BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Investasi Reksadana Bisa Dapat Dividen Rutin? Coba Aja Trimegah Fixed Income Plan

Abdul Malik20 Maret 2023
Tags:
Investasi Reksadana Bisa Dapat Dividen Rutin? Coba Aja Trimegah Fixed Income Plan
Ilustrasi investor meraih income rutin dari investasinya di reksadana Trimegah Fixed Income Plan melalui super app investasi Bareksa. (Shutterstock)

Trimegah Fixed Income Plan memberikan dividen secara berkala yang langsung ditransfer ke rekening investor

Bareksa.com - Dalam berinvestasi reksadana, investor biasanya mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan nilai aktiva bersih. Tak hanya itu, ada reksadana yang bisa memberikan penghasilan rutin berupa dividen tunai, seperti Trimegah Fixed Income Plan (TFIP).

Trimegah Fixed Income Plan adalah reksadana pendapatan tetap yang memiliki fitur dividen rutin. Artinya, investor bisa mendapatkan keuntungan rutin berkala yang langsung ditransfer ke rekening bank, sementara modal di reksadana tetap utuh dan terus bertumbuh.

Bagaimana reksadana bisa memberikan penghasilan rutin?

Promo Terbaru di Bareksa

Reksadana TFIP mayoritas portofolionya adalah obligasi, khususnya obligasi korporasi. Sesuai karakternya, obligasi memberikan imbalan rutin yang disebut kupon kepada pemegangnya. Sehingga, reksadana TFIP sebagai pemegang obligasi juga mendapatkan kupon tersebut.

Secara umum, ketika mendapatkan kupon obligasi, kebanyakan reksadana pendapatan tetap menginvestasikan kembali keuntungan tersebut. Hasilnya, nilai aktiva bersih (NAB) reksadana pun bertambah karena ada penghasilan dari kupon.

Akan tetapi, reksadana kelolaan Trimegah Asset Management ini memiliki kebijakan investasi untuk mengembalikan kupon atau keuntungan tersebut sebagai dividen. Makanya, investor bisa langsung merasakan dividen berupa uang tunai yang masuk ke rekening.

Beli Reksadana Trimegah Fixed Income Fund Sekarang, Klik di Sini

Bagaimana kinerja reksadana TFIP?

Biasanya, reksadana pendapatan tetap ini memberikan dividen kurang lebih sebesar 1% dari NAB-nya setiap tiga bulan sekali. Makanya, investor sebaiknya mempertahankan nilai saldonya agar bisa terus menikmati pembagian dividen rutin ini. Produk TFIP ini cocok bagi para investor yang senang berinvestasi pada deposito perbankan dengan imbal hasil pasti 4% tahun bersih setelah pajak ditambah oleh kenaikan harga dari obligasi yang dimiliki oleh TFIP.

Karena membagikan dividen rutin, investor mungkin melihat grafik kinerja pertumbuhan NAB reksadana TFIP bentuknya cukup unik. Dalam grafik kinerjanya, terdapat peningkatan menyerupai bukit, tetapi disertai turunan tajam seperti jurang setiap tiga bulan sekali.

Grafik Pertumbuhan NAB Reksadana TFIP

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Smart Investor tidak perlu khawatir ketika melihat kinerja NAB turun tajam karena itu biasanya terjadi akibat pembagian dividen. Sehingga ada baiknya segera cek mutasi rekening pribadimu untuk melihat apakah ada dividen tunai yang dikirimkan dari reksadana ini.

Kalau dilihat dari pertumbuhan NAB setahun, reksadana ini hanya naik 2,47% (per 28 Februari 2023) tetapi itu belum memperhitungkan pembagian dividen. Sebab, grafik NAB yang tampil di Bareksa itu hanya pertumbuhan NAB dari kenaikan harga obligasi saja. Sehingga, total return plus dividen setahun sebenarnya mencapai 6,67% (per Februari 2023).

Tabel Kinerja TFIP

Illustration

Sumber: Fund Fact Sheet Februari 2023

Bila dilihat secara total return, yaitu NAB ditambah dividen, grafik kinerja reksadana TFIP semenjak peluncurannya pada 2019 terlihat stabil. Total return semenjak peluncuran hingga 19 Februari 2023 mencapai 30,02%. Makanya, reksadana ini cocok untuk investor moderat dengan tujuan keuangan jangka menengah.

Grafik Total Return (Pertumbuhan NAB + Dividen) TFIP

Illustration

Sumber: Trimegah AM, Bareksa

Beli Reksadana Trimegah Fixed Income Fund Sekarang

Portofolio Reksadana

Trimegah Fixed Income Plan bertujuan untuk memberikan alternatif investasi dengan memberikan tingkat pengembalian yang kompetitif melalui investasi pada efek bersifat utang. Di samping itu, reksadana TFIP juga dapat berinvestasi pada efek bersifat ekuitas dan/atau instrumen pasar uang dalam negeri dan/atau deposito.

Kebijakan investasi reksadana ini adalah 80-100% di instrumen obligasi dan 0-20% di instrumen saham dan/atau pasar uang. Per Februari 2023, alokasi aset reksadana ini adalah 79,78% di obligasi dan lainnya 20,22%.

Adapun aset terbesar (top holding) dalam portofolio reksadana ini per Februari 2023 adalah:

  • Bank Bukopin

  • Obligasi Oki Pulp & Paper Mills II Tahun 2022 Seri B

  • Allo Bank Indonesia

  • Bank Syariah Bukopin

  • Obligasi Berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold Tahap I Tahun 2022

  • Obligasi III Oki Pulp & Paper Mills Tahun 2022 Seri B

  • Obligasi Berkelanjutan III Lautan Luas Tahap II Tahun 2021 Seri A

  • Obligasi Berkelanjutan I Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry Tahap I Tahun 2021 Seri B

  • Obligasi II Pindo Deli Pulp And Paper Mills Tahun 2022 Seri B

  • Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Moratelindo Tahap I Tahun 2019 Seri B

Reksadana TFIP tersedia eksklusif di super app Bareksa dengan modal mulai dari Rp100.000 saja.

Beli Reksadana Trimegah Fixed Income Fund Sekarang

(ADV | hm)

***

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,52

Up0,64%
Up3,07%
Up0,02%
Up6,27%
Up19,97%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,52

Up0,53%
Up3,42%
Up0,02%
Up7,36%
Up18,23%
Up42,99%

STAR Stable Income Fund

1.908,5

Up0,50%
Up2,85%
Up0,01%
Up6,31%
Up31,62%
Up59,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,62

Up0,49%
Up2,79%
Up0,01%
Up5,45%
Up20,04%
Up48,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,05

Up0,36%
Up2,00%
Up0,02%
Up2,08%
Down- 2,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua