Jangan Kena Zonk! Ini 8 Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu

Kamu tidak perlu repot-repot memastikan emas asli karena bisa membelinya secara online melalui aplikasi emas digital seperti Bareksa Emas
Abdul Malik • 25 Nov 2022
cover

Ilustrasi investor sedang memegang emas batangan atau logam mulia hasil investasinya. (Shutterstock)

Bareksa.com - Emas dipilih oleh sejumlah investor karena dipercaya memiliki segudang kelebihan. Kelebihan emas sebagai instrumen investasi yakni nilainya terjaga dari inflasi, harganya cenderung stabil ketika ekonomi sedang buruk dan bisa naik setiap tahun, serta mudah dicairkan ke uang tunai alias gampang dijual.

Agar bisa memperoleh keuntungan emas tersebut, tentu Kamu mesti memilih emas asli, bukan emas palsu untuk investasi. Jadi, alangkah baiknya jika Kamu menghindari emas palsu. Jangan sampai uang melayang begitu saja untuk membeli emas yang tidak asli. Lalu, bagaimana cara mengetahui ciri-ciri emas palsu dan emas asli?

Melansir laman Treasury, Jumat (25/11/2022), berikut tips bedakan emas asli dan emas palsu :

Pertama, melihat kondisi fisiknya. Emas asli biasanya memiliki cap yang menandakan kadar emas, berat, dan perusahaan yang mencetak logam mulia.

Kedua, menggigit emas. Pernah melihat atlet yang sering menggigit medali ketika menang olimpiade? Ya, cara ini dilakukan oleh para atlet pada zaman dahulu untuk membuktikan keaslian emas di medalinya. 

Cara itu juga bisa dilakukan untuk membuktikan keaslian emas. Kalau ada bekasnya, logam mulia itu asli dan punya kadar yang tinggi. Jika tidak ada bekasnya, bisa berarti emas itu palsu. Sekadar informasi, emas ini merupakan logam yang tahan karat, namun lunak dan mudah dibentuk.

Ketiga, menggosok emas dengan tangan. Kamu juga bisa menggosok logam ini agar mengetahui apakah asli atau palsu. Nah, kalau warnanya memudar, artinya emas yang kamu beli ini palsu. Warna emas asli tidak akan pudar kalau digosok.

Keempat, pakai magnet. Meskipun terbuat dari logam, emas asli ini bersifat non magnetis. Artinya, dia tidak akan tertarik ketika ditarik oleh magnet. Kalau bisa ditarik, wah, keasliannya bisa dipertanyakan.

Kelima, meneteskan zat asam. Kamu bisa mengetahui keaslian emas melalui zat asam nitrat. Kamu perlu berhati-hati untuk meneteskan zat ini karena cairan asam nitrat berbahaya bagi tubuh, terutama pernafasan. 

Biasanya emas tidak akan berubah warna ketika mendapat tetesan asam nitrat. Tapi, kalau warnanya berubah menjadi hijau, artinya logam yang dimaksud adalah besi yang dilapisi emas. Kalau berubah warna jadi putih susu, artinya itu perak berlapis emas. Kalau warnanya kuning, logam ini bukanlah emas, tetapi kuningan yang berlapis emas.

Keenam, menggoreskan ke keramik atau kertas. Kamu bisa menggoreskan emas ke keramik atau kertas untuk mengetahui keaslian emas.  Jika tidak ada bekas goresan, itu berarti logam mulia ini asli. Kalau ada goresan yang tertinggal, bisa dipastikan itu palsu. Tapi, hati-hati, ya, ketika menggores emas karena cara ini bisa merusak logam mulia.

Ketujuh, menguji dengan suara. Kamu dapat memastikan keaslian emas dengan menjatuhkan atau mengetukkan emas ke logam. Emas yang asli akan mengeluarkan suara yang panjang dan tinggi ketika beradu dengan logam lainnya.

Kedelapan, meminta tolong ke toko emas. Jangan ragu meminta tolong toko emas untuk mengetahui keaslian emas. Mereka sudah paham cara mengecek keasliannya, kok.

Beli Emas Asli Nggak Pakai Ribet

Kamu tidak perlu repot-repot memastikan emas asli ketika ingin membeli logam mulia. Kamu bisa membelinya secara online melalui aplikasi emas digital seperti Treasury yang juga tersedia di Bareksa Emas. Emas Treasury menawarkan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp50 ribu, Kamu sudah bisa mengantongi emas. Keaslian emas yang dijual pun nggak kaleng-kaleng. Untuk pengadaan emas, Treasury menggandeng PT Untung Bersama Sejahtera (UBS).

Promo Investasi Emas

Saat ini Bareksa dan Treasury sedang menggelar promo investasi emas bertajuk Promo 11.11 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. Tersedia hadiah 200 voucher reksadana senilai Rp50.000 untuk investor baru dan 200 voucher reksadana untuk investor pembeli tercepat. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini : 

Kode Promo : 1STREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor transaksi pertama

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

Kode Promo : FASTREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor tercepat

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp750.000

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini

Syarat dan Ketentuan Promo FundFest 11.11 Emas Treasury Bareksa

1. Periode promo  1 - 30 November 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo FASTREASURE atau 1STREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Nasabah dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 21 Desember 2022 melalui media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang, jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Tertarik meraih dobel cuan dari investasi emas logam mulia sekaligus hadiah promonya? Segera cuss investasi logam mulia di Bareksa Emas.  

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.