BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Yield SBN Berpotensi Menurun, Positif Buat Reksadana Pendapatan Tetap

Abdul Malik26 Juli 2021
Tags:
Yield SBN Berpotensi Menurun, Positif Buat Reksadana Pendapatan Tetap
Ilustrasi investasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel termasuk SBR, SR, ST dan ORI, serta reksadana pendapatan tetap. (Shutterstock)

Imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun akan berada di rentang 6,15-6,5 persen

Bareksa.com - PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) memprediksi yield (imbal hasil) obligasi pemerintah 10 tahun akan berada di rentang 6,15-6,5 persen. Penurunan imbal hasil ini bisa berpengaruh positif bagi instrumen reksadana pendapatan tetap yang berbasis obligasi pemerintah.

Wealth Management Head Bank OCBC NISP Juky Mariska menjelaskan, pada Juni 2021, pasar obligasi mengalami kerugian. Yield obligasi pemerintah tenor 10 tahun meningkat 2,62 persen menjadi 6,59 persen.

"Pergerakan tersebut didorong oleh berbagai faktor seperti varian Delta Covid-19 yang meredam sentimen dan depresiasi rupiah," ujar dia dalam keterangan resmi akhir pekan lalu.

Promo Terbaru di Bareksa

Namun demikian, investor asing masih mencatat aliran modal masuk Rp18,07 triliun yang menunjukkan sebagian besar aksi jual didominasi oleh investor domestik. Dengan penawaran real yield yang relatif lebih tinggi oleh obligasi domestik, pihaknya optimistis pasar obligasi masih akan bertumbuh tahun ini.

"Kami masih mempertahankan proyeksi tahun sebelumnya dengan proyeksi akhir untuk yield obligasi pemerintah 10 tahun di kisaran 6,15-6,5 persen," terang dia.

Penurunan yield obligasi pemerintah ini tentunya berdampak positif bagi instrumen berbasis obligasi pemerintah, yakni reksadana pendapatan tetap. Dari 29 produk reksadana pendapatan tetap yang ada di Bareksa, hampir seluruhnya membukukan tingkat pengembalian (return) positif.

Hanya Manulife Obligasi Unggulan Kelas A dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang return-nya terkoreksi 1,06 persen dalam satu tahun.

Sementara 28 produk lainnya masih membukukan return positif, di rentang 0,41-14,33 persen. Syailendra Pendapatan Tetap dan Sucorinvest Bond Fund menjadi reksadana pendapatan tetap yang mencetak return tertinggi.

Sucorinvest Bond Fund dari PT Sucor Asset Management mencatat return 14,33 persen dalam setahun atau tertinggi di antara reksadana pendapatan tetap lainnya.

Sementara reksadana Sucorinvest Bond Fund mencetak return 13,48 persen atau return terbesar kedua di jajaran produk reksadana pendapatan tetap.

(K09/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua