BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Kembali Naik, Simak 5 Tips Invetasi Logam Mulia

Bareksa17 Maret 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Kembali Naik, Simak 5 Tips Invetasi Logam Mulia
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Kenaikan harga emas di pasar dunia, masih ditopang oleh kekhawatiran pasar atas potensi krisis perbankan di AS dan Eropa

Bareksa.com - Harga emas kembali melajutkan tren penguatan dan telah berlangsung beberapa hari terakhir karena kekhawatiran investor atas krisis perbankan Amerika Serikat (AS) yakni tumbangnya Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank, disusul gonjang-ganjing Credit Suisse, bank asal Swiss. Permintaan emas diprediksi akan meningkat seiring meningkatnya kecemasan pasar. Namun harga emas juga berpotensi tertekan, jika Bank Sentral AS The Federal Reserve kembali agresif menaikkan suku bunga acuan.

Harga Emas Hari ini, Jumat (17/3/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.928.87 per troy ounce

Emas Treasury

Rp981.900 per gram

Emas Pegadaian

Rp989.000 per gram

Emas Antam

Rp1.063.000 per gram

*Data emas spot per pukul 9.45 WIB, Sumber : Logam Mulia, Investing, Bareksa

Harga emas di pasar spot dunia hari ini, Jumat (17/3/2023) pukul 9.45 WIB, seperti dilansir Investing, tercatat US$1.928.87 per troy ounce. Pada Kamis harga emas di pasar spot sekitar US$1.919.30 per troy ounce per troy ounce.

Promo Terbaru di Bareksa

Senada dengan kenaikan harga emas di pasar spot dunia, harga emas di dalam negeri hari ini yang tersedia dalam fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa, yakni Emas Pegadaian naik Rp9.000 per gram menjadi Rp989.000 per gram. Adapun harga emas Treasury yang tersedia di fitur Bareksa Emas, hari ini Rp13.041 per gram jadi Rp981.900 per gram, setelah pada Kamis naik Rp23.679 per gram.

Adapun harga emas Antam hari ini Rp1.063.000 per gram, atau turun Rp1.000 per gram dibandingkan Kamis.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Permintaan Emas Naik

Kenaikan harga emas di pasar dunia, masih ditopang oleh kekhawatiran pasar atas potensi krisis perbankan di AS dan Eropa. Namun saat bersamaan, Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis malam (16/3/2023) justru menaikkan suku bunga acuan 50 basis poin (bps).

"ECB benar-benar mengejutkan pasar dengan kenaikan 50 bps. Keputusan itu di luar dugaan mengingat banyaknya bank tumbang saat ini karena suku bunga yang terlalu tinggi," ujar Jim Wycoff, analis Kitco Metals, dilansir CNBC Indonesia.

Kekhawatiran itu kemudian membuat emas kembali dicari sebagai aset aman. "Kami melihat permintaan aset aman masih akan naik seiring meningkatnya kekhawatiran pasar mengenai krisis perbankan," imbuhnya.

Tapi, pemilik emas diimbau juga perlu waspada. Analis RJO Futures, Daniel Pavilonis mengatakan emas bisa saja tumbang jika Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga acuan 50 basis poin pekan depan. Apalagi, data tenaga kerja AS masih kuat.

Sebelumnya AS mengumumkan jumlah pekerja yang mengajukan klaim pengangguran pada pekan yang berakhir di 11 Maret 2023 berkurang 20.000 jadi 192.000. Jumlah itu jauh di bawah ekspektasi pasar 205.000. Berkurangnya klaim pengangguran menunjukkan masih kuatnya ekonomi AS sehingga inflasi bisa saja kembali naik.

