BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Cara Beli ORI017 di Bareksa, Hanya 5 Langkah Mudah

Bareksa16 Juni 2020
Tags:
Cara Beli ORI017 di Bareksa, Hanya 5 Langkah Mudah
Ilustrasi wanita muda cantik memegang handphone smartphone sambil tersenyum senang bahagia gembira

Obligasi Negara Ritel bisa dibeli dengan mengakses sbn.bareksa.com atau menu SBN di aplikasi Bareksa

Bareksa.com - Masyarakat memiliki pilihan investasi yang rendah risiko dengan imbal hasil yang pasti, dengan membeli Surat Berharga Negara (SBN). Satu jenis SBN terbaru yang bisa dibeli investor individu/perorangan seperti kita adalah Obligasi Negara Ritel seri ORI017.

Masa penawaran Obligasi Negara Ritel seri ORI017 berlangsung pada 15 Juni - 9 Juli 2020. Kita bisa mulai berinvestasi sekaligus membantu negara dengan membeli SBN ini secara online di sejumlah mitra distribusi, seperti Bareksa.

ORI017 adalah surat utang negara yang dijamin 100 persen oleh pemerintah, dan bisa diperdagangkan di pasar sekunder (tradable). Sebagai produk investasi, ORI017 memberikan keuntungan berupa kupon (bunga) sebesar 6,4 persen per tahun yang dibayarkan per bulan.

Promo Terbaru di Bareksa

Pembelian ORI017 di Bareksa sangatlah mudah. Hanya dengan lima langkah saja setelah kita login dengan akun Bareksa untuk SBN, kita sudah bisa membeli instrumen investasi ini.

Artikel ini membahas langkah pembelian untuk nasabah yang sudah memiliki akun Bareksa untuk SBN. Bila belum memiliki akun Bareksa, silakan baca panduan di artikel ini.

Pertama-tama, sebelum membeli, kita buka sbn.bareksa.com. Atau kita bisa mengaksesnya melalui aplikasi Bareksa dengan menu SBN.

Illustration

Dari halaman depan sbn.bareksa.com, klik tanda tiga garis yang ada di sebelah kanan atas layar Anda. Kemudian, klik Login.

Illustration

Illustration


Lalu, gunakan akun Bareksa Anda dengan memasukkan alamat e-mail yang terdaftar dan ketik password Anda. Lalu klik Login.

Illustration

Setelah Login, Anda akan dibawa kembali dari halaman depan. Dari halaman depan ini, klik tombol Beli.

Illustration

Bila sudah login, berikut 5 Langkah mudah membeli ORI017 untuk pemilik akun Bareksa melalui mobile web

1. Baca dan Pahami Info Memo

Anda akan masuk dalam halaman pertama sebelum menjadi investor, yakni mengetahui dan memahami produk investasi yang akan Anda beli.

Bila Anda sudah memahami tentang produk ini, silakan klik bulatan yang mengatakan "Saya telah membaca dan memahami isi info memo". Info memo (memorandum informasi) ini juga bisa dibuka dengan cara mengklik tulisan tersebut.

Lalu, klik tombol Beli.

Illustration

2. Masukkan Nilai Pembelian

Di halaman selanjutnya, akan tampil kuota atau nilai maksimum pembelian yang dapat Anda pesan, yakni Rp3 miliar. Terdapat juga nilai minimum pembelian dan kelipatannya, yakni Rp1 juta.

Illustration

Setelah mengetahui kuota Anda, ketik nilai pembelian ORI017, kemudian klik tombol Lanjut.

3. Centang Kesepakatan

Di halaman ini tercantum nilai pembelian dan sisa kuota Anda. Bila Anda memiliki kode promosi, silakan masukkan kode di kolom tersedia. Bila tidak punya, silakan abaikan saja.

Lalu, klik bulatan yang menyatakan "Saya telah memahami dan menyepakati keterangan di atas." Setelah itu, klik tombol Lanjut ke Pembayaran.

Illustration

4. Simpan Kode Billing dan Pilih Metode Pembayaran

Kemudian, Anda akan mendapatkan kode billing. Simpan kode ini untuk melakukan pembayaran melalui metode yang dapat dipilih. Perlu diingat, pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu tiga jam setelah Anda melakukan order, bila tidak, transaksi Anda bisa dibatalkan (expired).

Terdapat sejumlah metode pembayaran, yakni melalui ATM, internet banking, teller bank dan e-commerce. Pilih salah satu, kemudian klik tombol Lanjut.

Illustration

Kemudian, halaman berikutnya memberikan petunjuk untuk masing-masing metode pembayaran yang telah dipilih. Ikuti petunjuk tersebut dan klik Lanjut.

Illustration

5. Upload Bukti Pembayaran

Halaman selanjutnya adalah tempat untuk mengunggah (upload) bukti pembayaran.

Illustration

Setelah Anda melakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih, segera upload bukti pembayaran Anda, berupa foto atau screen capture di menu Transaksi.

Illustration

Dengan demikian, transaksi Anda telah selesai. Anda bisa mengecek status transaksi Anda di menu Daftar Transaksi. Kepemilikan ORI017 Anda akan terlihat di menu Portofolio SBN.

Illustration

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Obligasi Negara Ritel seri ORI017 hanya bisa dipesan online selama masa penawaran 15 Juni - 9 Juli 2020 di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua