Berita / SBN / Artikel

Peringati Hari Pahlawan dan Jaga Kelestarian Bumi, Yuk Investasi ST008

Dengan berinvestasi di ST008, smart investor ikut berpartisipasi aktif dalam aksi bela negara mendukung pembiayaan pembangunan serta menjaga kelestarian bumi
Abdul Malik • 10 Nov 2021
cover

Ilustrasi investasi di Green Sukuk Ritel Sukuk Tabungan ST008 dan reksadana berwawasan lingkungan atau ESG. (Shutterstock)

Bareksa.com - Hari ini, tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Smart investor ingin menjadi pahlawan juga?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pahlawan dimaknai sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. Sementara pahlawan dalam arti luas bisa siapa saja, yang berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungannya.

Tidak perlu berkecil hati jika belum menjadi pahlawan. Meski smart investor tidak berjuang membela negara untuk melawan penjajah, namun bisa berkontribusi sesuai bidang kita masing-masing.

Ada banyak cara yang bisa smart investor lakukan dalam melakukan aksi bela negara maupun membantu pembangunan negara. Salah satunya ialah dengan berinvestasi di Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan seri ST008.

Selain mendukung pembiayaan pembangunan negara, dengan investasi di ST008 juga turut membantu pengembangan pasar keuangan syariah, serta berpartisipasi dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

Ternyata dalam sekali ya tujuan penerbitan ST008?

Adapun alasan ST008 disebut Green Sukuk Ritel, sebab dana hasil penerbitan ST008 akan digunakan untuk proyek-proyek berbasis lingkungan (green projects) yang sesuai dengan komitmen pemerintah dalam green framework untuk mengurangi efek emisi karbon di dunia.

Proyek yang masuk dalam green framework antara lain transportasi, sarana prasarana kereta api, energi, energi terbarukan, manajemen sampah, manajemen air, dan pertanian.

ST008 sangat cocok bagi investor pemula ataupun investor ritel. Modal awal untuk membeli sukuk ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit).

Keuntungan ST008

ST008 dapat dibeli dengan mudah melalui mitra distribusi SBN Ritel, salah satunya Bareksa. Berikut delapan keuntungan investasi ST008 yang tertuang dalam Memorandum Informasi yang diterbitkan Kementerian Keuangan :

Pertama, pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal ST008 dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Tabungan seri ST008 tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, pada saat diterbitkan, imbalan/kupon ST008 ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, imbalan/Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan tanggal jatuh tempo.

Keempat, imbalan/kupon ST008 dibayar setiap bulan.

Kelima, terdapat fasilitas early redemption tanpa dikenakan redemption cost.

Keenam, kemudahan akses untuk melakukan pemesanan pembelian dan pengajuan early redemption melalui sistem elektronik.

Ketujuh, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Kedelapan, memberikan akses kepada investor untuk berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsipsyariah.

Siap jadi pahlawan kekinian? Ayo segera pesan ST008 di Bareksa​!

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Green Sukuk Ritel ST008 ditawarkan 1-17 November 2021. Investasi mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar. ST008 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah dengan fitur tidak bisa diperdagangkan dengan tenor investasi 2 tahun dan kupon bersifat mengambang dengan batas minimal.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.