BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ini Dua Alasan Pemerintah Terbitkan ORI019 di Awal Tahun

Abdul Malik04 Februari 2021
Tags:
Ini Dua Alasan Pemerintah Terbitkan ORI019 di Awal Tahun
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman saat acara peluncuran SBR007 dengan tema “Membangun Kemandirian Finansial Sejak Dini dengan Cara Investasi”, di Jakarta (11/07/2019) (Kemenkeu)

Alasan pertama berupa ORI019 memiliki fitur yang lebih cocok dengan preferensi investor saat ini

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mulai merealisasikan rencana penerbitan enam seri Surat Berharga Negara (SBN) untuk investor individu atau SBN Ritel, yang direncanakan akan diterbitkan pada tahun ini.

Obligasi Negara Ritel (ORI) yakni seri ORI019, lebih dahulu diterbitkan lebih dahulu dibandingkan Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), dan Sukuk Ritel (SR) yang juga akan diterbitkan pada tahun ini.

Berikut jadwal penerbitan SBN ritel tahun 2021, baik seri SUN maupun SBSN. Jadwal ini masih bisa berubah (tentative) sesuai pertimbangan dari Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan.

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

"Pada awal tahun 2021 ini, kami memilih untuk menerbitkan ORI019 dengan berbagai pertimbangan," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman kepada Bareksa, Rabu malam (3/2/2021).

Alasan tersebut pertama, ORI019 memiliki fitur yang lebih cocok dengan preferensi investor saat ini, yaitu bersifat tradable, bisa diperjualbelikan di pasar sekunder.

"Jika membutuhkan dana dalam kondisi mendesak, investor bisa mendapat dana tunai sehingga mengurangi liquidity risk," kata Luky.

Kedua, ORI019 merupakan instrumen yang cukup aman karena merupakan instrumen yang diterbitkan pemerintah, dan memberikan imbal hasil yang cukup kompetitif.

"Selain itu, pada awal tahun kondisi likuiditas di pasar masih tinggi, sehingga diharapkan bisa mengoptimalkan potensi penerbitan ORI019," sambungnya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI019 adalah satu seri SBN ritel yang bisa dipesan online di sejumlah mitra distribusi Kemenkeu, termasuk Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua