Mau Cuan dari Naik Turun Harga Emas? Hindari 5 Kesalahan Investasi Logam Mulia Ini

Investor dapat berinvestasi secara rutin dengan modal kecil sesuai kemampuan finansial dan untuk tujuan investasinya
Hanum Kusuma Dewi • 15 Aug 2022
cover

Ilustrasi investor wanita menampilkan gesture stop untuk menghindari kesalahan investasi logam mulia emas. (shutterstock)

Bareksa.com - Mau investasi emas khususnya emas batangan atau disebut juga logam mulia tapi masih bingung bagaimana sebaiknya berinvestasi melalui layanan digital/online dan biar dapat cuan? Berikut ulasan mengenai tips berinvestasi pada instrumen investasi yang bisa dipilih oleh siapapun namun sebaiknya ditujukan untuk tujuan jangka panjang.

Berinvestasi emas secara online dapat menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin berinvestasi dengan modal kecil-kecilan. Investor dapat berinvestasi secara rutin dengan jumlah terkecil sesuai kemampuan finansial dan untuk tujuan investasinya.

Investasi emas online juga memiliki keunggulan antara lain mudah diakses dan dipantau kapan saja dengan harga emas yang diperbarui setiap harinya. Tapi bagaimana sebaiknya agar investor pemula sekalipun bisa memperoleh cuan dari berinvestasi emas?

Melansir sejumlah sumber, setidaknya ada lima kesalahan utama dalam berinvestasi emas secara online yang harus dihindari oleh para investor. Berikut 5 kesalahan saat investasi emas online yang harus dihindari investor emas:

1. Cash flow masih berantakan

Kesalahan pertama dimaksud merupakan kesalahan yang paling umum yang dilakukan investor pemula. Makanya, sebelum memulai investasi terlebih investasi emas ada baiknya investor mengelola keuangan pribadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat memiliki cash flow yang positif. 

Tujuannya tak lain agar investasi emas dapat dilakukan secara rutin. Pesan lainnya mengingatkan jangan berinvestasi menggunakan uang panas alias menggunakan utang. 

2. Tidak punya tujuan investasi

Untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya merupakan salah satu tujuan utama para investor. Hal tersebut memang tidak salah, tetapi arti dan manfaat investasi jauh lebih besar dari mengejar cuan saja.

Investasi adalah kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan berskala besar seperti dana pendidikan, dana pensiun, dan lain sebagainya. Maka, tanpa memiliki tujuan investasi, keuntungan yang ingin dicapai akan lebih sulit untuk digapai.

Aspek tersebut berguna dalam menentukan seberapa besar risiko investasi yang sanggup diambil oleh para investor dan akan menjadi arah selama berinvestasi. Dengan adanya tujuan investasi, para investor juga dapat menentukan periode investasi serta besaran dana yang dibutuhkan secara rutin untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Memilih platform digital tidak kredibel

Dalam berinvestasi emas secara online, investor harus memperhatikan aspek legalitas dari penyedia platform digital tersebut. Pilihlah platform digital yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut dapat membantu para investor untuk tetap berinvestasi dengan aman.

Salah satu layanan investasi emas terdaftar dan berizin OJK,  adalah Bareksa Emas di super app investasi Bareksa. Bekerja sama dengan mitra pengelola emas berizin seperti Pegadaian dan Indogold, Bareksa Emas menyediakan layanan jual-beli emas dengan fasilitas penitipan. Emas yang tersedia di Bareksa adalah emas batangan dengan kadar 99,99% baik berupa emas Antam ataupun emas UBS

4. Investasi emas untuk jangka pendek

Menjadikan emas sebagai investasi jangka pendek merupakan hal yang tidak disarankan. Alasannya, meskipun harga emas cenderung naik dalam kurun waktu yang panjang, harga emas mengalami fluktuasi dalam jangka pendek karena emas adalah komoditas yang diperdagangkan.

Harga emas logam mulia cenderung bersifat fluktuatif karena dipengaruhi berbagai faktor, seperti tingkat suku bunga dan kondisi perekonomian. Makanya, investasi pada instrumen ini akan lebih menguntungkan apabila diaplikasikan dalam periode jangka panjang, yaitu minimal 5 tahun.

5. Tidak memantau harga

Bagi investor emas, sangat penting untuk mengetahui harga dan informasi terkait emas yang ingin dibeli sebelum berinvestasi di dalamnya. Lebih baik lagi, melanjutkan jika sebelum mulai berinvestasi, investor melakukan pengecekan harga emas secara berkala.

Nah, investasi emas secara online bisa dilakukan kapanpun dan di manapun Anda berada, selama ponsel terhubung ke internet. Tidak ada batasan jam operasional. Meskipun mudah, cara investasi emas online bagi investor pemula tetap harus memantau harga emas karena memang nilainya fluktuatif.

Belilah emas saat harga emas rendah dan juallah saat harga naik. Cara investasi emas online bagi pemula, jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa membuat rugi. 

Investor juga perlu memahami bahwa ada dua harga emas, yaitu harga beli emas dan harga jual kembali emas (harga buyback). Meski pada hari yang sama, ada selisih harga beli emas dan harga buyback emas

Baca juga Ada Selisih Harga Jual dan Beli Emas, Ini Tips Untung Investasi Logam Mulia

Bila smart investor membeli emas di fitur Bareksa Emas, berlaku juga harga beli. Namun, begitu emas masuk ke dalam portofolio Bareksa, yang tertera adalah harga jual. Jadi jangan heran ketika baru membeli emas di Bareksa Emas imbal hasilnya langsung minus, itu karena selisih harga tadi. 

Pastikan untuk meluangkan waktu melihat perkembangan harga emas hari ini. Bila salah dalam memilih momentum beli dan jual, risiko investasi menjadi tanggung jawab investor.

Grafik Harga Beli Emas Pegadaian di Bareksa Emas

Sumber: Bareksa

Bagaimana, apakah Smart Investor sudah yakin dan siap investasi logam mulia?

Beli Emas di Bareksa

Beli emas sekarang semakin mudah karena sudah tersedia secara online di dalam super app investasi Bareksa. Dalam fitur Bareksa EmasBareksa bekerja sama dengan mitra pengelola emas yang sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Pegadaian. Emas yang tersedia di Bareksa Emas memiliki fisik berupa emas batangan atau emas Antam dengan fasilitas titipan. 

Agar Smart Investor makin semangat berinvestasi emas, Bareksa dan Pegadaian mengadakan Promo Gold Get Gold. Dengan membeli emas logam mulia senilai minimal Rp500.000, Smart Investor berkesempatan meraih Tabungan Emas senilai hingga Rp5 juta. 

Untuk berpartisipasi dalam promo ini, saat transaksi di Bareksa Emas, gunakan kode promo GETGOLD

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini. 

Syarat dan Ketentuan Promo Gold Get Gold

1. Periode promo 3 Agustus - 22 Agustus 2022

2. Berlaku khusus untuk pembelian Bareksa Emas Pegadaian dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo GETGOLD

3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

4. Nasabah dengan pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah

5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 13 September 2022 melalui sosial media Bareksa dan email. 

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Segera investasi emas di Bareksa Emas, dan raih hadiahnya!

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.