BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Menjamin Keuangan Masa Depan dengan Reksadana

Bareksa17 Oktober 2019
Tags:
Menjamin Keuangan Masa Depan dengan Reksadana
Ilustrasi investasi reksadana saham obligasi surat utang untuk menyiapkan dana pensiun hari tua

Pada dasarnya, tidak ada seorang pun tahu tentang apa yang akan terjadi di masa depan

Bareksa.com - Siapa yang tidak mendambakan rasa aman di masa depan? Sebab pada dasarnya, tidak ada seorang pun yang tahu tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Apakah hari esok masih sesuai harapan kita? Apakah 2 sampai 3 tahun lagi kita masih bisa berdiri seperti saat ini? Silahkan simpan sendiri pertanyaan tersebut untuk Anda. Karena jawabannya muncul ketika Anda mulai menjalani hidup.

Meskipun kita merasa tidak aman dengan adanya pertanyaan di atas, tetapi masih ada usaha yang bisa kita lakukan demi menjamin rasa aman di masa depan. Sesuatu yang bisa kita lakukan hari ini demi masa depan. Terutama dalam salah satu hal yang vital, yakni masalah keuangan.

Promo Terbaru di Bareksa

Kita mengenal jasa asuransi, yakni jasa jaminan kesehatan dan jaminan hari tua. Asuransi biasanya mampu menjamin jika terjadi sesuatu pada diri kita di masa depan. Rasa tenang muncul ketika kita tahu bahwa kondisi kita ketika jatuh sakit atau sudah tua nanti tidak akan banyak merepotkan orang lain dari segi biaya.

Ada cara lain yang bisa membantu Anda untuk merasa aman dan tenang dalam menghadapi masa depan, yakni investasi. Meskipun banyak ragamnya dan terkesan mahal, investasi bisa Anda mulai sejak dini.

Artinya Anda bisa mulai berinvestasi meskipun pendapatan yang Anda miliki belum seberapa. Loh, benarkah bisa demikian? Jawabannya adalah bisa. Belajar menjamin masa depan sejak dini bukanlah hal yang tidak mungkin saat ini.

Salah satu hal yang dapat Anda coba adalah berinvestasi reksadana. Jenis investasi ini adalah salah satu cara yang bisa mengajarkan Anda untuk menjamin masa depan sejak dini. Konsepnya mirip menabung, akan tetapi ada beberapa aspek yang membuat investasi reksadana lebih baik untuk masa depan.

Pertama, jika kita berinvestasi reksadana maka uang yang kita hasilkan akan bertambah nilainya. Karena memang prinsip reksadana adalah pihak manajer investasi akan menginvestasikan uang Anda ke beberapa instrumen yang memang bisa menghasilkan keuntungan seperti saham, obligasi atau deposito. Sehingga sangat mungkin untuk meraup untung dari berinvestasi reksadana.

Kedua, investasi reksadana secara tidak langsung memaksa kita untuk bersabar. Karena, rata- rata produk reksadana memang baru terasa pertambahan nilai yang signifikan jika kita menunggu selama setidaknya setahun. Nilai reksadana akan bertambah lebih besar lagi jika kita mau bersabar untuk jangka waktu yang panjang. Untuk reksadana jenis saham saja, jika dilihat performanya dalam 3 tahun terakhir,return yang dihasilkan ada yang mencapai 75 persen.

Lima Produk Reksadana Saham dengan Return Tertinggi 3 Tahun yang Dijual Bareksa

Illustration
Sumber: Bareksa

Ketiga, Anda bisa memilih jenis reksadana berdasarkan profil risiko. Apa maksudnya? Reksadana bisa menyesuaikan apakah Anda seorang high-risk taker, medium-risk taker atau low-risk taker.

Jika Anda kurang berani untuk mengambil risiko rugi, Anda bisa memilih reksadana pasar uang. Jika cukup berani tapi masih jaga-jaga untuk tidak terlalu rugi, bisa coba fixed income (reksadana pendapatan tetap) atau balanced (reksadana campuran). Terakhir, jika Anda cukup berani ambil risiko, silahkan investasikan di reksadana saham (equity). Semua pilihan ada pada Anda.

Perlu diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui Reksa Dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui Reksa Dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua