BeritaArrow iconReksadanaArrow iconArtikel

Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah Terbaik, Ini 5 Keunggulan Majoris Sukuk Negara Indonesia

Hanum Kusuma Dewi08 Desember 2023
Tags:
Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah Terbaik, Ini 5 Keunggulan Majoris Sukuk Negara Indonesia
Ilustrasi investasi Reksa Dana Majoris Sukuk Negara Indonesia. (Shutterstock)

Raih Penghargaan Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah Terbaik Periode 1 Tahun dari Bareksa-Kontan 7th Fund Awards 2023

Bareksa.com - Kamu sedang mencari reksa dana pendapatan tetap dengan kinerja optimal dan menggunakan prinsip syariah? Reksa dana Majoris Sukuk Negara Indonesia bisa menjadi pertimbangan. Berikut sejumlah keunggulan dari reksa dana pendapatan tetap yang dikelola oleh Majoris Asset Management.

1. Imbal hasil optimal

Secara imbal hasil (return), Majoris Sukuk Negara Indonesia mencatatkan kinerja yang lebih tinggi daripada rata-rata produk sejenis. Dalam setahun terakhir, reksa dana pendapatan tetap ini mencatatkan return 6,02% (per 4 Desember 2023), melampaui Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap Bareksa yang hanya naik 3,04%.

Promo Terbaru di Bareksa

2. Kinerja konsisten

Performa yang dihasilkan dalam jangka lebih panjang juga konsisten. Misalnya, dalam 5 tahun terakhir, reksa dana ini bisa mencatat return 33,77%, melebihi Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap yang hanya naik 23,12%.

Illustration

Sumber: Bareksa.com

3. Diversifikasi

Sesuai dengan namanya, reksa dana pendapatan tetap ini berfokus pada sukuk, alias Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang diterbitkan pemerintah. Per Oktober 2023, alokasi SBSN mencapai 98,14% dari portofolio.

Adapun 10 besar aset dalam portofolio Majoris Sukuk Negara Indonesia per Oktober 2023 adalah:

  1. SBSN RI Seri PBS003

  2. SBSN RI Seri PBS005

  3. SBSN RI Seri PBS021

  4. SBSN RI Seri PBS022

  5. SBSN RI Seri PBS023

  6. SBSN RI Seri PBS025

  7. SBSN RI Seri PBS026

  8. SBSN RI Seri PBS029

  9. SBSN RI Seri PBS031

  10. SBSN RI Seri PBS036

Memiliki reksa dana ini, memungkinkan investor mendapat manfaat dari investasi sukuk negara di berbagai seri (diversifikasi) dengan modal yang lebih terjangkau.

4. Sesuai syariah

Majoris Sukuk Negara Indonesia menggunakan prinsip-prinsip syariah dalam mengelola portofolionya. Dengan mengikuti prinsip-prinsip syariah Pasar Modal, reksa dana ini bisa aman terhindar dari unsur riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maysir (judi).

5. Pemenang penghargaan

Reputasi dari produk kelolaan Majoris AM ini tidak perlu diragukan lagi. Sebab, Majoris Sukuk Negara Indonesia mendapat penghargaan sebagai Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah Terbaik Periode 1 Tahun dari Bareksa-Kontan 7th Fund Awards 2023.

Penilaian untuk penghargaan ini dilakukan secara independen, dengan menggunakan metode risk adjusted return dan information ratio dengan menggabungkan strategic portofolio dan tata kelola yang baik.

Oleh karena itu, produk ini bisa menjadi pertimbangan bagi investor moderat dengan pandangan investasi jangka menengah. Selain itu, investor agresif dan konservatif juga dapat menginvestasikan sebagian dananya ke dalam reksa dana pendapatan tetap ini sebagai penyeimbang portofolio.

Prospek Pasar Obligasi

Selain mempertimbangkan keunggulan produk di atas, Smart Investor juga dapat menyesuaikan strategi investasi dengan prospek di pasar obligasi saat ini. Kondisi pasar yang baik, berpotensi mendorong kinerja reksa dana pendapatan tetap ke depan.

Menurut Tim Analis Bareksa, pasar obligasi global sempat melemah pada awal kuartal keempat tahun ini. Imbal hasil (yield) obligasi Indonesia sempat mencapai 7,3% yang mengindikasikan harganya tertekan. Lalu, Dolar AS pun menguat hingga ke level Rp15.900 per dolar AS, yang membuat Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan ke 6%.

Namun, menjelang akhir tahun, muncul berita baik seperti inflasi yang mulai terjaga dan bank sentral global menyuarakan suku bunga tidak akan naik lagi. Harga komoditas seperti minyak mentah secara global juga turun.

Perkembangan tersebut membuat investor mulai memborong obligasi negara, termasuk sukuk, dan mendorong harganya. Sehingga, yield SBN tenor 10 tahun turun ke 6,6% dari puncaknya di 7,3%, yang mengindikasikan harganya semakin menguat. Selain itu seri obligasi syariah negara memiliki fluktuasi harga yang relatif lebih rendah di durasi menengah hingga panjang sehingga cocok untuk sebagai diversifikasi portofolio. Pada tahun depan juga Bareksa melihat yield obligasi akan cenderung terjaga dan mengalami penguatan terbatas pada yield 6,3-6,6%.

Beli Majoris Sukuk Negara Indonesia

(ADV | hm)


* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua