BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Investasi Risiko Rendah, Pilih ORI019 atau Reksadana Pasar Uang?

Hanum Kusuma Dewi09 Februari 2021
Tags:
Investasi Risiko Rendah, Pilih ORI019 atau Reksadana Pasar Uang?
Ilustrasi investor wanita cantik berkacamata sedang bingung memikirkan investasi reksadana saham obligasi surat utang negara surat berharga sukuk negara

Kedua produk yang tersedia di Bareksa ini cocok bagi investor dengan profil risiko rendah

Bareksa.com - Kini tersedia investasi dengan risiko rendah yang bisa dibeli secara online. Ada surat berharga negara (SBN) yang diterbitkan oleh negara, dan ada reksadana pasar uang yang dikelola oleh manajer investasi. Pilih mana?

Saat ini, pemerintah sedang menawarkan instrumen surat utang khusus untuk investor ritel berjenis Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI019 selama masa penawaran 25 Januari - 18 Februari 2021.

Sementara itu, reksadana adalah kumpulan dana investor yang dikelola oleh manajer investasi untuk dibelikan aset keuangan. Reksadana jenis pasar uang mayoritas asetnya adalah deposito berjangka dan surat utang dengan jatuh tempo kurang dari setahun.

Promo Terbaru di Bareksa

Bagaimana perbandingan antara ORI dan reksadana pasar uang?

Imbal Hasil (Return)

ORI019 memberikan keuntungan berupa kupon sebesar 5,57 persen per tahun, yang dikenakan pajak kupon sebesar 15 persen. Kupon ORI019 sifatnya tetap (fixed), sehingga tidak akan naik ataupun turun hingga jatuh tempo meskipun suku bunga acuan berubah.

Pembayaran kupon ORI019 setiap bulan dikirim langsung ke rekening investor. Jadi, kupon 5,57 persen tersebut dibagi menjadi 12 bulan. Baca cara hitung kupon per bulan di sini.

Tabel Top 10 Reksadana Pasar Uang Return Tertinggi Bareksa Setahun (per 8 Februari 2021)

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Sementara itu, imbal hasil (return) reksadana pasar uang tidak dikenakan pajak atau potongan lagi sehingga sudah bersih. Contoh, top 10 reksadana pasar uang dengan return tertinggi setahun terakhir bisa memberikan keuntungan bersih 5,6 persen hingga 6,5 persen.

Perlu diingat, return reksadana ini terjadi dari pertumbuhan nilai aset-aset di dalamnya yang pergerakannya tidak pasti. Kita bisa mendapatkan return ini kalau kita menjual reksadana saat nilainya lebih tinggi daripada nilai pembelian kita.

Likuiditas

Likuiditas adalah seberapa cepat suatu instrumen dicairkan atau dijadikan uang tunai (cash). ORI019 adalah instrumen yang bisa diperdagangkan (tradable) sehingga investor bisa menjualnya di pasar sekunder bila butuh dana darurat. Namun, investor harus menunggu hingga pembayaran kupon pertama kali pada 15 April 2021.

Di sisi lain, reksadana dana pasar uang dapat dicairkan kapan saja dan berapa saja (tergantung ketentuan masing-masing produk) saat kita membutuhkan dana darurat. Prosesnya memakan waktu maksimal 7 hari kerja setelah instruksi penjualan (T+7).

Jaminan Pemerintah

Satu hal yang menarik dari ORI019 adalah adanya jaminan 100 persen untuk pokok maupun kuponnya dari pemerintah. Investor yang memegang hingga jatuh tempo (3 tahun) tidak perlu takut uang pokoknya hilang atau berkurang.

Sementara itu, reksadana pasar uang tidak dijamin oleh pemerintah dan nilainya bisa naik dan turun sesuai dengan keadaan pasar. Akan tetapi, reksadana adalah produk investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga aman dan uang investor tidak bisa dibawa kabur oleh manajer investasi ataupun agen penjual.

Kesimpulannya, reksadana pasar uang punya potensi imbal hasil lebih besar yang bebas pajak, sementara ORI019 dijamin 100 persen oleh negara. Kedua produk ini risikonya rendah dan bisa dipilih sesuai dengan selera investor.

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI019 adalah satu seri Surat Berharga Negara (SBN) ritel yang bisa dipesan online di Bareksa selama masa penawaran 25 Januari 2021 hingga 18 Februari 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ORI019.

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi reksadana yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua