Berita / SBN / Artikel

Enam Keunggulan Investasi di Green Sukuk Ritel ST008

Investasi ST008 sangat terjangkau, bisa mulai Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar
Abdul Malik • 28 Oct 2021
cover

Ilustrasi dua perempuan investor sedang berdiskusi tentang potensi keuntungan dan batas nilai investasi di SBN Ritel. (Shutterstock)

Bareksa.com - Masa penawaran Green Sukuk Ritel seri Sukuk Tabungan (ST) seri ST008 dimulai Senin, 1 November hingga 17 November 2021.

Apa saja keunggulan yang dimiliki ST008? Sukuk Tabungan seri ST008 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel keenam, sekaligus terakhir yang diterbitkan pemerintah sepanjang tahun ini.

Pemerintah memastikan, ST008 dapat dibeli dengan mudah melalui 30 mitra distribusi, salah satunya Bareksa.

Dalam surat elektronik kepada nasabah SBN Ritel, Kementerian Keuangan menyebutkan setidaknya ada 6 keunggulan ST008, yaitu:

1. Green Sukuk Ritel yang diterbitkan pemerintah terjangkau. Investasi mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar

2. Tenor 2 tahun. Jatuh tempo 10 November 2023

3. Imbalan akan ditetapkan sebelum masa penawaran, bersifat mengambang dengan batas minimal (floating with floor), mengikuti potensi naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI)

4. Sesuai prinsip syariah, siapapun bisa berinvestasi. Tidak dapat diperdagangkan atau dialihkan (non tradable)

5. Ada fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption)

6. Ikut berpartisipasi mendukung pembangunan nasional dan membantu mengurangi dampak perubahan iklim

Animo Investor Tinggi

Direktur Pembiayaan Syariah DJPPR Kementerian Keuangan Dwi Irianti mengatakan Dwi mengatakan pemerintah optimistis animo masyarakat terhadap ST008 akan tetap besar. Keyakinan tersebut seiring dengan tingkat likuiditas domestik yang masih cukup melimpah.

Di sisi lain, Dwi memperkirakan jumlah penjualan ST008 tidak akan sebesar seri-seri SBN yang ditawarkan sebelumnya. Hal tersebut mengingat sifat ST008 yang tidak dapat diperdagangkan atau non tradeable. "Selain itu, target pemerintah untuk seri ini juga tidak akan terlalu besar," kata Dwi dilansir Bisnis.com (28/10/2021).

Kementerian Keuangan menyebutkan Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Siap berinvestasi di ST008? Mulai Senin pekan bisa pesan di Bareksa ya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ST008 Green Sukuk Ritel yang diterbitkan pemerintah terjangkau. Investasi mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar.  ST008 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah dengan fitur tidak bisa diperdagangkan dengan tenor investasi 2 tahun.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.