Cara Siapkan Dana Pendidikan Anak dari Cuan Selisih Harga Beli - Jual Emas

Cuan dari investasi emas bisa digunakan untuk menyiapkan dana pendidikan anak
Abdul Malik • 22 Jun 2022
cover

Ilustrasi seorang investor mengukur kadar kemurnian emas 24 karat dengan kaca pembesar dan kalkulator. (shutterstock)

Bareksa.com - Emas dalam bentuk logam mulia atau sering disebut emas batangan, sudah lama dijadikan salah satu instrumen investasi. Alasannya karena dipercaya kebal terhadap inflasi, sehingga bisa menjadi alat lindung nilai atau safe haven.

Karena itu, investasi emas berbentuk logam mulia banyak dipilih sebagai salah satu cara untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Bunda juga ingin berinvestasi emas, tapi merasa belum memiliki banyak uang?

Tenang bunda, saat ini membeli emas sangat terjangkau sesuai kemampuan kita, bahkan mulai dari 0,01 gram. Jadi, bunda bisa menyiapkan dana pendidikan dengan berinvestasi emas sejak dini. Bahkan jika baru saja menikah dan atau baru memiliki anak, dan ingin menyiapkan dana pendidikan.

​Investasi emas bisa dilakukan tanpa harus menunggu punya uang banyak. Berinvestasi emas bisa dilakukan di Bareksa melalui fitur Bareksa Emas, dengan minimal investasinya hanya Rp50.000.

Berinvestasi emas bisa dilakukan oleh semua investor. Hanya saja, bagi investor pemula ada baiknya mengetahui bahwa instrumen investasi ini bisa dilihat hasilnya untuk investasi jangka panjang, minimal 5 tahun. Selain itu, investor juga perlu mengetahui ada dua macam harga emas batangan. Yakni harga beli dan harga jual kembali (buyback) emas.

Harga emas keluaran Logam Mulia, PT Aneka Tambang (Antam) yang juga tersedia di Bareksa Emas misalnya. Harga emas saat Bunda membeli disebut harga beli. Sementara itu harga buyback adalah harga yang berlaku ketika Bunda menjual emas. 

Sebagai gambaran, harga beli emas Antam per Selasa (21/6/2022) seperti dilansir dari laman resmi Logam Mulia Antam dipatok Rp999 ribu per gram. Adapun harga jual kembali (buyback) emas Antam pada Selasa (21/6/2022) Rp876 ribu per gram. 

Catatan tambahan, harga jual kembali itu belum mempertimbangkan pajak jika nominalnya lebih dari Rp10 juta.

Selisih Harga Emas Hari Ini dengan 5 Tahun Lalu

Lalu bagaimana dengan harga emas Antam baik beli maupun jual hari ini dibandingkan 5 tahun lalu yakni pada 21 Juni 2017? 

Melansir laman Logam Mulai, harga beli emas Antam pada 21 Juni 2017 senilai Rp606 ribu per gram. Dengan demikian, ada selisih Rp393 ribu per gram dibandingkan harga per hari ini.

Sumber : Logam Mulia

Di sisi lain harga buyback emas Antam pada 21 Juni 2017, senilai Rp530 ribu per gram. Dengan demikian, ada selisih Rp346 ribu per gram dibandingkan harga buyback hari ini.

Sumber: Logam Mulia

Bisa Cuan Berapa?

Jadi, berapa cuan atau keuntungan yang akan Bunda dapatkan jika membeli emas pada 21 Juni 2017 dan kemudian menjualnya kembali pada 21 Juni 2022? Misalnya Bunda membeli membeli emas batangan atau logam mulia 1 gram, maka cuan yang diperoleh Rp270.000 per gram. Cuan itu didapat dari selisih harga jual kembali (buyback) emas harga pada 21 Juni 2022 yakni Rp876 ribu, dikurangi harga beli pada 21 Juni 2017 senilai Rp606 ribu. 

Sementara jika Bunda membeli logam mulia 10 gram, maka Bunda meraih cuan Rp2,7 juta, membeli 20 gram akan cuan Rp5,4 juta dan seterusnya. Keuntungan itu akan jauh lebih besar jika Bunda membeli emas batangan dalam jumlah gram lebih besar pula. Dengan cuan yang semakin besar, maka Bunda tidak lagi pusing untuk membiayai pendidikan anak.

Menarik kan Bunda? Tertarik investasi emas untuk mempersiapkan dana pendidikan Anak? Segara investasi emas di Bareksa Emas.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.