Data klaim pengangguran AS akan jadi pertimbangan The Fed dalam menentukan kebijakan suku bunga pekan depan. "Jika The Fed menaikkan suku bunga 50 bps, maka harga emas jelas akan tertekan," kata Pavilonis.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Tips Investasi Emas

Investasi emas disarankan untuk tujuan jangka panjang setidaknya 5 tahun. Tujuannya agar potensi imbal hasil investasinya optimal. Bagaimana sebaiknya investasi emas untuk investor pemula? Berikut lima tips cara investasi emas logam mulia bagi investor pemula :

1. Tentukan Tujuan

Apakah Kamu merupakan investor yang ingin keuntungan cepat dan besar dalam waktu singkat? Pahami bahwa setiap investasi dengan potensi keuntungan besar dalam waktu cepat, juga punya risiko besar.

Investasi emas secara online, tergolong investasi untuk jangka menengah dan panjang. Setiap hari harganya memang bisa naik atau turun, tapi nilainya tidak signifikan, terlebih bila nilai investasi emas Kamu masih tergolong kecil.

Namun, dalam jangka panjang, menurut data historis, harga emas cenderung naik. Makanya, instrumen investasi yang dinilai banyak kalangan kebal akan gejolak inflasi ini bisa dimanfaatkan untuk melindungi nilai kekayaan, yakni untuk berinvestasi dalam waktu yang relatif lama sekitar 5 tahun.

2. Selalu Memantau Harga

Emas online bisa dibeli kapanpun dan di manapun Kamu berada, selama ponsel terhubung ke internet. Tidak ada batasan jam operasional. Meskipun mudah, cara investasi emas online bagi investor pemula tetap harus memantau harga emas karena memang nilainya fluktuatif.

Belilah emas saat harga emas rendah dan juallah saat harga naik. Cara investasi emas online bagi pemula, jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa membuat Kamu merugi.

Pastikan untuk meluangkan waktu melihat perkembangan harga emas hari ini. Bila salah dalam memilih momentum beli dan jual, risiko investasi menjadi tanggung jawab investor.

3. Membandingkan Harga

Selanjutnya, saat investasi emas online, investor pemula juga perlu membandingkan emas dari platform satu dengan platform yang lain. Cara investasi emas online bagi pemula ini akan memiliki pertimbangan untuk membeli emas atau menjual, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik. Di Bareksa Emas pun tersedia emas dari beberapa mitra pengelola emas yang bisa dipilih.

4. Tidak Buru-buru

Dalam investasi emas online bagi pemula diperlukan kesabaran dan kejelian, tidak harus buru-buru beli atau bahkan jual emas dalam jumlah banyak sekaligus. Perlu diingat, cara investasi emas online bagi pemula tergolong investasi jangka menengah dan panjang. Bila ingin dapat untung besar, maka jangan berpikir untuk jual langsung banyak.

Dengan melakukan riset dan harganya sesuai, mungkin Kamu baru bisa memutuskan untuk beli atau jual banyak.

5. Memilih Tempat yang Tepat

Banyak platform penyedia investasi emas dan tabungan emas digital, maka dari itu cara investasi emas online bagi pemula jangan sampai salah memilih tempat investasi. Perhatikan betul perusahaan yang menjalankan platform investasi dan track recordnya.

Kamu perlu memastikan keamanan dan sejauh mana jaminan atau garansi investasi Kamu. Periksa kembali perizinan yang dimiliki penyedia jasa investasi emas apakah sudah tercatat resmi atau belum.

Investasi Emas Online

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.746,7

Up0,57%
Up3,50%
Up0,01%
Up7,20%
Up17,09%
Up44,23%

STAR Stable Income Fund

1.897,52

Up0,48%
Up2,83%
Up0,01%
Up6,41%
Up29,25%
Up63,21%

I-Hajj Syariah Fund

4.750,44

Up0,52%
Up2,77%
Up0,01%
Up6,49%
Up22,16%
Up40,57%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,32

Up0,52%
Up2,10%
Up0,01%
Up5,46%
Up20,34%
Up50,52%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,03

Up0,65%
Up1,61%
Up0,01%
Up2,30%
Down- 3,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua