BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Banjir Angpao Saat Imlek, Sebaiknya Buat Bayar Utang, Belanja atau Investasi?

Abdul Malik11 Februari 2021
Tags:
Banjir Angpao Saat Imlek, Sebaiknya Buat Bayar Utang, Belanja atau Investasi?
Ilustrasi seorang investor perempuan yang membagikan angpao saat merayakan Hari Raya Imlek. (Shutterstock)

Jika Anda memilih untuk tidak menggunakannya saat ini, angpao bisa digunakan untuk menambah tabungan atau investasi

Bareksa.com - Tahun Baru Imlek adalah salah satu perayaan yang paling ditunggu oleh masyarakat keturunan Tionghoa di seluruh dunia. Pasalnya, saat Imlek ada tradisi berbagi angpao, yaitu bingkisan dalam amplop merah.

Biasanya, angpao berisi sejumlah uang sebagai hadiah menyambut Tahun Baru Imlek atau perayaan lainnya. Jika Anda termasuk yang menerima angpao, apakah sudah punya rencana akan dimanfaatkan untuk apa angpao tersebut?

Branding and Communication Strategist MiPower by Sequis Ivan Christian Winatha mengatakan, 'banjir’ angpao memang menyenangkan, tetapi jika tidak bijak mengaturnya maka angpau dapat habis dalam waktu yang cepat.

Promo Terbaru di Bareksa

Karena itu, Ivan menyarankan agar melihat angpao bukan sebagai dana untuk dihambur-hamburkan, tetapi menjadi dana tambahan untuk mencukupi kebutuhan saat ini atau dana cadangan masa depan.

Namun apabila ingin menggunakan angpau saat ini, Ivan menyarankan untuk menelusuri dulu pengeluaran apa yang harus segera dibayar atau kebutuhan apa yang harus segera dipenuhi dengan memanfaatkan angpau tersebut.

Memanfaatkan Angpao

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan angpau untuk melunasi kartu kredit, membayar tagihan uang kos, membayar cicilan motor, dan sebagainya. Namun, jika tidak ada pengeluaran mendesak yang harus dilunasi maka uang angpao sebaiknya jangan digunakan.

"Jadikan uang angpao tersebut sebagai dana investasi," jelas dia dalam keterangan resmi, Kamis (11/2).

Menurut Ivan, apabila Anda memilih untuk tidak menggunakannya saat ini, tentu sangat baik karena angpao bisa digunakan untuk menambah tabungan atau investasi. Instrumen investasi juga bisa disesuaikan dengan tujuan investasi dan risiko masing-masing.

Anda bisa memilih investasi di Reksadana atau saham apabila memiliki tujuan jangka panjang. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi di obligasi ritel atau instrumen pasar uang lainnya untuk jangka pendek.

"Dengan catatan, maka Anda yang masih pemula, jangan berfokus pada keuntungan semata, tetapi pelajari dulu risikonya karena investasi selalu berkaitan dengan keuntungan dan risiko," kata Ivan.

Prinsip Pareto

Hal lainnya yang Ivan sarankan adalah dengan mempraktekkan prinsip Pareto, yaitu 80:20. Artinya, 80 persen dari dana yang dimiliki untuk biaya hidup saat ini dan 20 persen untuk tabungan masa depan. Prinsip ini sangat baik untuk diterapkan karena dapat melatih hidup hemat, tidak boros, serta memiliki kesempatan mempersiapkan masa depan.

Cara paling mudah untuk mulai berbenah keuangan agar dapat mempraktekkan prinsip Pareto adalah menilik kembali kebiasaan dalam melakukan pengeluaran. Lalu pertimbangkan apakah pengeluaran itu bisa ditunda, dibatalkan, atau dikurangi.

Contohnya, apakah langganan mendengar musik online adalah keinginan atau kebutuhan. Solusinya, bisa berbagi akun langganan dengan teman sehingga bisa menekan pengeluaran Anda.

“Menyempatkan waktu untuk belajar cara menggunakan uang akan membantu kita lepas dari jerat utang, membantu kita tidak terikat pada utang, dan semakin bijak mengelola keuangan. Jika pengeluaran banyak maka gunakan skala prioritas. Dengan demikian, Anda pun jadi tahu mana yang benar merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan,“ tambah Ivan.

(K09/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua