BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ini Daya Tarik ORI019 Bagi Investor Milenial

Abdul Malik26 Januari 2021
Tags:
Ini Daya Tarik ORI019 Bagi Investor Milenial
Ilustrasi investor wanita karyawati tertawa bahagia sambil memegang smartphone melihat hasil investasi surat berharga negara. (Shutterstock)

Ada sejumlah alasan yang mendorong investor milenial minati surat utang negara khususnya ORI

Bareksa.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) menyebutkan sekitar 30 persen hingga 40 persen investor yang membeli obligasi negara ritel (ORI) adalah investor milenial.

Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemenkeu, Deni Ridwan menyampaikan pada tahun lalu, investor milenial yang membeli ORI seri ORI017 tercatat 42 ribu investor dan seri ORI018 ada 26 ribu investor.

"Ini tren positif memang, begitu para generasi ini punya budaya dan kesadaran manfaat investasi ke depan, begitu penghasilan meningkat dia akan lebih meningkatkan porsi investasinya," kata Deni (25/1/2021) .

Promo Terbaru di Bareksa

Minat investor pada ORI diyakini akan kembali terulang bahkan berpotensi lebih besar pada tahun ini. Salah satu faktornya adalah kondisi demoografi Indonesia saat ini yang didominasi oleh generasi milenial dan Gen Z.

Faktor lainnya, adanya kemudahan akses berinvestasi ORI lewat secara transaksi online termasuk lewat portal investasi seperti di marketplace Bareksa. ​

Alasan lainnya, ada 10 keuntungan berinvestasi di ORI019 yang dilihat oleh investor milenial. Keuntungan dimaksud pertama, pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Kedua, pada saat diterbitkan (Pasar Perdana), kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan. Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder melalui mekanisme Bursa, transaksi di luar Bursa (over the counter), dan atau melalui sistem ETP (Electronic Trading Platform). Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di Pasar Sekunder dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi Efek; kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI019 adalah satu seri SBN ritel yang bisa dipesan online di sejumlah mitra distribusi Kemenkeu, termasuk Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua