Berita / SBN / Artikel

Beli ORI017 Makin Mudah di Aplikasi Bareksa, Ini Caranya

Portofolio SBN kini juga sudah bisa dipantau di aplikasi Bareksa
Bareksa • 24 Jun 2020
cover

Ilustrasi wanita muda cantik memegang handphone smartphone sambil tersenyum senang bahagia gembira

Bareksa.com - Aplikasi Bareksa yang tersedia untuk perangkat (device) berbasis Android dan iOS kini memiliki fitur yang lebih lengkap, yakni pembelian Surat Berharga Negara (SBN).

Setelah melakukan pembaruan (update) aplikasi Bareksa, kita bisa membeli Surat Berharga Negara seri terbaru yang sedang dalam masa penawaran, yaitu Obligasi Negara Ritel seri ORI017. Masa penawaran Obligasi Negara Ritel seri ORI017 berlangsung pada 15 Juni - 9 Juli 2020.

ORI017 adalah surat utang negara yang dijamin 100 persen oleh pemerintah, dan bisa diperdagangkan di pasar sekunder (tradable). Sebagai produk investasi, ORI017 memberikan keuntungan berupa kupon (bunga) sebesar 6,4 persen per tahun yang dibayarkan per bulan.

Pembelian ORI017 di aplikasi Bareksa sangatlah mudah. Hanya dengan lima langkah saja setelah kita login dengan akun Bareksa, kita sudah bisa membeli instrumen investasi ini.

Artikel ini membahas langkah pembelian untuk nasabah yang sudah memiliki akun Bareksa untuk SBN melalui aplikasi Bareksa. Bila belum memiliki akun Bareksa, silakan baca panduan di artikel ini.

Pertama-tama, kita login ke aplikasi Bareksa dengan email dan password terdaftar.

Setelah login, kita akan dibawa ke halaman depan (homepage) aplikasi Bareksa. Lalu, kita pilih menu SBN.

Dari Menu SBN kita bisa melihat portofolio SBN kita secara keseluruhan. Lalu di bagian bawahnya kita bisa melihat produk SBN yang sedang dalam masa penawaran, yaitu ORI017. Klik Beli Sekarang.

1. Pahami Detail Produk

Sebelum menjadi investor kita harus mengetahui dan memahami produk investasi yang akan dibeli. Halaman ini memberikan informasi mengenai tanggal penawaran, jatuh tempo, minimal dan maksimal pembelian, penerimaan imbal hasil dan tipe kupon.

Untuk lebih memahami secara rinci mengenai Obligasi Negara ini, kita bisa mengunduh info memo dari tautan yang tersedia. Setelah itu, kita klik Lanjut Pembelian.

2. Masukkan Nilai Pembelian

Akan tampil kuota atau nilai maksimum pembelian yang dapat kita pesan, yakni Rp3 miliar. Terdapat juga nilai minimum pembelian dan kelipatannya, yakni Rp1 juta.

Setelah mengetahui kuota, ketik nilai pembelian ORI017 atau memilih tombol yang sudah ada. Lalu, kita bisa memasukkan voucher atau kode promo, bila tidak punya kita bisa mengabaikannya.

Kemudian klik tombol Order Sekarang.

3. Konfirmasi Pembelian

Baca syarat dan ketentuan pembelian, kemudian centang kesepakatan yang menandakan kita telah menyetujui syarat dan ketentuan tersebut.

Setelah itu, klik Konfirmasi Pembelian.

4. Simpan Kode Billing dan Lakukan Pembayaran

Halaman ini memuat detail transaksi yakni nilai pembelian, total pembayaran dan kode billing. Simpan kode billing ini untuk melakukan pembayaran melalui metode yang dapat dipilih.

Terdapat sejumlah metode pembayaran, yakni melalui ATM, internet banking, mobile banking, teller bank, dan e-commerce (Tokopedia dan Bukalapak). Klik di tiap pilihan untuk melihat petunjuk pembayaran.

Perlu diingat, pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu tiga jam setelah Anda melakukan order, bila tidak, transaksi Anda bisa dibatalkan (expired).

5. Upload Bukti Pembayaran

Bila kita telah melakukan pembayaran dan harus keluar dari aplikasi Bareksa, kita bisa mengunggah (upload) bukti bayar ini dari menu SBN> Transaksi.

Klik Order yang telah kita buat tadi dan upload bukti pembayaran. Status akan berubah dari Verified Order menjadi Completed Order alias Pembelian Berhasil.

Sekarang, ORI017 sudah masuk dalam portofolio.

Hanya di aplikasi Bareksa, kita bisa memantau semua portofolio investasi kita, mulai dari reksadana, SBN hingga emas.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Obligasi Negara Ritel seri ORI017 hanya bisa dipesan online selama masa penawaran 15 Juni - 9 Juli 2020 di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.