BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Antam Turun Rp6.000, Simak Beda Beli Online vs. di Toko Perhiasan untuk Investasi

Hanum Kusuma Dewi27 September 2023
Tags:
Harga Emas Antam Turun Rp6.000, Simak Beda Beli Online vs. di Toko Perhiasan untuk Investasi
Ilustrasi emas batangan emas Antam dan emas perhiasan untuk investasi yang dibeli di Toko Perhiasan Emas dan emas online di Bareksa Emas. (Shutterstock)

Beli emas online memberikan kemudahan bagi investor untuk segera melakukan transaksi saat harga turun

Bareksa.com - Harga emas global hari ini mengalami penurunan, seiring dengan penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat. Harga emas lokal yang tercermin dari Emas Antam dan Bareksa Emas juga mengalami penurunan. Investor perlu mengetahui perbedaan antara beli emas online dan beli emas di toko perhiasan untuk investasi logam mulia.

Harga emas berjangka di pasar global kembali melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB 27/09/2023), tertekan oleh penguatan dolar dan imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS menyusul peringatan Federal Reserve bahwa suku bunga AS akan tetap lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sebagai informasi, bagi investor global, yield obligasi AS yang naik membuat investasi seperti emas menjadi kurang menarik karena tidak menawarkan imbal hasil. Minat investor pada dolar AS juga membuat permintaan emas turun dan harganya menjadi tertekan.

Promo Terbaru di Bareksa

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange, jatuh US$16,80 atau 0,87%, menjadi ditutup pada US$1.919,80 per troy ounce. Sebelumnya, kontrak emas ini diperdagangkan menyentuh tertinggi sesi di US$1.935,50 dan terendah di US$1.917,20 per troy ounce.

Harga Emas Hari Ini, Rabu (27/9/2023)

Emas
Harga Beli Emas Hari Ini
Emas Comex
US$1.919,80 per troy ounce
Emas Treasury​
Rp976.063 per gram
Emas Pegadaian​
Rp977.000 per gram
Emas Indogold
Rp963.500 per gram
Emas Antam
Rp1.072.000 per gram

Sumber: Investing, Antam, dan Bareksa Emas

Sementara itu, harga emas lokal yang tercermin dari Harga emas Antam pada Rabu ini turun Rp6.000 per gram ke Rp1.066.000. Sebelumnya, harga beli emas Antam Rp1.072.000 per gram.

Harga emas mitra pengelola di fitur Bareksa Emas juga mengalami penurunan. Harga Emas Pegadaian turun 0,3% ke Rp977.000, sedangkan harga Emas Treasury turun 0,42% ke Rp976.063 dan harga Emas Indogold turun 0,31% ke Rp963.500.

Beli Emas Logam Mulia, Klik di Sini

Beda Beli Emas Online vs di Toko Perhiasan

Sejak zaman dulu, emas sudah dijadikan aset investasi sekaligus penyimpan harga. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, beli emas logam mulia tidak harus datang ke toko perhiasan emas lagi, karena sudah tersedia emas online seperti di Fitur Bareksa Emas dalam super app Bareksa.

Kalau harga emas sedang turun seperti sekarang, beli emas online memberikan kemudahan bagi investor untuk segera melakukan transaksi. Tidak harus pergi ke toko perhiasan atau toko emas yang buka hanya mengikuti jam operasional. Jadi, kamu bisa mendapatkan harga terbaik segera di saat itu juga.

Selain itu, ada juga beberapa perbedaan lain antara beli emas online dan beli emas di toko emas atau perhiasan. Berikut ulasannya yang Bareksa kompilasi dari berbagai sumber.

1. Ketersediaan waktu dan tempat

Beli emas di toko hanya bisa dilakukan sesuai dengan jam operasional toko, misalnya dari pagi hingga sore saja. Selain itu, pembeli harus pergi ke toko emas dan mengeluarkan biaya-biaya seperti ongkos transportasi dan parkir.

Sementara itu, beli emas online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik saat kamu hanya berdiam di dalam rumah maupun saat sedang bekerja bahkan sambil traveling. Proses membeli emas menjadi mudah karena kamu bisa melakukannya lewat aplikasi.

2. Penjualan emas lebih mudah

Logam mulia sering menjadi aset investasi karena sifatnya yang likuid alias mudah dijual atau ditukar dengan uang tunai. Kalau yang membeli emas di toko, biasanya harus menyimpan bon/sertifikat saat pembelian dan menunjukkannya saat penjualan. Lalu, tidak semua toko menerima emas yang dibeli dari toko lain sehingga ini agak mempersulit untuk kamu yang butuh uang cepat.

Di sisi lain, baik ketika membutuhkan uang ataupun jika ingin meraih keuntungan saat harga emas sedang naik tinggi, kamu bisa dengan cepat menjual emas. Cukup buka aplikasi, kemudian cairkan atau jual emas Anda. Seperti halnya transaksi pembelian secara online, kamu juga bisa menjual emas kapan dan di mana saja.

3. Nominal pembelian

Kalau membeli emas batangan di toko perhiasan, kamu harus memiliki modal sesuai dengan ukuran emas tersedia. Misalnya, ukuran emas sebesar minimal 1 gram. Dengan harga emas saat ini, tentu kamu butuh uang yang cukup untuk membeli emas ukuran tersebut.

Kini, dengan adanya emas online, kamu tidak perlu harus menunggu memiliki uang atau modal banyak untuk bisa investasi emas. Investasi emas secara online melalui fitur Bareksa Emas di Bareksa bisa dimulai hanya dengan Rp50.000 atau mulai ukuran 0,1 gram. Ini memungkinkan kamu investasi bertahap atau mencicil pembelian emas.

Beli Emas Logam Mulia, Klik di Sini

4. Tempat penyimpanan

Mau investasi emas tapi hanya disimpan dalam lemari? Itulah yang terjadi kalau membelinya di toko perhiasan. Sebab, kamu harus menyimpan sendiri emas milikmu, dengan risiko pencurian, hilang hingga bencana.

Namun, untuk emas online kamu tidak butuh tempat penyimpanan khusus, seperti di brankas atau lemari rumah. Investasi emas via aplikasi Bareksa menyediakan fasilitas titipan yang tersimpan aman. Kepemilikan emas bisa dicek melalui Indonesia Clearing House (ICH).

5. Monitor harga emas

Kalau membeli emas di toko perhiasan, kamu hanya mengetahuinya ketika sudah sampai di toko dan menanyakan ke penjualnya. Pun kamu sudah tahu harganya, belum tentu cocok dengan nilai yang ingin kamu beli, misalnya harganya sedang naik tinggi.

Ini berbeda dengan beli emas online seperti Bareksas Emas yang menyediakan informasi tentang harga beli maupun jual (buyback) setiap saat. Fitur grafik harga emas ini sangat berguna untuk investor yang mau jual atau beli emas di harga terbaik.

6. Keaslian dan Legalitas

Kalau kamu baru pertama kali membeli emas di toko perhiasan, kamu harus teliti memeriksa apakah emas tersebut asli atau hanya sepuhan. Belum lagi, kadar emas di toko perhiasan biasanya rendah karena untuk mempermudah pembentukannya.

Nah, kalau beli emas di Bareksa Emas, sudah pasti legalitas dan izinnya. Sebab, mitra emas di Bareksa emas termasuk Treasury, Pegadaian dan Indogold sudah terdaftar sekaligus diawasi OJK dan Bappebti. Emas yang dijual pun merupakan emas logam mulia dengan kadar 99,99% produksi Antam maupun UBS yang sudah ada standarnya.

7. Integrasi investasi

Sebagai investor, tentu kamu tidak hanya memiliki aset emas saja, tetapi harus melakukan peragaman (diversifikasi) untuk memperoleh imbal hasil (return) maksimal dan risiko yang terukur. Kalau beli emas di toko, kamu tidak bisa memantau nilainya dengan investasi lain seperti reksadana atau obligasi.

Sementara itu, kalau membeli emas online di Bareksa Emas, kamu bisa memantau nilainya dalam portofolio bersama dengan aset lain seperti reksadana dan Surat Berharga Negara. Ini memungkinkan pengelolaan portofolio yang lebih baik dan kemudahan dalam mengambil keputusan, misal saat harga sedang turun atau ketika target investasi sudah tercapai.

Beli Emas Logam Mulia, Klik di Sini

Tabel Ringkasan Perbandingan Beli Emas Online vs di Toko Perhiasan

Keterangan Beli Emas
Langsung di Toko Perhiasan
Online di Bareksa Emas
Waktu
Jam operasi toko
24/7
Tempat
Harus ke toko, ada ongkos, parkir
aplikasi HP
Nominal beli
Sesuai jumlah item tersedia, misal 1 gram
Mulai Rp50.000
Tempat penyimpanan
Brankas, safe deposit box, di lemari
Fasilitas penitipan
Monitor harga emas
Tergantung toko
Pantau grafik kapan saja
Keaslian dan legalitas
Harus teliti, beda toko beda sertifikat
Legalitas by Bappebti dan OJK
Jual Emas
Kembali lagi ke toko
Transaksi di aplikasi
Integrasi investasi
Terpisah
Terintegrasi dalam portofolio

Sumber: Bareksa.com

Jadi, sudah paham kan perbedaaan beli emas online dan beli emas di toko perhiasan langsung. Sekali lagi, pilihan ada di tangan kamu untuk memutuskan yang terbaik.

Promo Gajian Emas

Selain itu, khusus Smart Investor yang membeli Emas di Bareksa Emas, ada potensi cuan berupa voucher senilai Rp50.000 untuk investor tercepat dan Rp150.000 untuk investor terbesar.

Baca juga Promo Gajian Emas, Investasi Logam Mulia Berhadiah Voucher Rp150 Ribu

Ayo semangat investasi emas online di super app Bareksa. Raih hadiah dan potensi keuntungan emas di masa depan.

Beli Emas Logam Mulia, Klik di Sini

(hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.331,66

Up1,07%
Up4,31%
Up0,04%
Up5,21%
Up18,40%
-

Capital Fixed Income Fund

1.782,41

Up0,63%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,87%
Up16,25%
Up43,60%

STAR Stable Income Fund

1.933,11

Up0,58%
Up3,01%
Up0,03%
Up6,02%
Up28,65%
Up60,28%

I-Hajj Syariah Fund

4.841,92

Up0,63%
Up3,13%
Up0,03%
Up6,14%
Up21,94%
Up40,57%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.143,25

Up0,43%
Up2,80%
Up0,03%
Up4,97%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua