BeritaArrow iconReksadanaArrow iconArtikel

Tiga Timses Capres Ungkap Gagasan Pengembangan Pasar Modal 2024-2029

Abdul Malik10 November 2023
Tags:
Tiga Timses Capres Ungkap Gagasan Pengembangan Pasar Modal 2024-2029
Ketiga Tim Sukses Calon Presiden mengampanyekan Pemilu damai bersama Co Founder dan CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra dan Titis Nurdiana, Wakil Pemimpin Redaksi Kontan, usai debat Timses Pilpres sebagai bagian dari acara tahunan Bareksa-Kontan 7th Fund Awards 2023 dan peluncuran Bareksa Saham di Jakarta, Kamis (9/11/2023). (Bareksa/Ramzy/Gloredtha)

Bareksa-Kontan Fund Awards kembali diselenggarakan bersamaan dengan peluncuran Bareksa Saham & Debat Timses Capres 2024-2029

Bareksa.com - Tiga perwakilan tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden RI menyampaikan visi misinya dalam acara “Debat Tim Sukses Calon Presiden RI: Arah dan Wajah Pasar Modal Indonesia 2024-2029 di Bawah Kepemimpinan Anies Vs Ganjar Vs Prabowo” sebagai bagian dari acara tahunan Bareksa-Kontan 7th Fund Awards 2023 dan peluncuran Bareksa Saham di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Dalam acara ini, tim pemenangan dari pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disebut berdasarkan urutan abjad yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming beradu gagasan dan inisiatif dalam mengembangkan pasar modal Tanah Air, di depan ribuan tamu yang hadir dari investor dan pemimpin pengelola dana investasi yang berasal dari perusahaan manajer investasi, dana pensiun, asuransi, dan yayasan. Hadir pula para ekonom, analis pasar modal, emiten, bank kustodian dan pelaku pasar modal lainnya.

Pembicara yang hadir ialah Wijayanto Samirin (Tim Ekonomi/Substansi AMIN), Andi Widjajanto (Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud) dan Panji Irawan (Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran).

Promo Terbaru di Bareksa

Investasi Reksadana di Sini

Di akhir acara debat, Tim Pemenangan dari tiga pasangan Capres-Cawapres sepakat untuk mewujudkan Pemilu damai, jujur dan adil, agar Pemilu 2024 jadi pesta demokrasi yang sehat dan bermartabat demi kesejahteraan rakyat Indonesia. Komitmen untuk tetap menjaga iklim politik tetap kondusif menjadi harapan pelaku pasar modal dalam menahan stabilisasi laju pergerakan aset investasi khususnya saham. Pasalnya pelaku pasar modal terus berusaha mendorong inklusi dan literasi guna meningkatkan pendalaman pasar modal di Indonesia. Hal ini juga yang melatarbelakangi Bareksa meluncurkan Bareksa Saham.

CO Founder dan CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, berharap dengan hadirnya Bareksa Saham bisa membantu kebutuhan masyarakat Indonesia agar lebih mudah dan murah dalam berinvestasi saham yang terintegrasi dengan aset investasi lainnya, dalam satu aplikasi. "Bareksa mengokohkan posisinya sebagai satu-satunya super app investasi yang menawarkan semua produk investasi secara lengkap dan terintegrasi, mulai dari saham, reksadana, SBN, emas, tabungan reksadana syariah untuk umroh, dan juga robo advisory berlisensi," kata Karaniya.

Investasi Saham di Sini

Bareksa-Kontan 7th Fund Awards 2023

Platform investasi Bareksa dan Kontan (Kompas-Gramedia Group) tahun ini kembali menggelar BareksaKontan 7th Fund Awards 2023. Bareksa dan Kontan berkolaborasi memberikan apresiasi kepada perusahaan manajer investasi dan produk-produk reksa dana terbaik di Tanah Air. Anggota tim dewan juri yang terlibat dalam penilaian ialah Achmad Daniri (Mantan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia dan Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governansi), Ardian Taufik Gesuri (Direktur dan Pimpinan Redaksi Kontan) dan Lukas Setia Atmadja, Ph.D (Prasetya Mulya Business School).

“Kami akan terus menjaga kredibilitas dari hasil penilaian ini agar bisa menjadi panduan bagi masyarakat bahwa produk yang terbaik harus mencatat kinerja dan tata kelola yang baik,” kata Adrian Taufik Gesuri.

Menurut Ardian, selama 7 tahun terakhir penyelenggaran Bareksa-Kontan Fund Awards, dia terus berusaha memperketat metode, meningkatkan kualitas penilaian, dan konsisten dalam menerapkan asas governansi. “Sehingga kami berharap bisa memberikan hasil penilaian yang kredibel dan dapat diandalkan. Kami mengharapkan hasil penjurian ini dapat menjadi pedoman yang baik dan terpercaya bagi investor reksa dana," dia menjelaskan.

Senada, Lukas Setia Atmaja berharap hasil penjurian Bareksa-Kontan Fund Awards bisa menjadi pedoman yang baik dan terpercaya bagi investor reksa dana. Selain itu, juga bisa mendorong para pelaku di industri reksa dana untuk lebih meningkatkan kinerja dan governansinya sehingga masyarakat Indonesia bisa lebih sejahtera melalui investasi di pasar modal.

"Selamat atas perhelatan 7th Bareksa Kontan Fund Awards 2023. Sebagai anggota dewan juri di acara ini sejak 2017 saya merasakan komitmen yang tinggi dari Bareksa dan KONTAN untuk memberikan apresiasi kepada produk reksa dana, manajer investasi dan tokoh yang berperan di industri reksa dana secara independen dan terpercaya,” dia memaparkan.

Investasi Reksadana di Sini

Mas Ahmad Daniri menambahkan para peserta Bareksa-Kontan Fund Awards telah menunjukkan dedikasi dan inovasi luar biasa dalam mengembangkan solusi-solusi yang relevan dan berpotensi menghasilkan manfaat positif.

“Saya berharap para pelaku akan terus mengembangkan proyek-proyek mereka dengan integritas dan etos kerja yang tinggi, sehingga mereka dapat memberikan manfaat nyata terhadap masyarakat dan lingkungan, guna menjaga kepercayaan investor," ungkapnya.

Peningkatan penilaian yang dilakukan dalam Bareksa-Kontan 7th Fund Awards 2023 kali ini ialah dengan menggunakan risk adjusted return dan information ratio dengan menggabungkan strategic portofolio dan tata kelola yang baik. Hal ini bertujuan agar kedepannya masyarakat mampu percaya kepada produk investasi yang memberikan hasil yang konsisten selama periode yang ditentukan.

Information ratio adalah alat ukur untuk mengukur seberapa besar sebuah portofolio reksadana bisa mengalahkan imbal hasil acuannya dibandingkan dengan volatilitasnya. Bareksa Barometer menjadi benchmark penilaian Fund Awards 2023 dengan rumus penilaian dari sisi tata kelola yang baik (GCG) 20% dan information ratio 80%.

Dalam penilaian GCG mempertimbangkan indikator kelengkapan portofolio dan catatan suspensi. Adapun information ratio mengukur konsistensi kinerja dalam beberapa periode. Periode analisis yang diukur ialah 1 tahun, 3 tahun dan 5 tahun yang masing-masing memiliki pembobotan atas periode tertentu.

Investasi Reksadana di Sini

Benchmark yang digunakan untuk menilai kinerja produk reksa dana tersebut ialah:

Asset Class

Benchmark

Conventional

Syariah

Equity

Bareksa Equity Fund Index

Bareksa Syariah Equity Fund Index

Bond

Bareksa Bond Fund Index

Bareksa Syariah Bond Fund Index

Balanced

Bareksa Balanced Fund Index

Bareksa Syariah Balanced Fund Index

Money Market

Bareksa Money Market Fund Index

Bareksa Syariah Money Market Fund Index

Sumber : Bareksa

Daftar Pemenang Bareksa-Kontan 7th Fund Awards 2023

Reksa Dana Terbaik Periode 1 Tahun - Konvensional

Periode 1 Tahun

Saham

Campuran

Pendapatan Tetap

Pasar Uang

Gold

BNP Paribas Infrastruktur Plus

Schroder Dana Terpadu II

Allianz Fixed Income Fund 2

Capital Money Market Fund

Silver

BNP Paribas Pesona

Schroder Dynamic Balanced Fund

Mandiri Investa Dana Obligasi Seri II

Mega Dana Kas

Sumber : Bareksa

Reksa Dana Terbaik Periode 1 Tahun-Syariah

Periode 1 Tahun

Saham Syariah

Pendapatan Tetap Syariah

Pasar Uang Syariah

Gold

BNP Paribas Pesona Syariah

Majoris Sukuk Negara Indonesia

Majoris Pasar Uang Syariah Indonesia

Silver

Principal Islamic Equity Growth Syariah

Eastspring Syariah Fixed Income Amana Kelas A

Capital Sharia Money Market

Sumber : Bareksa

Reksa Dana Terbaik Periode 3 Tahun - Konvensional

Periode 3 Tahun

Saham

Campuran

Pendapatan Tetap

Pasar Uang

Gold

TRIM Kapital

Schroder Dana Terpadu II

Allianz Fixed Income Fund 2

Capital Money Market

Silver

BNP Paribas Ekuitas

Sucorinvest Premium Fund

Mandiri Investa Dana Obligasi Seri II

Mega Dana Kas

Sumber : Bareksa

Reksa Dana Terbaik Periode 3 Tahun-Syariah

Periode 3 Tahun

Saham Syariah

Pendapatan Tetap Syariah

Pasar Uang Syariah

Gold

BNP Paribas Pesona Syariah

Trimegah Dana Tetap Syariah

Capital Sharia Money Market

Silver

Principal Islamic Equity Growth Syariah

Bahana MES Syariah Fund Kelas G

Majoris Pasar Uang Syariah Indonesia

Sumber : Bareksa

Reksa Dana Terbaik Periode 5 Tahun - Konvensional

Periode 5 Tahun

Saham

Campuran

Pendapatan Tetap

Pasar Uang

Gold

Rencana Cerdas

Sucorinvest Anak Pintar

Allianz Fixed Income Fund 2

Capital Money Market Fund

Silver

TRIM Kapital

Sucorinvest Citra Dana Berimbang

Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

Mega Dana Kas

Sumber : Bareksa

Reksa Dana Terbaik Periode 5 Tahun-Syariah

Periode 5 Tahun

Saham Syariah

Pendapatan Tetap Syariah

Pasar Uang Syariah

Gold

BNP Paribas Pesona Syariah

Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A

Syailendra Sharia Money Market Fund

Silver

Manulife Syariah Sektoral Amanah kelas A

Bahana MES Syariah Fund Kelas G

Capital Sharia Money Market

Sumber : Bareksa

Investasi Reksadana di Sini


(Martina/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.746,07

Up0,58%
Up3,54%
Up0,01%
Up6,86%
Up16,79%
Up44,23%

STAR Stable Income Fund

1.896,9

Up0,50%
Up2,85%
Up0,01%
Up6,40%
Up28,80%
Up63,45%

I-Hajj Syariah Fund

4.748,85

Up0,54%
Up2,81%
Up0,01%
Up6,50%
Up22,19%
Up40,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.751,73

Up0,54%
Up1,89%
Up0,01%
Up5,45%
Up20,41%
Up50,53%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.032,98

Up0,62%
Up1,50%
Up0,01%
Up1,98%
Down- 3,87%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua