Ini Daftar Keuntungan Investasi di Aplikasi Reksadana Bareksa

Salah satu keuntungannya, Bareksa menyediakan beragam jenis produk reksadana dari beberapa manajer investasi
Abdul Malik • 23 Mar 2021
cover

Boy William sebagai Brand Ambassador Bareksa, dengan aplikasi Bareksa

Bareksa.com - Berinvestasi saat ini bagi sebagian orang sudah menjadi bagian kebutuhan dan gaya hidup. Bagaimana tidak, tuntunan kebutuhan ekonomi yang semakin tinggi dari waktu ke waktu, membuat orang harus memutar otak untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bukan tanpa alasan, di masa yang akan datang di mana nilai uang kita akan cenderung tergerus atau istilah kerennya disebut inflasi. Nah, cara paling bijak untuk memastikan keamanan finansial kita dan keluarga di masa depan adalah dengan berinvestasi. Banyaknya pilihan investasi terkadang membuat sebagian orang bingung.

Bagi Anda yang masih bingung, mudah-mudahan kebingungan Anda akan teratasi setelah membaca artikel ini. Bagi Anda yang seorang pemula dalam dunia investasi, reksadana bisa menjadi salah satu pilihan investasi terbaik.

Produk investasi reksadana sangat cocok bagi para investor yang memiliki banyak keterbatasan, seperti waktu terbatas, dana terbatas, informasi terbatas, dan pengetahuan investasi yang terbatas.

Selain itu, instrumen ini juga mampu mengurangi risiko investasi karena adanya penyebaran (diversifikasi) pada berbagai aset investasi. Meski begitu, bukan berarti reksadana bebas risiko sama sekali.

Untuk itu, investor tetap perlu mempelajari berbagai risiko yang terdapat dalam produk ini. Secara sederhana, investasi reksadana dapat diartikan bahwa Anda membeli unit penyertaan reksadana serta mempercayakan seorang manajer investasi (MI) untuk mengelolanya dalam berbagai produk seperti deposito, obligasi dan saham.

Dengan risiko yang relatif kecil, potensi keuntungan yang didapatkan bisa lebih tinggi dari hanya menabung di bank. Selain itu, reksadana juga memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi namun dengan modal dan pengetahuan investasi yang terbatas.

Dengan modal minimal Rp100.000 bahkan hanya dengan Rp10.000, masyarakat bisa membeli produk investasi yang berisi kumpulan aset keuangan seperti saham, obligasi dan deposito ini.

Meski makin populer, namun masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui di mana saja produk reksadana ini dapat ditransaksikan. Salah satu cara untuk bisa membeli reksadana adalah dengan membelinya melalui manajer investasi secara langsung.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah melalui agen penjual reksadana (APERD) yang bisa ditransaksikan secara online. Salah satunya, melalui marketplace investasi atau aplikasi reksadana, Bareksa. Perlu diketahui, transaksi reksadana di aplikasi Bareksamemiliki banyak kelebihan ketimbang bertransaksi di medium lainnya.

Selain bisa dilakukan secara online dengan mudah dan aman, pembelian reksadana melalui Bareksa juga memberikan beberapa kelebihan bagi investor yang belum tentu didapatkan jika membeli reksadana secara langsung pada manajer investasi.

Beberapa kelebihan investasi melalui aplikasi reksadana Bareksa antara lain :

1. Tidak Dibebankan Biaya (Fee) Transaksi

Investor tidak dibebankan biaya (fee) transaksi dalam pembelian sebagian besar produk reksadana yang dijual di aplikasi reksadana Bareksa.

2. Bisa Membeli Beberapa Produk Reksadana dalam Satu Akun

Sebagai marketplace investasi, aplikasi reksadana Bareksa menyediakan beragam jenis produk reksadana dari beberapa manajer investasi.

Hal ini memberikan banyak pilihan bagi investor dalam menentukan produk reksadana mana yang ingin dibeli dan sesuai dengan tujuan investasi serta profil risikonya masing-masing hanya dalam satu akun.

Makanya, investor tidak perlu repot untuk mendatangi atau membuka akun kembali pada setiap manajer investasi untuk membeli produk reksadana yang dikelolanya.

3. Tersedia Fitur dan Alat Investasi yang Mendukung

Dalam marketplace atau aplikasi reksadanaBareksajuga tersedia beberapa tools yang dapat digunakan dalam memilih reksadana seperti Simulator Bareksa, dan Kalkulator Investasi Bareksa serta data dan artikel reksadana yang dapat memberikan berbagai informasi kepada investor.

Untuk yang sudah berinvestasi di aplikasi reksadana di Bareksa, tentu sudah merasakan sejumlah manfaat dimaksud. Nah, bagi yang belum berinvestasi di aplikasi reksadana Bareksa, masih mau mempertimbangkan apa lagi?

Apapun jenis dan produk reksadana yang Anda pilih, pastikan sesuai dengan profil risiko Anda ya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.