BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Minat Masyarakat Tinggi, Penjualan ORI019 Bisa Lampaui Target Rp10 Triliun

Abdul Malik01 Februari 2021
Tags:
Minat Masyarakat Tinggi, Penjualan ORI019 Bisa Lampaui Target Rp10 Triliun
Ilustrasi investor yang senang karena investasinya di reksadana dan SBN terus meroket. (Shutterstock)

Investor butuh instrumen yang aman dan punya risiko terukur, serta durasi tidak terlalu lama

Bareksa.com - Penerbitan Obligasi Nagara Ritel (ORI) seri ORI019 disambut baik masyarakat. Hal tersebut nampak dari pemesanan ORI019 yang sudah mencapai 32,4 persen atau setara Rp3,24 triliun dari target penjualan Rp10 triliun, per hari kelima masa penawarannya yakni Jumat sore (29/1/2021).

Dengan demikian, kuota pemesanan tersisa sekitar Rp6,75 triliun atau 67,6 persen, hingga masa penawaran ORI019 ditutup 19 hari lagi pada 18 Februari mendatang. Secara rata-rata, nilai pemesanan ORI019 per hari sekitar Rp640 miliar.

"(Capaian) Bagus sekali, jauh lebih tinggi dari sebelum-sebelumnya," kata CEO BareksaKaraniya Dharmasaputra kepada Kontan.co.id, Minggu (31/1/2021).

Promo Terbaru di Bareksa

Karaniya menyampaikan berbagai strategi juga gencar dilakukan Bareksa selama masa penawaran ORI019, termasuk melakukan edukasi berkelanjutan dan mendorong pemasaran secara digital.

Ditekankan juga bahwa ORI019 merupakan produk investasi 100 persen aman karena dijamin sepenuhnya oleh pemerintah, dan memiliki return jauh lebih tinggi dibandingkan deposito. "Ini sekaligus juga membantu negara untuk mendorong pembangunan," imbuh Karaniya.

Sementara itu Chief Research and Business Development Officer Bareksa, Ni Putu Kurniasari menambahkan penjualan ORI019 di Bareksa ikut naik dibanding sebelumnya. "Naik tiga kali lipat dibandingkan dengan dua seri sebelumnya," jelas Putu.

Menurutnya kenaikan penjualan ORI19 turut didukung tingginya minat masyarakat akan produk Surat Berharga Negara (SBN). Faktor lainnya, adanya beberapa obligasi yang sudah jatuh tempo di akhir tahun lalu, sehingga mendorong investor untuk reinvestasi dan salah satunya di ORI019.

"Kenaikan juga ditopang oleh investor lama dan investor baru. Paling banyak milenial dari sisi pertumbuhan investor, sedangkan dana (nominal) didominasi investor lama lantaran sudah pernah merasakan manfaatnya, sehingga menambah investasinya," tambahnya.

Putu menekankan produk ORI019 masih jadi pilihan menarik bagi investor retail lantaran dilihat dari sisi keamanannya yang dijamin oleh pemerintah. Ditambah lagi, imbal hasil yang ditawarkan masih lebih baik dibandingkan deposito. Ia optimis bahwa penjualan ORI019 yang tawarkan imbal hasil 5,57 persen, bakal lebih tinggi dibandingkan penjualan ORI sebelumnya.

Bisa Tembus Rp15 Triliun

Sementara itu Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas, Ramdhan Ario Maruto seperti dilansir Kontan menilai bukan tidak mungkin penjualan ORI019 bisa ditutup menyentuh angka Rp15 triliun. "Walaupun (bunga ORI019) merupakan salah satu yang terendah di antara SBN ritel yakni 5,57 persen, tetap saja akan jadi incaran, terutama dalam kondisi saat ini. Investor kan butuh instrumen yang aman dan punya risiko terukur, serta durasi tidak terlalu lama, ORI019 pun jadi pilihan yang menarik," kata Ramdhan.

Ia mengatakan imbal hasil ORI019 tetap lebih tinggi dibanding deposito pada umumnya serta punya nilai lebih karena lebih likuid.

Senada dengan Ramdhan, Director & Chief Investment Officer Fixed Income Manulife Aset Manajement Indonesia, Ezra Nazula secara terpisah menyampaikan di tengah era suku bunga rendah, penurunan tingkat deposito perbankan dan likuiditas dalam negeri yang tinggi, kupon ORI019 masih menarik.

Kupon ORI019 ditetapkan 5,57 persen per tahun. Besaran kupon tersebut bersifat fixed rate hingga waktu jatuh tempo 15 Februari 2024.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI019 adalah satu seri SBN ritel yang bisa dipesan online di sejumlah mitra distribusi Kemenkeu, termasuk Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua