BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Enam dari Top 10 Reksadana Cuan Tertinggi Sepekan Koleksi Saham Ini

Abdul Malik23 Mei 2022
Tags:
Enam dari Top 10 Reksadana Cuan Tertinggi Sepekan Koleksi Saham Ini
Ilustrasi pesatnya perkembangan ekonomi digital yang berdampak positif pada reksadana dengan portofolio saham-saham perusahaan teknologi. (Shutterstock)

Tiga produk reksadana di antaranya milik Batavia PAM, dua produk reksadana Manulife AM dan 1 produk reksadana BNP Paribas AM

Bareksa.com - Pasar saham Indonesia menorehkan kinerja ciamik pada pekan lalu, setelah pekan sebelumnya mengalami penurunan tajam. Dalam periode perdagangan mulai dari 17 hingga 20 Mei 2022, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakumulasi kenaikan 4,85 persen ke level 6.918,14.

Dibalik penguatan tajam IHSG pada pekan lalu, ada saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) yang melesat dan menduduki jajaran top gainer mingguan serta menjadi salah satu penopang indeks saham kebanggaan Tanah Air tersebut.

Sebagai informasi, sepanjang pekan lalu saham GOTO berhasil meroket 56,7 persen ke level Rp304 per saham. Hal itu menjadi kenaikan mingguan pertama setelah merosot selama 3 pekan beruntun sejak listing 11 April lalu.

Promo Terbaru di Bareksa

Kurang dari 2 bulan sejak listing perusahaan di sektor ekonomi digital yang berstatus decacorn ini sudah bersiap untuk menggelar aksi korporasi.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Jumat (20/5/2022), GOTO berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement dengan menerbitkan maksimal 118,44 miliar saham seri A.

Dana yang diperoleh akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja secara grup, PT Tokopedia, PT Dompet Anak Bangsa dan/atau PT Multifinance Anak Bangsa.

Aksi korporasi ini memiliki efek dilusi paling banyak 9,09%. Private placement juga tidak akan mengakibatkan perubahan rasio hak suara saham Seri B terhadap saham Seri A.

Manajemen perusahaan belum mengumumkan kapan private placement dieksekusi. Yang terang, GOTO hanya memiliki batas waktu pelaksanaan private placement selama satu tahun terhitung sejak diperolehnya persetujuan dari pemegang saham terkait rencana ini.

Adapun rapat umum pemegang saham (RUPS) yang salah satu agendanya meminta persetujuan private placement dijadwalkan berlangsung pada 28 Juni 2022.

Enam Reksadana di Jajaran Top 10 Return Mingguan Koleksi Saham GOTO

Melihat adanya kenaikan signifikan pada saham GOTO pada pekan lalu, tentu secara umum akan mendorong kinerja reksadana yang memiliki saham ini dalam portofolionya.

Berdasarkan pantauan Bareksa, 6 dari 10 produk reksadana yang menduduki daftar kenaikan tertinggi mingguan pada pekan lalu tercatat memiliki saham GOTO dalam portofolionya.

Illustration

Sumber: Bareksa

Dari keenam produk tersebut, tiga produk reksadana di antaranya milik PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, kemudian dua produk reksadana berikutnya milik PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, dan satu produk reksadana miliki PT BNP Paribas Asset Management.

Perlu diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/Arief Budiman/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,27

Up0,63%
Up3,63%
Up0,04%
Up4,68%
Up18,41%
-

Capital Fixed Income Fund

1.794,99

Up0,56%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,43%
Up40,35%

I-Hajj Syariah Fund

4.877,69

Up0,58%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,70%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.048,98

Up0,53%
Up3,56%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,33

Up0,28%
Up2,59%
Up0,03%
Up4,95%
Up14,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua