keuntungan Investasi ORI021

Laris diserbu investor, apa saja keuntungan yang akan diperoleh jika membeli ORI021? Melansir Memorandum Informasi ORI021 yang diterbitkan pemerintah melalui Kementerian Keuangan, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI021:

Pertama, pembayaran Kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem Electronic Trading Platform (ETP).

Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di Pasar Sekunder dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Mau dapat cuan investasi sekaligus bantu negara? Sebelum kehabisan, ayo segera pesan ORI021 di Bareksa, ada hadiah dari promo juga lho.

Baca juga Pekan Terakhir Penawaran, Beli ORI021 di Bareksa Bisa Raih OVO dan GrabFood Rp50 Ribu

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI021 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. ORI021 bisa dipesan melalui Bareksa.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ORI021. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan ORI021 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua