BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Cara Beli SR013 di Aplikasi Bareksa, Investasi SBN Makin Mudah dan Aman

Bareksa03 September 2020
Tags:
Cara Beli SR013 di Aplikasi Bareksa, Investasi SBN Makin Mudah dan Aman
Ilustrasi wanita syariah berhijab sedang menggunakan handphone smartphone ponsel untuk membeli produk investasi syariah secara online dengan pembayaran digital.

Terdapat berbagai metode pembayaran mulai dari ATM, Internet Banking, Mobile Banking, E-commerce hingga Teller Bank

Bareksa.com - Berinvestasi sambil bantu negara kini semakin mudah dengan adanya aplikasi Bareksa di smartphone yang tersedia baik untuk Android dan iOS. Membeli dan mengecek portofolio Surat Berharga Negara (SBN) kamu di Bareksa kini ada dalam genggaman.

Seri terbaru SBN ritel yaitu Sukuk Ritel SR013 kini sedang masa penawaran mulai 28 Agustus hingga 23 September 2020. Investasi syariah yang dijamin 100 persen oleh negara ini bisa dilakukan oleh nasabah/investor Bareksa yang sudah terdaftar.

Bila kamu sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana, kamu hanya tinggal melengkapi data berupa NPWP (opsional) dan verifikasi rekening saja. Khusus untuk SBN di Bareksa, rekening yang bisa didaftarkan adalah di Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BNI Syariah, Bank BRI dan Bank CIMB Niaga.

Promo Terbaru di Bareksa

Bagi kamu yang sudah memiliki akun SBN di Bareksa, ini panduan cara beli Sukuk Ritel SR013 melalui aplikasi Bareksa. Pertama-tama sebelum membeli, login ke aplikasi Bareksa kamu dengan memasukkan alamat email dan password terdaftar.

Illustration

Setelah login, ini langkah-langkah membeli Sukuk Ritel SR013 melalui aplikasi Bareksa.

1. Buka Menu SBN

Pilih menu SBN untuk masuk ke halaman SBN.

Illustration

Akan muncul portofolio SBN dan pilihan produk yang sedang dalam masa penawaran saat ini, yaitu SR013. Klik Beli Sekarang.

Illustration

2. Pahami Memo Info

Di halaman ini akan muncul informasi terkait Sukuk Ritel SR013 mulai dari periode pembelian, tanggal jatuh tempo, minimal pembelian, maksimal pembelian, imbal hasil. Kita juga bisa mengunduh Memorandum Informasi yang berisikan keterangan lebih lengkap mengenai SR013.

Illustration

Setelah memahaminya, klik Lanjut Pembelian.

3. Masukkan Nominal Pembelian

Halaman ini akan menampilkan kuota nasional yang tersedia dan kuota investor individu. Kuota investor adalah jumlah maksimal seorang investor bisa memesan SR013. Minimal pembeli Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta hingga maksimal Rp3 miliar.

Illustration

Masukkan Jumlah Pembelian dengan cara mengetik angkanya atau memilih tombol nilai yang sudah tersedia. Setelah memasukkan jumlah pembelian, akan terlihat perkiraan imbal hasil, dan kita bisa melihat detailnya.

Illustration

Lalu, kita bisa mengisi voucher promo. Bila tidak punya voucher atau kode promo, kita bisa mengabaikannya saja. Klik Order Sekarang.

4. Konfirmasi Pembelian

Kita perlu memahami syarat dan ketentuan pembelian SR013. Oleh karena itu, investor wajib mencentang pernyataan pernyataan tanda sudah memahami syarat ketentuan tersebut. Selanjutnya, klik Konfirmasi Pembelian.

Illustration

5. Pembayaran

Investor akan mendapatkan kode billing yang berupa 15 digit angka. Simpan kode billing tersebut untuk melakukan pembayaran.

Illustration

Sebagai informasi, pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu 3 jam setelah melakukan order. Bila terlewat, pembelian otomatis dibatalkan.

Halaman detail transaksi ini juga menampilkan petunjuk pembayaran mulai dari ATM, Internet Banking, Mobile Banking, E-commerce hingga Teller Bank. Bila ingin menggunakan dompet digital OVO, investor bisa memilih e-commerce lalu menggunakan aplikasi Tokopedia dan membayar dengan OVO.

Illustration

6. Upload Bukti

Setelah melakukan pembayaran, upload bukti pembayaran di halaman Detail Transaksi. Atau, bila kita tidak sengaja keluar dari aplikasi, kita bisa mengunggah (upload) bukti ini di Menu Transaksi di halaman Bareksa SBN.

Illustration

Kita bisa mengunggah bukti bayar baik melalui kamera atau dari photo gallery yang ada di handphone kita. Setelah itu, klik Konfirmasi Pembayaran.

Illustration

Illustration

Setelah pembelian berhasil, kita akan mendapatkan email bukti kepemilikan dari Kementerian Keuangan. Informasi ini juga bisa dilihat di halaman portofolio SBN Bareksa.

Illustration

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemesanan SR013 secara online di Bareksa hanya bisa dilakukan pada masa penawaran 28 Agustus - 23 September 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SR013.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua