Top 5 Manajer Investasi Juara Kelolaan Reksadana Pendapatan Tetap Syariah Desember 2022

Sucor AM juara kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah terbesar Desember 2022
Hanum Kusuma Dewi • 25 Jan 2023
cover

Ilustrasi pengelolaan reksadana pendapatan tetap. (Shutterstock)

Bareksa.com - Kinerja positif baik dari sisi dana kelolaan maupun unit penyertaan dicatatkan reksadana pendapatan tetap syariah sepanjang 2022. Lantas, siapa saja manajer investasi yang berhasil mencatatkan dana kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah terbesar pada Desember 2022?

Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report Desember 2022 yang mengolah data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan dana kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah mencapai Rp9,04 triliun, naik 15% sepanjang tahun 2022, tetapi turun 1% secara bulanan. 

Sementara jumlah unit penyertaan jenis reksadana syariah yang mayoritas portofolionya di obligasi atau sukuk ini, pada Desember 2022 tercatat 6,73 miliar unit. Angka ini naik 5% secara bulanan dan 19% secara tahunan. 

Baca juga Top 5 Manajer Investasi Juara Dana Kelolaan Reksadana Pasar Uang Syariah Desember 2022

Top 5 Manajer Investasi

Nah, berikut ini top 5 manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah terbesar Desember 2022 :

1. Sucor Asset Management

Sucor AM tercatat menempati posisi pertama pada Desember 2022 dengan dana kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah Rp2,48 triliun. Pangsa pasar reksadana pendapatan tetap syariah yang dikuasai Sucor AM 28%.

2. Insight Investments Management

Posisi kedua manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah terbesar pada Desember 2022 ditempati Insight IM. Kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah Insight tercatat Rp1,48 triliun, dengan pangsa pasar dikuasai 16%.

3. Shinhan Asset Management Indonesia

Posisi ketiga terdapat Shinhan AM dengan kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah Rp1,04 triliun. Pangsa pasar reksadana pendapatan tetap syariah yang dikuasai Shinhan 12%.

4. Majoris AM

Selanjutnya ada Majoris AM di posisi keempat, dengan kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah Rp718,80 miliar dan penguasaan pangsa pasar 8%.

5. Eastspring Investments Indonesia

Kemudian Eastspring tercatat menempati posisi kelima manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana pendapatan tetap syariah terbesar pada Desember 2022, yakni Rp615,92 miliar. Pangsa pasar reksadana pendapatan tetap syariah yang dikuasai Eastspring 7%. 

Daftar 20 MI Kelolaan Reksadana Pendapatan Tetap Syariah Terbesar Desember 2022

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report Desember 2022

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report December 2022Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

Segera Investasi di Reksadana Sekarang, Klik di Sini

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan  dalam berinvestasi reksadana.