BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Terus Turun, Bunda Pilih Emas Logam Mulia atau Perhiasan?

Abdul Malik14 Juli 2022
Tags:
Harga Emas Hari Ini Terus Turun, Bunda Pilih Emas Logam Mulia atau Perhiasan?
Ilustrasi investor yang membeli emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam. (Shutterstock)

Harga emas global pada Rabu (13/7/2022), bertahan di level termurah dalam 9 bulan

Bareksa.com - Emas memiliki daya pikat sebagai instrumen investasi yang dipercaya kebal terhadap inflasi, maupun keindahannya untuk mempercantik diri yang berupa perhiasan. Saat harga emas bergejolak seperti saat ini, sebaiknya pilih emas batangan (logam mulia) atau emas perhiasan?

Apapun jenis emas yang bunda pilih, sebaiknya sesuaikan kebutuhannya. Jika kebutuhannya untuk investasi, maka emas logam mulia cocok untuk dipilih. Namun jika pilihannya adalah emas yang bisa dikenakan untuk mempercantik penampilan, maka emas perhiasan pilihannya.

Jika Bunda memilih emas logam mulia saat harga emas sedang terus turun saat ini, apakah tepat? Bagi investor yang jeli melihat peluang, saat harga emas turun, justru merupakan kesempatan baik dalam mengoleksi emas batangan. Sebab dalam jangka panjang, harga emas yang murah saat ini berpeluang kembali mencatatkan kenaikan, seiring kebutuhan masyarakat yang tak surut dalam mengoleksi logam mulia.

Promo Terbaru di Bareksa

Investasi emas disarankan sebaiknya untuk jangka panjang atau minimal 5 tahun. Hal ini bertujuan untuk bisa melihat selisih lebih jauh antara harga beli dan harga jual kembali (buyback) emas.

Perlu diketahui, harga emas global pada Rabu (13/7/2022), bertahan di level termurah dalam 9 bulan seiring rilis data inflasi Amerika Serikat (AS) Juni 2022 yang melonjak 9,1 persen atau lebih tinggi dari proyeksi 8,8 persen. Harga emas spot diperdagangkan di level US$1.728 per ounce, level terendah sejak September 2021 yang saat itu seharga US$1.721 per ounce. Harga emas berjangka AS di level US$1.726 per ounce.

Logam Mulia vs Emas Perhiasan

Sebaiknya bunda investasi emas dalam bentuk logam mulia atau perhiasan? Berikut perbedaan emas perhiasan dan emas batangan (logam mulia) :

1. Bentuk

Emas perhiasan bisa dibentuk berbagai macam, seperti kalung, cincin, anting, gelang, bahkan gigi emas. Tujuan emas perhiasan tentu untuk mempercantik penampilan sang pemilik atau pemakainya sehingga sengaja dipamerkan. Namun, bisa juga dijadikan sebagai instrumen investasi.

Di sisi lain, emas logam mulia biasanya dicetak seperti batangan, koin atau kepingan. Bentuk emas logam mulia ini tidak untuk dipakai di tubuh, tetapi lebih untuk disimpan. Makanya, logam mulia lebih banyak yang dipilih sebagai instrumen investasi.

2. Kadar Kemurnian

Kadar kemurnian emas sering kali disebut dengan karat. Kadar tertinggi 24 karat dimiliki oleh logam mulia dengan kadar emas 99,99 persen alias murni. Berbeda dengan emas batangan, emas perhiasan biasanya memiliki kadar 22 karat atau kemurniannya hanya sekitar 91 persen.

Mengapa kadarnya tidak setinggi logam mulia? Emas perhiasan perlu dibentuk dan dibutuhkan campuran logam lain seperti perak dan tembaga agar bentuknya tidak mudah berubah.

Di sisi lain, emas murni 24 karat sifatnya lunak dan mudah berubah sehingga tidak cocok untuk perhiasan. Emas logam mulia dengan kadar 99,99 persen lebih cocok dijadikan investasi karena kemurniannya yang menjadikan nilainya lebih tinggi daripada emas perhiasan.

3. Biaya/Ongkos Pembuatan

Emas perhiasan dikenakan biaya proses pembuatan yang besarannya bisa mencapai 10 persen hingga 20 persen dari nilai emas. Tapi, biasanya biaya atau ongkos pembuatan emas perhiasan, tidak akan dihitung pada nilai jual emas ketika kamu akan menjualnya.

Sementara pada emas batangan tidak ada biaya pembuatan sehingga harga beli sama dengan harga emas saat itu. Hanya saja, investor emas batangan perlu memperhatikan nilai buyback (penjualan kembali) ketika akan menjualnya yakni harga jual emas pada hari mau menjualnya.

4. Penjualan Kembali (Buyback)

Untuk penjualan kembali, emas perhiasan dapat dijual kembali di toko emas tempat kita membelinya. Maka, sebaiknya nota pembelian emas perhiasan tidak hilang dan disertakan ketika akan menjual kembali untuk memastikan harganya. Harga penjualan biasanya dikurangi dengan ongkos yang mencapai hingga 25 persen dari harga emas.

Sama seperti halnya perhiasan, emas batangan yang disertai sertifikat dapat dijual di toko emas yang terdapat di pasar maupun pusat perbelanjaan maupun penyedia penjualan emas. Harga buyback biasanya berbeda dengan harga beli pada saat itu, tetapi selisihnya tidak sebesar ongkos emas perhiasan.

Bareksa Emas

Bagi Anda yang tidak ingin repot membeli emas di toko, kamu bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online yang kini sudah tersedia di BareksaEmas, yang bisa diakses melalui aplikasi Bareksa yang tersedia untuk ponsel (handset) berbasis iOS dan Android.

Di BareksaEmas, Bareksa telah bermitra dengan pedagang emas online yang menyediakan fasilitas titipan atau gadai, yaitu Pegadaian dan Indogold. Mitra pengelola emas ini sudah mendapat izin OJK sebagai salah satu usaha pergadaian (untuk penitipan emas).

Selain itu, emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur Bareksa Emas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Sebagai tambahan informasi, BareksaEmas hadir bagi investor yang sudah terdaftar di Bareksa yang bisa membeli emas mulai dari ukuran 0,1 gram atau mulai dari Rp50.000 saja.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin OJK.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,93

Up0,21%
Up3,89%
Up0,02%
Up5,88%
Up18,64%
-

Capital Fixed Income Fund

1.765,78

Up0,56%
Up3,45%
Up0,02%
Up7,28%
Up17,13%
Up42,93%

STAR Stable Income Fund

1.916,73

Up0,53%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,30%
Up30,61%
Up60,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.754,19

Down- 0,39%
Up3,83%
Up0,01%
Up4,45%
Up18,86%
Up47,37%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,49

Down- 0,15%
Up1,85%
Up0,01%
Up2,75%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua