BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Co-Founder & COO Treasury, Andreas Santoso : Ini Arti, Jenis dan Potensi Cuan Investasi Emas Digital

Abdul Malik19 Oktober 2023
Tags:
Co-Founder & COO Treasury, Andreas Santoso : Ini Arti, Jenis dan Potensi Cuan Investasi Emas Digital
Andreas Santoso, Co-founder & COO Treasury (PT Indonesia Logam Pratama) (Dok. pribadi diolah Bareksa Timothy K Hendrawan/Martina Priyanti)

Emas fisik digital hanya pencatatannya saja yang digital, namun asetnya masih berupa emas fisik sebagaimana diatur dan diaudit BAPPEBTI

Bareksa.com - Emas telah lama jadi favorit investor karena dianggap sebagai instrumen investasi paling aman (safe haven). Sebab saat ekonomi memburuk, baik akibat krisis keuangan atau risiko geopolitik seperti Konflik Timur Tengah saat ini, harga emas justru cenderung naik.

Harga Emas Hari Ini, Kamis (19/10/2023)

Emas
Harga Beli Emas Hari Ini
Emas Comex
US$1.947,41 per troy ounce
Emas Treasury​
Rp 1.022.040 per gram
Emas Pegadaian​
Rp1.006.000 per gram
Emas Indogold
Rp1.004.000 per gram
Emas Antam
Rp1.100.000 per gram

Sumber: Investing (10.38 WIB), Antam (08.30 WIB), dan Bareksa Emas (10.00 WIB)

Promo Terbaru di Bareksa

Bagi pemilik emas yang ditujukan sebagai investasi, terjadinya krisis justru menjadi kesempatan untuk meraup cuan atau keuntungan untuk menjualnya. Cuan itu berasal dari selisih antara harga jual hari ini dengan harga saat beli emas (spread).

Di sisi lain ketika kondisi ekonomi tumbuh positif, harga emas justru cenderung datar bahkan sangat mungkin turun. Kondisi tersebut biasanya jadi kesempatan untuk membeli emas di harga rendah dan jika demikian maka, modal yang dikeluarkan untuk membeli emas tak perlu banyak-banyak.

Dinamika naik turunnya harga emas, sejatinya berlangung terus menerus yang mengarah kepada tren kenaikan terutama untuk jangka panjang. Salah satu faktor utamanya karena terbatasnya jumlah emas yang berbanding dengan besaran pertumbuhan permintaan.

Apalagi, saat ini investasi emas sangatlah mudah seiring teknologi digital. Di Indonesia juga ada dua jenis investasi emas digitak, yakni emas digital fisik dan emas digital spot berjangka. Fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa, merupakan salah satu layanan investasi emas fisik digital.

Seperti apa maksud investasi emas digital, jenis dan potensinya, berikut kutipan wawancara Bareksa dengan Andreas Santoso, Co-founder & COO Treasury (PT Indonesia Logam Pratama), Rabu (18/10/2023). Treasury merupakan salah satu mitra Bareksa dalam penyediaan layanan fitur Bareksa Emas, yang telah mendapatkan izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia atau BAPPEBTI (001/BAPPEBTI/P-ED/12/2021).

Investasi emas cocok untuk investor seperti apa?

Emas memiliki karakteristik nilai yang stabil, namun cenderung naik setiap tahunnya serta memiliki nilai lindung yang baik terhadap inflasi. Investasi emas cocok untuk para investor yang memiliki profil risiko konservatif dan moderat. Kebanyakan investor pemula lebih cenderung juga lebih konservatif dan cocok berinvestasi emas.

Terkait perkembangan industri keuangan digital termasuk emas, bagaimana perbedaan emas digital fisik dengan emas digital spot?

Emas fisik digital itu berarti hanya pencatatannya saja yang digital. Untuk asetnya sendiri masih berupa fisik sebagaimana diatur dan diaudit oleh regulator komoditas berjangka (BAPPEBTI) secara berkala, sehingga jumlah aset fisik yang dimiliki oleh pedagang atau penjual emas fisik digital harus sesuai dengan jumlah aset nasabahnya yang dicatatkan secara digital di sistem.

Sementara itu untuk emas digital spot berjangka, adalah instrumen keuangan yang memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam pergerakan harga emas di masa depan. Ini adalah bentuk investasi yang berkaitan dengan harga emas di pasar berjangka, yang berbeda dari investasi emas fisik atau investasi emas dalam bentuk perhiasan.

Ini melibatkan perjanjian kontrak untuk membeli atau menjual emas pada tanggal tertentu di masa depan dengan harga yang telah disepakati sekarang. Emas digital spot berjangka seringkali diperdagangkan di bursa berjangka yang diatur dan diawasi oleh otoritas keuangan, seperti CFTC (Commodity Futures Trading Commission) di Amerika Serikat.

Dengan demikian berarti ada standar dan peraturan yang harus diikuti oleh para pelaku pasar dan broker yang terlibat dalam perdagangan berjangka. Pengawasan ini dimaksudkan untuk melindungi investor dan menjaga integritas pasar.

Bagaimana pandangan Treasury mengenai potensi investasi emas di Indonesia?

Potensi investasi emas di Indonesia masih sangat besar melihat demand/permintaan emas yang selalu lebih besar dari supply emas setiap tahunnya. Selain itu dari survei yang pernah kita lakukan, dari 13 aset investasi yang ada, 60% responden memilih investasi emas sebagai asset investasi pertama/utamanya.

Bagaimana potensi dampak krisis geopolitik di Timur Tengah (Israel vs Hamas) terhadap emas?

Meskipun mungkin tidak terjadi konflik fisik atau perang, suasana ketegangan dan ketidakpastian antara negara-negara atau wilayah, dapat memengaruhi harga emas. Saat konflik atau negosiasi internasional mengalami ketidakpastian, maka investor mungkin lebih cenderung beralih ke emas sebagai bentuk perlindungan. Hal ini menyebabkan harga emas akan cenderung naik.

Beli Emas di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun.

Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Cetak Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Ayo investasi emas dan lakukan cetak fisik di Bareksa!

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua