BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ini Alasan Investor Milenial Minati SBN Ritel

Abdul Malik02 Februari 2021
Tags:
Ini Alasan Investor Milenial Minati SBN Ritel
Ilustrasi investasi di obligasi korporasi maupun obligasi negara atau SBN, baik SUN, SBSN, Sukuk hingga ORI. (Shutterstock)

Banyaknya generasi milenial yang membeli obligasi negara menjadi nilai positif untuk pengembangan investing society

Bareksa.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menyebutkan generasi milenial menyukai beragam jenis Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

Sebagai gambaran, investor milenial yang membeli obligasi negara ritel (ORI) seri ORI017 tercatat 42 ribu investor dan seri ORI018 ada 26 ribu investor.

Saat ini pemerintah tengah membuka masa penawaran ORI seri ORI019 mulai 25 Januari - 18 Februari 2021. Kupon ORI019 ditetapkan 5,57 persen per tahun. Besaran kupon tersebut bersifat fixed rate hingga waktu jatuh tempo 15 Februari 2024.

Promo Terbaru di Bareksa

Ada sejumlah faktor yang mendorong milenial bisa menjadi investor terbesar pada obligasi negara, antara lain kemudahan akses, berinvestasi lewat secara online termasuk lewat portal investasi seperti Bareksa.

Banyaknya generasi milenial yang membeli obligasi negara, menjadi nilai positif untuk pengembangan masyarakat berinvestasi atau investing society. Selain itu, obligasi negara merupakan bagian dari contoh sarana investasi yang paling bagus untuk mencegah masyarakat terkena investasi bodong.

Terlebih, obligasi negara tidak memiliki risiko gagal bayar karena baik pembayaran pokok maupun kupon (imbal hasil) semuanya dijamin oleh negara.

Makanya, tidak perlu takut uang kita hilang, karena semua sudah dihitung dalam anggaran pemerintah.

Masa penawaran ORI019 masih 16 hari lagi, jadi kapan ikutan beli ORI019?

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI019 adalah satu seri SBN ritel yang bisa dipesan online di sejumlah mitra distribusi Kemenkeu, termasuk Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua