Cara Siapkan Mahar Pernikahan Emas Batangan 25 Gram, Cukup Nabung Rp62 Ribu per Hari

Ada 2 pilihan, yakni emas batangan ukuran 25 gram keluaran UBS dan Antam
Abdul Malik • 09 Nov 2022
cover

Ilustrasi emas batangan atau logam mulia ukuran 25 gram yang jadi mahar pernikahan. (Shutterstock)

Bareksa.com - Memberikan mahar unik buat pasangan saat menikah kini semakin menjadi tren. Setelah sebelumnya, reksadana, saham dan exchange traded fund (ETF) mulai digemari masyarakat jadi maskawin, emas logam mulia atau batangan juga bisa dipertimbangkan. 

Selama ini, masyarakat Indonesia umumnya memberikan maskawin dalam bentuk emas perhiasan atau cincin berlian. Karena itu, memberikan emas batangan sebagai mahar, tidak hanya unik, tapi juga mewah. 

Semakin mudah dan banyaknya kanal pembelian emas logam mulia, yang saat ini bisa dilakukan serba online, tentu semakin memudahkan masyarakat yang ingin memberikan mahar emas batangan kepada pasangan. 

Pilihan emas juga beragam, mulai dari sisi ukuran 5 gram, 10 gram, 25 gram hingga 100 gram dan berdasarkan merek atau produsennya baik keluaran UBS ataupun  PT Aneka Tambang Tbk (Antam). 

Baca juga : Pasangan Ini Pilih Saham dan Reksadana Jadi Mahar Pernikahan di Tengah Pandemi

Misalkan Kamu ingin memberikan mahar terbaik kepada pasangan dengan rencana pernikahan tahun depan atau 1 tahun lagi. Emas logam mulia yang kamu pilih adalah ukuran 25 gram. 

Ada 2 pilihan, yakni emas keluaran UBS ukuran 25 gram dengan harga saat ini Rp22,13 juta (per 4/11/2022) dan emas Antam 25 gram di harga Rp22,75 juta. Harga emas batangan 25 gram ini mengacu pada harga emas, biaya tarik fisik, asuransi dan biaya pengiriman emas Treasury di fitur Bareksa Emas. 

Dengan asumsi pernikahan akan dilaksanakan 1 tahun lagi, maka Kamu perlu menyiapkan dana Rp60.648 per hari untuk ditabung agar bisa membeli emas batangan UBS 25 gram. Adapun untuk membeli emas Antam batangan 25 gram, maka kamu perlu menabung Rp62.338 per hari. 

Setelah rutin menabung, maka dana yang terkumpul bisa digunakan untuk membeli emas batangan 25 gram yang bisa digunakan sebagai mahar pernikahan.  Simulasi ini mengandaikan Kamu sudah menabung sejak tahun lalu, sehingga pada 4 November 2022, kamu sudah mampu membeli mahar emas batangan 25 gram buat pernikahanmu. 

Baca juga : Bisa Ditiru, ETF Jadi Mahar Pernikahan Pasangan Ini

Selain itu, mempertimbangkan fluktuasi harga emas setiap harinya, bisa jadi kamu membeli emas senilai Rp60 ribuan per hari mendapatkan jumlah gram lebih sedikit saat harganya sedang naik, atau sebaliknya bisa mendapatkan jumlah gram lebih besar saat harganya sedang turun. 

Karena itu, jika Kamu memang punya niat kuat memberikan mahar emas batangan kepada pasangan segeralah menabung sejak sekarang. Sebab harga emas yang saat ini sedang murah, diprediksi bisa naik tahun depan. 

Simak juga : Ini Alasan & Motivasi Teja Amanda Jadikan Reksadana sebagai Mahar Pernikahan

Harga Emas Treasury di Fitur Bareksa Emas hari ini, Rabu (9/11/2022) di harga Rp888.982 per gram atau naik sekitar Rp15 ribuan dibandingkan Selasa (8/11/2022). Namun dibandingkan harga tertingginya tahun ini pada 9 Maret yang senilai Rp978.397 per gram, maka harga emas logam mulia hari ini lebih murah Rp89.415 per gram. 

Sumber : Bareksa

Baca juga : Ingin Berikan Mahar Paket Umroh Buat Calon Istri? Begini Caranya

Tabungan Emas di Bareksa Emas

Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, selain dengan Pegadaian, Bareksa bekerja sama dengan Indogold dan Treasury. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online. 

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. 

Tertarik untuk investasi emas di Bareksa? Biar dapat cuan banyak dari investasi emas, untuk Kamu investor emas pemula, ada baiknya memastikan bahwa instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko Kamu dan sebaiknya untuk jangka panjang.

Segera wujudkan investasi emas dan terlebih harga emas saat ini yang sedang turun dan semakin murah, namun juga memiliki potensi melesat tahun depan. 

Lihat juga : Permintaan Emas Terus Naik, Peluang Cuan Investasi Logam Mulia?

Investasi Emas dapat Hadiah

Saat ini Bareksa dan Treasury sedang menggelar promo investasi emas bertajuk Promo 11.11 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. 

Tersedia hadiah 200 voucher reksadana senilai Rp50.000 untuk investor baru dan 200 voucher reksadana untuk investor pembeli tercepat. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini : 

Kode Promo : 1STREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor transaksi pertama

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

Kode Promo : FASTREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor tercepat

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp750.000

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini

Syarat dan Ketentuan Promo FundFest 11.11 Emas Treasury Bareksa

1. Periode promo  1 - 30 November 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo FASTREASURE atau 1STREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Nasabah dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 21 Desember 2022 melalui sosial media Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang, jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Tertarik meraih dobel cuan dari investasi emas logam mulia sekaligus hadiah promonya? Segera cuss investasi logam mulia di Bareksa Emas.  

Simak juga : Hadapi Potensi Resesi Global 2023, Tabungan Emas Bisa Jadi Solusi

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.