BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kuota Pemesanan Terus Naik, Ini Daftar Keuntungan Investasi di SR015

Abdul Malik30 Agustus 2021
Tags:
Kuota Pemesanan Terus Naik, Ini Daftar Keuntungan Investasi di SR015
Ilustrasi perempuan investor yang lega karena investasinya di SR015, selain menguntungkan juga halal karena sesuai prinsip syariah. (Shutterstock)

Investor bisa berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah

Bareksa.com - Penerbitan Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015 disambut amat baik oleh investor ritel. Pada Jumat akhir pekan lalu (27/8/2021) atau hari kedepan berlangsungnya masa penawaran SR015, pemesanannya menembus Rp8 triliun. ​

Melihat membludaknya antusiasme investor ritel, pemerintah kembau menaikkan kuota pemesanan SR015 menjadi 11 triliun. Sebelumnya, target pemesanan SR015 dipatok Rp4 triliun kemudian naik Rp5 triliun lalu Rp10 triliun hingga kemudian Rp11 triliun.

Makanya, jika nilai pemesanan konsisten terus menembus Rp1 triliun per hari, maka SR015 berpeluang mencatatkan rekor baru penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

Promo Terbaru di Bareksa

Besarnya pemesanan, tak lain juga karena instrumen investasi ini bahkan cocok bagi investor pemula karena modal awal untuk membeli sukuk ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit) dan maksimal Rp3 miliar (3.000 unit).

SR015 atau produk investasi syariah yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 20 Agustus hingga 15 September 2021.

Adapun tingkat imbal hasil SR015 tetap (fixed coupon) 5,1 persen per tahun.Sukuk Ritel seri terbaru ini adalah instrumen investasi syariah yang aman karena dijamin pemerintah, serta dikhususkan untuk masyarakat ritel yang bisa dibeli secara online. Investor, SR015 diterbitkan dalam bentuk tanpa warkat serta memiliki jatuh tempo dalam 3 tahun, tepatnya pada 10 September 2024.

Keuntungan Investasi SR015

Selain besaran imbalan, sebenarnya keuntungan apa saja sebenarnya yang akan diterima investor SR015? Memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel seri SR015 yang diterbitkan pemerintah menyebutkan ada 10 keuntungan berinvestasi pada sukuk ritel yang akan jatun tempo pada 10 September 2024.

Apa saja keuntungan berinvestasi SR015?

Pertama, pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal Sukuk Negara Ritel Seri SR015 telah dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan dananya disediakandalam APBN setiap tahunnya, sehingga tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, pada saat diterbitkan (pasar perdana) imbalan/kupon SR015 ditetapkan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, imbalan/kupon dengan jumlah tetap (fixed coupon) sampai pada Tanggal Jatuh Tempo.

Keempat, imbalan/kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan pemesanan pembelian melalui sistem elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek melalui sistem ETP (electronic trading platform) dan Transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

Ketujuh, berpotensi memperoleh capital gain dalam hal SR015 dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kedelapan, dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yangberlaku pada masing-masing pihak.

Kesembilan, berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah

.Kesepuluh, turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

(Martina Priyanti/AM)

​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015ditawarkan mulai 20 Agustus hingga 15 September 2021. SR015 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 miliar dan maksimal Rp3 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua