BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Kantongi Manfaat hingga Cuan dari Duit Angpao Imlek 2024, Ini Tipsnya

Martina Priyanti06 Februari 2024
Tags:
Kantongi Manfaat hingga Cuan dari Duit Angpao Imlek 2024, Ini Tipsnya
Ilustrasi seorang investor perempuan yang membagikan angpao saat merayakan Hari Raya Imlek. (Shutterstock)

Angpao bisa digunakan untuk investasi dengan strategi lump

Bareksa.com - Tahun Baru Imlek 2576 Kongzli atau Tahun Baru China 2024, akan dirayakan pada Sabtu pekan ini, 10 Februari 2024. Nah, pemberian angpao atau amplop yang umumnya berwarna merah berisi uang, menjadi salah satu tradisi imlek yang paling dikenal masyarakat bahkan bagi yang tidak merayakan Imlek sekalipun.

Angpao umumnya diberikan oleh pasangan suami istri kepada anggota keluarganya yang belum menikah dan atau yang lebih muda dibandingkan dirinya. Moment mendapatkan angpao tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri, apalagi jika nilai nominal uangnya cukup besar.

Melansir artikel edukasi OCBC Indonesia bertajuk 'Imlek Udah Dekat, Duit Angpao Cocoknya Dikemanain Ya?', angpao memang bisa jadi sumber dana tambahan yang lumayan bagi penerimanya. Sebagai anak muda yang melek finansial, angpao jangan sampai kalap dihabiskan percuma.

Penggunaan Uang Angapo

Jadi, cocoknya dikemanain ya? Berikut 3 tips mengatur uang hasil dari angpao Imlek agar tidak cepat habis percuma menurut OCBC Indonesia, yang disampaikan secara tertulis, Selasa (6/2/2024).

Pertama, Ada Utang? Bayar Dulu.

Saat mendapatkan sumber dana tambahan, jangan langsung check out barang-barang di keranjang online shop kamu. Hal pertama yang sebaiknya didahulukan adalah membayar utang, baik itu utang makanan yang dibayarin orang duluan, utang patungan kado nikahan teman, atau utang kartu kredit sisaan healing trip tahun lalu.

Sudah saatnya kamu bayar cicilan kartu kredit atau paylater lebih dari minimum payment-nya, dengan begitu lunasnya juga semakin cepat. Memang sih uang kamu tidak akan ditukar dengan barang-barang yang kamu inginkan, tapi akan membuat kamu bebas dari pinjaman. Jadinya lebih lega, kan?

Kedua, Pos Dana Darurat Masih Kosong? Isi Dulu.

Setiap Financial Planner pasti tidak pernah bosan-bosannya membahas tentang dana darurat. Ya karena memang sepenting itu. Kalau kamu belum punya dana darurat, lebih baik uang angpao yang kamu dapatkan kamu pakai untuk mengisi pos ini dulu. Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi ke depannya. Dengan dana darurat, setidaknya kamu punya tabungan yang bisa digunakan untuk keadaan genting, dan menghindarkan kamu dari utang.

Ketiga, Belum Investasi? Mulai Dulu.

Kamu udah belajar tentang investasi tapi masih menunda-nunda? Kalau kamu ada uang tambahan tak terduga, ini saat yang tepat buat kamu mulai praktekin ilmu investasi yang sudah kamu pelajari. Kamu gak harus mulai langsung dengan yang high risk, kok. Bisa mulai dulu dengan investasi yang risikonya rendah.

Cuan dari Angpao Imlek

Mau cuan dari angpao Imlek yang diterima? Iya, biar angpao justru bisa menghasilkan cuan, baiknya diinvestasikan. Soal hal ini kamu bisa gunakan strategi investasi lump sum untuk investasi reksadana.

Adapun strategi lump sum adalah menyetor sejumlah dana (besar) di awal investasi dan membiarkan uang investasi tersebut bergerak naik turun mengikuti perkembangan pasar, tanpa melakukan tambahan investasi (top up) sampai investor memutuskan untuk mencairkannya. Strategi investasi lump sum biasanya digunakan oleh mereka yang menerima penghasilan tidak tetap setiap bulan, seperti freelancer ataupun pemilik toko.

Nah di Bareksa, tersedia beragam pilihan instrumen investasi pasar modal hingga emas fisik digital.

Reksadana

Tersedia ratusan produk reksadana dari beragam jenisnya (pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, dan indeks) yang bisa dipilih dengan disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasinya.

Investasi Reksadana di Sini
Saham

Selain reksadana, Kamu juga bisa investasi saham di Bareksa. Fitur saham di Bareksa dirilis pada awal November 2023 dan terkait peluncuran fitur ini, Bareksa menggandeng PT Ciptadana Sekuritas Asia (Ciptadana Sekuritas). Transaksi di Bareksa Saham sangat mudah. Sebab fitur-fiturnya didesain sangat mudah digunakan bahkan oleh investor atau pengguna awam sekalipun.


Promo Terbaru di Bareksa

Investasi Saham di Sini
Obligasi Negara

Hanya dengan sentuhan jari dari manapun dan kapanpun, Kamu juga berinvestasi SBN Ritel di super app investasi Bareksa. Sejak 2018, Bareksa menjadi salah satu mitra distribusi penjualan SBN Ritel. Nah, saat ini Obligasi Negara Ritel seri ORI025 sedang memasuki masa penawaran di pasar perdana, yang juga bisa dibeli di Bareksa.

Illustration

Investasi ORI025 di Sini
Emas

Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas. Investasi emas fisik digital dengan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa, dapat dilakukan kapan saja tidak mengenal hari libur. Nilai transaksi pembelian emas fisik digital di Bareksa Emas, dapat langsung terlihat usai melakukan pembayaran.

Investasi Emas di Sini


So, udah ngga bingung lagi kan dalam mengelola angpao Imlek yang kamu peroleh di tahun Naga ya.

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2022 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua