Berita / SBN / Artikel

Investasi di SR015 vs Deposito, Mana Lebih Menarik?

Berinvestasi di SR015 sangat bermanfaat karena membantu membiayai APBN yang digunakan untuk membangun negara
Abdul Malik • 25 Aug 2021
cover

Ilustrasi investor Muslimah yang gembira karena melihat keuntungan investasinya di reksadana dan SBN syariah maupun konvensional, termasuk Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015. (Shutterstock)

Bareksa.com - Sebagian masyarakat sudah akrab dengan deposito atau tabungan bank untuk menyimpan uang dan sebagian lainnya akrab dengan berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel khususnya yang berbasis syariah berupa Sukuk Ritel.

Sama-sama memiliki risiko relatif rendah, mana yang lebih menarik antara Sukuk Ritel (SR) dengan deposito?

Sukuk Ritel adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI), sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Saat ini atau sejak 20 Agustus hingga 15 September 2021, pemerintah tengah menawarkan Sukuk Ritel seri SR015 . Tenor investasi SR015 selama 3 tahun.

Sama-sama memiliki risiko yang rendah, apa perbedaan Sukuk Ritel dengan Deposito? Berikut ulasannya :

1. Penetapan Imbal Hasil

Kupon atau imbal hasil 5,1 persen SR015per tahun dengan sistem tetap (fixed coupon) serta dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Artinya, investor berpotensi mendapatkan capital gain jika menjualnya di atas harga par.

Hal ini berbeda dengan imbal hasil pada deposito yang bisa naik dan turun sesuai dengan tingkat suku bunga acuan.

2. Pajak lebih rendah

Keuntungan SR015 dikenakan pajak 15 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan pajak imbal hasil deposito syariah yang 20 persen per tahun.

3. Bisa Diperdagangkan

Deposito berjangka tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo kecuali bersedia dikenakan pinalti oleh bank. Makanya jika melakukan hal tersebut, akhirnya keuntungan yang diterima bisa lebih kecil.

Sebaliknya, SR015 bisa dijual jika investor membutuhkan dana karena bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Syaratnya, SR015 bisa dijual setelah tiga kali pembayaran kupon, yakni mulai 11 Desember 2021 atau oada setelah berakhirnya Minimum Holding Period (MHP) yang ditetapkan pemerintah.

4. Dijamin 100 persen

Tabungan atau deposito dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) maksimal Rp2 miliar. Sementara itu, SR015 dijamin 100 persen oleh pemerintah baik pokoknya maupun pembayaran bunganya.

Artinya, jaminan pemerintah bisa mencapai Rp3 miliar, sesuai kepemilikan maksimal di SR015. Investasi di SR015 bebas risiko gagal bayar, alias tidak bisa rugi.

5. Modal terjangkau

Menaruh uang di deposito bank ada nilai minimalnya. Misalnya di salah satu bank besar, nilai minimal saldo deposito Rp10 juta. Angka saldo minimal itu sangat jauh dibandingkan dengan modal investasi di SR015 yang bisa dimulai dengan Rp1 juta (1 unit) saja.

Berinvestasi di SR015 juga sangat bermanfaat bagi negara karena membantu membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jadi, bila kita membeli SR015, kita bisa berinvestasi sekaligus membantu negara. Ayo pesan sekarang!

Sumber: pelbagai sumber diolah Bareksa

Promo di Bareksa

Bagi smart investor yang berinvestasi SR015 di Bareksa, ada promo berhadiah menarik lho. Smart investor berkesempatan mendapatkan hadiah 1 iPad Gen 8, 1 Laptop Xiaomi RedmiBook 15 Redmi Book 15 8/256, 1 Xiaomi MI TV 4 Led 32 Inch dan 2 Emas 0,5 gram dengan menggunakan kode promosi yang sudah ditentukan.

Catat kode promo untuk setiap hadiahnya berikut ini ya :

1. Kode promo : SR15GOLD untuk Nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp2 juta akan berkesempatan mendapat hadiah emas 0,5 gram Hadiah ini tersedia untuk 2 orang pemenang.

2. Kode promo : SR15TV untuk nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp5 juta akan berkesempatan mendapat hadiah 1 Xiaomi MI TV 4 Led 32 Inch. Hadiah ini tersedia untuk 1 orang pemenang.

3. Kode promo : SR15LAPTOP untuk nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp10 juta akan berkesempatan mendapat hadiah 1 laptop Xiaomi RedmiBook 15 Redmi Book 15 8/256. Hadiah ini tersedia untuk 1 orang pemenang.

4. Kode promo : SR15PAD untuk nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp25 juta akan berkesempatan mendapat hadiah 1 Apple iPad Gen 8. Hadiah ini tersedia untuk 1 orang pemenang.

Untuk berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik tersebut, cek syarat dan ketentuannya berikut ini :

1. Periode promo berlangsung 20 Agustus - 15 September 2021

2. Pembelian berlaku untuk produk SBN seri SR015 dengan memasukkan kode promo yang dipilih nasabah

3. Pembelian berlaku kelipatan

4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

5. Pembeli dengan nominal terbanyak berhak memenangkan hadiah

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 28 September 2021 melalui akun media sosial Bareksa dan email

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan.

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Yuk segera investasi SR015 di Bareksa dan dapatkan hadiahnya. Langsung pakai kode promonya di www.bareksa.com atau melalui aplikasinya.

Kapan lagi bisa investasi halal, penuh manfaat sesuai prinsip syariah, untung, masih dapat hadiah pula!

Hati-hati terhadap penipuan, promo hanya dipublikasi melalui akun media sosial resmi Bareksa. Pastikan kamu sudah follow dan pantengin terus akun media sosial Bareksa.

(Martina Priyanyi/AM)

​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015ditawarkan mulai 20 Agustus hingga 15 September 2021. SR015 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 miliar dan maksimal Rp3 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

​PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.