BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Punya Rencana Dana Masa Depan, Mau Pilih Deposito, Reksa Dana atau Unit Link?

Bareksa24 Mei 2016
Tags:
Punya Rencana Dana Masa Depan, Mau Pilih Deposito, Reksa Dana atau Unit Link?
Menabung (ilustrasi) (Bareksa/Alfin Tofler)

Baik Deposito, Reksa Dana, atau Unit Link bisa menjadi tempat untuk menyimpan uang yang disesuaikan dengan tujuan kita.

Bareksa.com – Dalam mewujudkan tujuan perencanaan keuangan di masa depan, tentunya kita harus mempersiapkannya dengan cara menyisihkan uang sejak sekarang dan kemudian menyimpannya. Kebanyakan orang masih memilih menempatkan uangnya dalam tabungan di bank, padahal itu bukanlah satu-satunya cara dan belum tentu juga yang terbaik.

Saat ini telah banyak produk investasi pasar modal seperti reksa dana yang bisa menjadi alternatif tempat untuk kita menyimpan uang. Bahkan, kini ada unit link yang merupakan produk asuransi sekaligus menawarkan imbal hasil seperti investasi.

Lantas, apa yang membedakan menyimpan uang dalam deposito, reksa dana, dan unit link ini? Berikut adalah ulasannya.

Promo Terbaru di Bareksa

Deposito

Kini, sebagian besar masyarakat sudah cukup mengenal deposito perbankan sebagai tempat untuk menyimpan uang. Deposito sendiri merupakan produk perbankan yang berupa simpanan berjangka dengan tingkat bunga tertentu.

Menyimpan uang dalam bentuk deposito memiliki risiko yang rendah dan tingkat keaman yang cukup tinggi. Pasalnya, dalam hal ini terdapat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjamin uang kita hingga jumlah maksimum Rp2 miliar.

Dengan risiko yang rendah, tingkat keuntungan (bunga) yang dihasilkan deposito pun rendah bahkan tidak lebih tinggi dari tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya, hal ini sesuai dengan prinsip low risk low return. Kita dapat menggunakan deposito ini, untuk tujuan keuangan dalam jangka pendek (1-2 tahun).

(Baca juga: Bunga Deposito Menyusut, Investor Beralih Ke Reksa Dana Pasar Uang)

Reksa Dana

Reksa dana, salah satu instrumen investasi pasar modal, juga telah mulai berkembang di masyarakat sebagai pilihan alternatif investasi. Reksa dana ini sendiri merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat yang kemudian dana tersebut ditempatkan oleh manajer investasi ke dalam berbagai produk keuangan seperti saham, obligasi, dan deposito.

Reksa dana terdiri dari beberapa jenis yakni reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang. Setiap jenis reksa dana ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menghasilkan risiko dan keuntungan. (baca juga: Tentukan Reksa Dana yang Cocok dengan Return dan Risiko Tiap Jenisnya)

Dalam menyimpan uang pada reksa dana ini, kita dapat menentukan jenis reksa dana berdasarkan tujuan keuangan kita. Misalnya saja untuk tujuan keuangan dalam jangka pendek, kita dapat memilih reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap yang berpotensi menghasilkan return (keuntungan) di atas bunga deposito tetapi memiliki risiko pasar yang rendah.

Untuk tujuan jangka panjang, kita dapat memilih reksa dana jenis campuran dan saham yang secara jangka panjang memiliki potensi menghasilkan return yang besar dan mampu melawan tingkat inflasi. (Baca juga: Untuk Kalahkan Inflasi, Lebih Ampuh Menabung di Bank atau Reksa Dana?)

Unit Link

Saat ini, unit link sebagai salah satu produk asuransi yang memberikan manfaat lain yaitu investasi. Unit link ini memudahkan kita untuk mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu produk. Jadi, premi yang kita bayarkan sebagian untuk asuransi dan investasi sehingga pada akhir periode, kita dapat mencaikan dana investasi dari unit link.

Pada unit link terdapat 2 portofolio yaitu portofolio asuransi dan investasi. Portofolio dalam unit link ini seperti reksa dana yang memiliki beberapa jenis sesuai dengan aset subdana yang dimilikinya. Selain itu, nilai unit link pun layaknya naik turun tergantung dari pergerakan aset subdananya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pergerakan unit link ini, klik tautan berikut.

Dalam menentukan pilihan untuk menyimpan uang pada deposito, reksa dana, atau unit llink ini, kita menyesuaikan dana dengan tujuan dan kebutuhan serta profil risiko dari masing-masing. Misalnya saja apabila kita memiliki tujuan menyimpan uang dalam jangka pendek dan tidak bersedia menerima risiko pasar yang tinggi, kita dapat memilih deposito atau reksa dana pasar uang yang memiliki risiko yang relatif rendah.

Lalu, apablia anda saat ini belum memiliki asurasi jiwa (proteksi jiwa), kita dapat memilih unit link. Sebab selain jiwa kita diasuransikan, premi yang kita bayarkan secara rutin pun sebagian diinvestasikan. Sehingga dalam hal ini, kita dapat melakukan kegiatan berasuransi sekaligus berinvestasi secara bersamaan.

Dan apabila kita sudah memiliki asuransi (proteksi jiwa), kita dapat memilih reksa dana untuk berinvestasi. Sebab kegiatan investasi yang dilakukan dengan menggunakan produk investasi murni ini, hasil keuntungan (return) yang didapat bisa lebih maksimal.

***

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua