BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Jelang Tahun Ajaran Baru Sekolah, Siapkan Dana Pendidikan Anak di Reksadana

Abdul Malik08 Juli 2021
Tags:
Jelang Tahun Ajaran Baru Sekolah, Siapkan Dana Pendidikan Anak di Reksadana
Ilustrasi seorang ibu yang mengajarkan anaknya untuk investasi di reksadana syariah dan SBN Ritel syariah guna menyiapkan dana pendidikan sang buah hati. (Shutterstock)

Sebaiknya pilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko

Bareksa.com - Orang tua yang memiliki anak usia sekolah, tengah bersiap menyambut tahun ajaran baru yakni tahun ajaran 2021/2022. Sedianya tahun ajaran baru sekolah akan dimulai pekan depan. Bagaimana, apakah dana pendidikan anak Anda sudah siap?

Ada baiknya, memang dana pendidikan sudah disiapkan jauh-jauh hari agar tidak kelabakan begitu sang anak memasuki usia sekolah. Persiapan menyediakan dana pendidikan perlu dilakukan terlebih, kenaikan pendidikan di Indonesia rata-rata 15 persen hingga 20 persen per tahun.

Dengan cara apa Anda penyiapkan dana pendidikan anak?

Promo Terbaru di Bareksa

Ada sejumlah cara menyiapkan dana pendidikan baik bagi Anda yang sudah memiliki anak usia sekolah ataupun yang baru berniat menikah dan kelak akan memiliki anak dan pada waktunya akan mulai bersekolah ya.

Reksadana untuk Dana Pendidikan

Salah satu bentuk investasi yang dapat dipilih adalah reksadana. Reksadana ialah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Reksadana juga diartikan, sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi.

Mengutip Bursa Efek Indonesia (BEI), reksadana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan terbatas. Selain itu, reksadana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Reksadana memberikan imbal hasil (return) dari pertumbuhan nilai aset-aset yang ada dalam portofolionya. Imbal hasil ini potensinya lebih tinggi dibandingkan dengan deposito atau tabungan bank.Adapun jenis reksadana yang dipilih, bisa disesuaikan dengan karakter kita apakah seorang high-risk taker, medium-risk taker, atau low-risk taker. Jika kita kurang berani untuk mengambil risiko rugi, bisa memilih reksadana pasar uang.

Sementara jika kita cukup berani tapi masih jaga-jaga untuk tidak terlalu rugi, bisa coba fixed income (reksadana pendapatan tetap) atau balanced (reksadana campuran). Kalau jika kita cukup berani ambil risiko, bisa berinvestasi di reksadana saham (equity).

Selain mempertimbangkan tipe karakter, perlu juga dipertimbangkan lamanya investasi. Untuk investasi biaya pendidikan anak yang relatif untuk jangka panjang, bisa mempertimbangkan reksadana campuran.

Adapun reksadana campuran, cocok untuk investor individu yang memiliki profil risiko moderat dan memiliki tujuan jangka menengah panjang (3-5 tahun atau lebih). Seperti tertulis di situs informasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksadana campuran adalah investasi yang menanamkan dananya di berbagai macam efek, antara lain ekuitas (saham), surat utang (obligasi), dan pasar uang (deposito).

Jenis reksadana dan produk reksadana apa yang akan Anda pilih untuk pos dana pendidikan? Pastikan yang sesuai dengan profil risiko Anda ya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,93

Up0,21%
Up3,89%
Up0,02%
Up5,88%
Up18,64%
-

Capital Fixed Income Fund

1.765,78

Up0,56%
Up3,45%
Up0,02%
Up7,28%
Up17,13%
Up42,93%

STAR Stable Income Fund

1.916,73

Up0,53%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,30%
Up30,61%
Up60,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.754,19

Down- 0,39%
Up3,83%
Up0,01%
Up4,45%
Up18,86%
Up47,37%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,49

Down- 0,15%
Up1,85%
Up0,01%
Up2,75%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua