BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

HUT Kemerdekaan RI ke-78, Ini Cara Cuan Mencapai Financial Freedom di Usia 40-an

Abdul Malik14 Agustus 2023
Tags:
HUT Kemerdekaan RI ke-78, Ini Cara Cuan Mencapai Financial Freedom di Usia 40-an
Ilustrasi investor generasi Z atau milenial yang disiplin berinvestasi untuk mencapai financial freedom guna memperingati HUT Kemerdekaan RI. (Shutterstock)

Financial freedom adalah kondisi di mana Kamu punya tabungan, investasi dan uang tunai yang cukup untuk membiayai hidupmu dan keluarga

Bareksa.com - Merdeka! Demikian yel-yel yang sering diucapkan saat memperingati HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus, karena berhasil terbebas dari penjajahan pada 1945 silam. Tahun 2023 ini merupakan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Meskipun Indonesia sudah lebih dari 7 dasawarsa merdeka dari penjajah, namun sudahkah Kamu merdeka secara finansial (financial freedom)?

Dilansir sikapiuangmu.ojk.go.id, merdeka secara finansial (financially freedom) atau juga sering disebut sebagai kebebasan finansial bukan berarti Kamu memiliki banyak uang. Kemerdekaan finansial diperoleh jika Kamu bisa hidup pantas, secukupnya, dan bebas utang. Artinya, merdeka finansial tak hanya Kamu memiliki harta dan banyak aset, melainkan juga bisa mencapai sesuatu yang diinginkan.

Menurut investopedia.com, financial freedom adalah kondisi di mana Kamu punya tabungan, investasi dan uang tunai yang cukup untuk membiayai hidupmu dan keluarga. Kondisi ini menandakan Kamu bisa pensiun dari pekerjaan, atau meraih karir atau hobi sesuai yang diinginkan, tanpa harus dibebani kebutuhan mencari uang.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Reksadana di Sini

Baca juga : OJK : 6 Tanda Merdeka Secara Keuangan, Begini Cara Meraih Financial Freedom

Cara Cuan Mencapai Financial Freedom

Mungkinkah Kamu mencapai financial freedom di usia 40-an, di mana saat ini usiamu 20-an? Jawabannya tergantung tekad dan usahamu untuk mencapainya. Sebab memang tidak mudah untuk mencapai kebebasan finansial, apalagi di usia 40-an meskipun saat ini usiamu masih 20-an.

Salah satu cara cuan mencapai financial freedom ialah dengan berinvestasi. Instrumen investasi yang bisa Kamu pilih bisa beragam, di antaranya reksadana, Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, emas hingga berinvestasi saham langsung.

Misalkan Kamu sudah berinvestasi sejak lulus kuliah (fresh graduate), kemudian mulai bekerja di usia 23 tahun. Sedangkan Kamu menargetkan bisa pensiun di usia 49 tahun. Maka Kamu punya waktu sekitar 26 tahun untuk berinvestasi guna mencapai financial freedom.

Untuk simulasi, Kamu bisa gunakan fitur perencanaan hari tua di Bareksa.

Illustration

Sumber : Bareksa

Siap-siap Beli SR019 di Sini

Lihat juga : 7 Tahapan Kebebasan Finansial dan 5 Cara Meraihnya

Dalam fitur tersebut, Kamu isi kolom usia saat ini 23 tahun, uang tabungan saat ini Rp0, tabungan yang disisihkan per bulan Rp2,3 juta per bulan dan pengeluaran bulanan Rp4 juta per bulan. Pengeluaran ini dengan asumsi Kamu masih single dan hidup di Jakarta atau kota besar lain, butuh biaya untuk makan, transportasi, komunikasi, biaya kontrakan atau kos dan lain-lain.

Kolom usia pensiun Kamu isi 49 tahun sesuai target financial freedom yang ingin Kamu capai. Prediksi imbal hasil investasi sebelum pensiun Kamu isi 9%. Hal ini berdasarkan kinerja top 10 reksadana di Bareksa mencatatkan imbalan 9,43% hingga 13,05% setahun terakhir (per 11/8/2023).

Top 10 Reksadana Imbalan Tertinggi 1 Tahun

Illustration

Sumber : Bareksa, kinerja per 11/8/2023

Kemudian kolom proyeksi imbal hasil investasi setelah pensiun Kamu isi 5%. Ini dengan asumsi investor umumnya saat usia semakin tua, maka akan mencari instrumen investasi yang lebih rendah risiko, salah satunya SBN Ritel. ORI023 yang ditawarkan Kementerian Keuangan pada 30 Juni 2023 lalu, memberikan imbal hasil bersih setelah dipotong pajak 5,31% hingga 5,49%.

Kolom ekspektasi inflasi Kamu isi 4%, atau sesuai dengan target Bank Indonesia 3±1%. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan rata-rata angka harapan hidup masyarakat Indonesia pada 2022 di angka 73,83 tahun. Karena itu Kamu bisa isi kolom usia harapan hidup 70 tahun.

Beli Emas di Sini

Simak juga : Cara Agar Bisa Pensiun di Usia 30-an Buat Investor Konservatif, Moderat dan Agresif

Dari hasil simulasi, dengan investasi rutin Rp2,3 juta per bulan, maka berpotensi cukup untuk jadi modal mencapai financial freedom di usia 49 tahun. Di usia itu, dana yang berhasil Kamu kumpulkan senilai Rp2,52 miliar. Akibat inflasi, biaya kebutuhan hidup bulanan membengkak jadi Rp133 juta per tahun atau Rp11,08 juta per bulan.

Kemudian hingga usia 70 tahun, Kamu masih punya tabungan Rp294,6 juta yang diperkirakan cukup membiayai kebutuhan hidup yang membengkak jadi sekitar Rp300 juta setahun, atau sekitar Rp25 juta per bulan akibat inflasi.

Illustration

Sumber : Bareksa

Simulasi ini mengandaikan Kamu menyiapkan dana pensiun untuk diri sendiri. Adapun jika ingin memperkirakan kebutuhan jumlah dana pensiun satu keluarga atau rumah tangga, maka nilai investasinya bisa dikalikan jumlah keluarga dalam rumah tangga tersebut.

Besaran pengeluaran setiap rumah tangga juga berbeda-beda tergantung kebutuhan dan kondisi masing-masing. Misalnya keluarga beranggotakan 4 orang, yakni bapak, ibu dan 2 anak, maka perkiraan nilai investasi per bulan bisa diperbesar sesuai jumlah anggota keluarga.

Siap untuk meraih financial freedom di usia 49 tahun saat memperingati HUT Kemerdekaan RI? Yuk segera investasi di reksadana, SBN Ritel dan emas di super app investasi Bareksa.

Beli Reksadana di Sini

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Kamu juga dapat memantau investasimu dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.

​Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, bekerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua