BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Apakah Investasi Emas Digital di Bareksa Aman? Tenang, Tersimpan di Lembaga Kliring ICH

Hanum Kusuma Dewi22 Mei 2023
Tags:
Apakah Investasi Emas Digital di Bareksa Aman? Tenang, Tersimpan di Lembaga Kliring ICH
Ilustrasi emas batangan emas Antam untuk investasi, 30 November 2022. Investasi emas digital aman karena tersimpan di lembaga kliring Indonesia Clearing House (ICH). (Rezmita Anggriani/Shutterstock)

Investor bisa memantau saldo emas digital Treasury melalui situs ICH

Bareksa.com - Emas adalah logam mulia yang sering menjadi aset investasi untuk menyimpan harta kekayaan investor. Satu hal terpenting dalam berinvestasi adalah aspek keamanan. Nah, bila investor membeli emas digital secara online di Bareksa Emas, bagaimana aspek keamanan saldo emas ini?

Tak perlu khawatir investasi emas digitalmu di Bareksa bakal raib. Sebab, jika kamu investasi emas digital Treasury di Bareksa, maka saldo investasi tersebut juga tercatat di Lembaga Kliring Indonesia Clearing House (ICH). Artinya selain via super app Bareksa, kamu juga bisa memantau investasi emasmu via www.ich.co.id.

ICH adalah sebuah badan usaha yang membantu dan menjamin penyelesaian transaksi perdagangan berjangka di bursa berjangka sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. Sedangkan lembaga kliring merupakan badan usaha yang membantu dan menjamin penyelesaian transaksi perdagangan berjangka.

Promo Terbaru di Bareksa

ICH berpartner dan telah berintegrasi dengan Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity & Derivatives Exchange/ICDX). ICDX adalah bursa komoditi dan derivatif, di mana transaksi perdagangan komoditi secara fisik maupun dalam bentuk turunannya (derivatif) terjadi.

Analoginya mirip dengan investasi di pasar modal seperti saham, reksadana dan obligasi, yang ada lembaga Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Nah, di pasar komoditas Indonesia, ICDX ini bursa komoditas seperti halnya IDX sebagai bursa saham dan ICH ini lembaga kliring komoditas seperti KSEI sebagai lembaga kliring efek.

Pengelola tempat penyimpanan dan lembaga kliring berjangka wajib melakukan pertukaran informasi terkait saldo atau catatan kepemilikan emas secara real time. Penjelasan sederhananya, jika kamu membeli emas digital Treasury via Bareksa, maka juga akan tercatat di ICH secara real time.

Kalau Smart Investor ingin mengecek saldo atau kepemilikan investasi emas digital Treasury di Bareksa, silakan menghubungi tim Customer Experience Bareksa untuk mendapatkan informasi client ID / user ID di ICH. Investor bisa menghubungi CS Bareksa melalui email [email protected], atau fitur live chat untuk mendapatkan respon yang cepat.

Lalu, investor yang sudah mendapatkan user ID bisa mengecek kepemilikan emas melalui balance check di situs ICH.

Illustration

Beli Emas Logam Mulia, Klik di Sini

Izin dan Regulasi

Terkait dengan dasar hukumnya, ICDX telah mendapatkan persetujuan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai penyelenggara pasar fisik emas digital sesuai Surat Persetujuan No 01/Bappebti/SP-KBPF/09/2021. Persetujuan yang sama juga diberikan kepada ICH, sebagai lembaga kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi di pasar fisik emas digital.

Menurut Peraturan Bappebti No 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaran Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka, Lembaga Kliring Berjangka adalah badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk pelaksanaan kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi perdagangan berjangka dan pasar fisik.

Adapun pasar fisik emas digital adalah pasar fisik emas teroganisir yang dilaksanakan menggunakan sarana elektronik, yang difasilitasi oleh bursa berjangka atau sarana elektronik yang dimiliki oleh pedagang fisik emas digital untuk jual atau beli emas yang catatan kepemilikan emasnya dilakukan secara digital (elektronis). Emas digital ialah emas yang catatan kepemilikan emasnya dilakukan secara digital (elektronis).

Peraturan Bappebti itu menyebutkan Lembaga Kliring Berjangka bertugas mencatat jumlah kepemilikan emas peserta emas digital sesuai dengan bukti simpan emas yang diserahkan oleh pengelola tempat penyimpanan atau yang telah dibeli oleh peserta emas digital. Catatan jumlah kepemilikan emas merupakan saldo atau catatan kepemilikan emas milik peserta emas digital.

Baca juga Investasi Emas Digital di Bareksa Aman dan Bisa Dicek via ICH, Ini Caranya

Mitra Pengelola Berizin

Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Klik untuk Beli Emas Logam Mulia

Emas Online Ada Wujud Fisiknya

​Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury atau Pegadaian di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya.

Dengan fitur Cetak Fisik, emas Treasury bisa langsung diantar ke alamat rumah investor. Untuk pemilik emas Pegadaian, bisa mengambil wujud emas batangan langsung di outlet Pegadaian terdekat.

​Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Baca juga Fitur Baru Cetak Fisik Emas Treasury di Bareksa, Ini Caranya

Promo Investasi Emas

Makanya, emas sebagai logam mulia memiliki sifat yang tidak bisa berkarat, sehingga cocok untuk dijadikan investasi. Buat Smart Investor yang konsisten investasi emas, ada Promo Top Investment Emas berhadiah voucher reksadana.

Tersedia hadiah voucher reksadana senilai Rp100.000 untuk 10 investor pembeli terbesar. Selain itu, ada voucher reksadana Rp50.000 untuk 50 investor tercepat. Caranya hanya beli emas di Bareksa Emas senilai minimal Rp2 juta dengan kode promo GOLDMEI23.

Baca juga Promo Top Investment Bareksa Emas Mei 2023 Berhadiah Reksadana hingga Rp100 Ribu

Ayo terus konsisten investasi emas di Bareksa yang aman dan raih kesempatan mendapat hadiahnya.

Beli Emas Online Aman dan Mudah, Klik di Sini

​(hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,36

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,74%
Up17,31%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.326,18

Up0,93%
Up4,25%
Up0,03%
Up5,89%
Up18,89%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,85

Up0,48%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,39%
Up64,87%

I-Hajj Syariah Fund

4.822,06

Up0,51%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,14%
Up21,89%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,38

Up0,49%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,93%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua