Beli Mobil Rp300 Jutaan Cash Hasil Nabung Reksadana, Ini Caranya

Reksadana Syailendra Pendapatan Tetap Premium dapat dipilih untuk tujuan keuangan jangka menengah dan cocok untuk investor dengan profil risiko moderat
Hanum Kusuma Dewi • 25 May 2022
cover

Model mobil BMW X1 di satu showroom di Minsk Belarus, 2 Desember 2015. (Yauhen_D / Shutterstock.com)

Bareksa.com -Smart investor tentu ingin memiliki mobil pribadi, agar bisa mendukung kegiatan sehari-hari, baik untuk bekerja atau bepergian bersama keluarga. Mobil termasuk pembelian besar sehingga perlu disiapkan secara keuangan agar tidak mengganggu kebutuhan harian. 

Cara mengumpulkan uang yang umumnya dilakukan untuk membeli mobil adalah dengan menabung. Namun, bukan menabung biasa, smart investor bisa berinvestasi reksadana pendapatan tetap yang bisa memberikan potensi imbal hasil dalam jangka menengah. 

Satu produk reksadana pendapatan tetap yang jadi pilihan adalah Syailendra Pendapatan Tetap Premium. Reksadana yang dikelola oleh Syailendra Capital ini secara historis dapat memberikan imbal hasil yang stabil dengan fluktuasi rendah.

Baca juga Reksadana Syailendra Pendapatan Tetap Premium: Produk Stabil dengan Return Menarik 

Menurut data Bareksa, dalam lima tahun terakhir hingga 18 Mei 2022, reksadana pendapatan tetap ini mencatat imbal hasil (return) 53,97 persen. Reksadana pendapatan tetap cocok untuk investasi jangka menengah sekitar 3-5 tahun dan untuk investor dengan profil risiko moderat. 

Sebagai gambaran bagaimana menabung di reksadana dapat mengumpulkan uang untuk membeli mobil secara tunai (cash), mari kita gunakan simulasi. Simulasi ini menggunakan data historis reksadana Syailendra Pendapatan Tetap Premium lima tahun terakhir. 

Misalkan smart investor memiliki modal untuk investasi awal di reksadana sebesar Rp10 juta. Kemudian, secara rutin smart investor dapat menambah investasi per bulan Rp4,5 juta yang dimasukkan ke reksadana Syailendra Pendapatan Tetap Premium

Dalam lima tahun, modal investasi yang terkumpul sebesar Rp280 juta. Tidak hanya segitu, ditambah dengan return, hasil investasi mencapai Rp351,95 juta. Artinya ada pertumbuhan Rp71,95 juta, atau 25,70 persen dari modal. 

Grafik Simulasi Investasi Syailendra Pendapatan Tetap Premium

Sumber: Bareksa.com 

Dengan hasil investasi reksadana tersebut selama lima tahun, smart investor dapat membeli mobil secara tunai. Menurut penelusuran Bareksa, sejumlah merek mobil baru 2022 seharga Rp300 jutaan antara lain Honda City Hatchback, Honda HR-V, Mitsubishi Xpander Cross dan Hyundai Creta. 

Bahkan, kalau punya preferensi mobil Eropa second, smart investor dapat memiliki mobil merek mewah seperti BMW X1 hingga Mercedes Benz C-Class dengan harga sekitar Rp300 jutaan. 

Sebagai catatan, simulasi reksadana ini menggunakan data masa lalu dan tidak menjamin kinerja masa depan. Bila target keuangan smart investor lebih tinggi, jangka waktu bisa diperpanjang atau modal rutin per bulan bisa ditambah. 

Jadi, smart investor punya impian mobil apa? Apapun impian smart investor, reksadana Syailendra Pendapatan Tetap Premium bisa dipilih untuk mengumpulkan dananya. 

(ADV)

* * * 

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.