BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Tertekan, Berikut 6 Faktor Pendorong Nilai Logam Mulia di Pasar

Hanum Kusuma Dewi22 Februari 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Tertekan, Berikut 6 Faktor Pendorong Nilai Logam Mulia di Pasar
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi grafik harga emas naik-turun namun cenderung naik setiap tahunnya

Bareksa.com - Harga emas hari ini, Rabu (22/2/2023) di pasar spot dunia maupun di dalam negeri, kompak tertekan meski waktu telah membuktikan bahwa harga emas tidak pernah menjadi nol rupiah. Tertekannya harga emas hari ini terutama karena menguatnya nilai tukar dolar Amerika.

Harga Emas Hari ini, Rabu (22/2/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.835,72 per troy ounce

Emas Treasury

Rp926.502 per gram

Emas Pegadaian

Rp936.000 per gram

Emas Antam

Rp1.019.000 per gram

*Data emas spot per pukul 10.51 WIB, Sumber : Logam Mulia, Investing, Bareksa

Melansir Bisnis, harga emas berjangka di pasar dunia merosot tertekan oleh dolar AS yang lebih kuat ketika para pedagang menunggu kebijakan moneter dari pertemuan Februari The Fed. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di Divisi Comex New York Exchange, tergelincir 0,42% menjadi US$1.842,50 dolar AS per troy ounce.

Promo Terbaru di Bareksa

Sementara itu, dolar AS menguat pada Selasa (21/2/2022), karena pelaku pasar menyaring data ekonomi terbaru dengan indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnhya, naik 0,31% menjadi 104,1723.

Lebih lanjut seperti dilansir Bisnis yang mengutip dari Antara, para pedagang juga menunggu rilis risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Rabu waktu setempat, yang menurut para analis pasar, mungkin secara tak terduga hawkish, sehingga memberi petunjuk ke arah yang ingin diambil The Fed dengan melanjutkan kenaikan suku bunga.

Saat bersamaan, pasar dunia juga menunggu banyak pembicara Fed minggu ini, karena inflasi AS yang terlalu panas dan kekuatan di pasar tenaga kerja membuat kebijakan bank sentral menjadi fokus. Tertekannya harga emas di pasar dunia diikuti harga emas di dalam negeri. Harga emas Antam, hari ini (22/2/2023) turun Rp4.000 per gram dibandingkan harga kemarin menjadi Rp1.019.000 per gram.

Penurunan harga juga terjadi untuk emas Pegadaian yang tersedia di Bareksa Emas, turun Rp4.000 per gram juga menjadi Rp936.000 per gram. Sementara untuk Emas Treasury di Bareksa Emas menjadi Rp926.502 per gram, atau turun Rp1.778 per gram dibandingkan harga kemarin.

6 Faktor Mempengaruhi Grafik Harga Logam Mulia

Malansir laman Logam Mulia, berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi harga logam mulia khususnya emas batangan atau logam mulia di pasaran.

1. Permintaan Emas yang Terus Tumbuh

Permintaan emas yang terus tumbuh masih menjadi faktor pendorong harga emas saat ini. Kenaikan permintaan emas paling besar bersumber dari Bank Sentral dunia dan hal tersebut membuka peluang harga emas berada di jalur kenaikan dalam jangka menengah-jangka panjang.

Di sisi lain, logam mulia ini juga merupakan salah satu bahan baku produksi perhiasan yang kerap dipakai sebagai lambang tradisi maupun kekayaan di berbagai kebudayaan di dunia.

2. Index Mata Uang Dolar Amerika

Harga emas dan dolar Amerika memiliki hubungan terbalik. Harga emas mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dengan mata uang dolar Amerika (USD).

Saat nilai dolar Amerika sedang melemah, maka harga emas menjadi relatif lebih murah bagi pemegang mata uang selain dolar Amerika dan memicu kenaikan demand yang akan mendorong kenaikan harga. Sebaliknya, apabila nilai dolar Amerika menguat maka harga emas akan memiliki kecenderungan untuk turun.

3. Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika

Untuk harga emas lokal di Indonesia selain dipengaruhi oleh harga emas dunia juga dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Apabila nilai tukar Rupiah jatuh terhadap Dolar Amerika (ceteris paribus), maka harga emas di Indonesia akan semakin mahal dan berlaku sebaliknya.

4. Inflasi Juga Mempengaruhi Grafik Harga Emas

Tingkat inflasi tinggi menyebabkan penurunan pada nilai mata uang sehingga pelaku pasar akan mencari aset yang dapat mengamankan nilai kekayaannya (lindung nilai) dan relatif aman atau yang sering disebut dengan safe haven assets. Salah satu yang dianggap berfungsi sebagai safe haven yaitu emas. Ketika inflasi tinggi akan membuat masyarakat dan investor beralih ke investasi emas sehingga mempengaruhi harga emas karena memicu kenaikan permintaan emas.

5. Kebijakan Moneter Dapat Mempengaruhi Grafik Harga Emas

Harga emas juga dipengaruhi keputusan Bank Sentral, khususnya U.S. Federal Reserve atau lebih dikenal sebagai The Fed. The Fed sebagai bank sentral Amerika memiliki fungsi utama mengendalikan tingkat inflasi. Kebijakan moneter seperti kenaikan suku bunga acuan Federal Reserve atau menurunkan, sangat mempengaruhi sentimen pasar terhadap investasi emas.

Saat bersamaan, pertumbuhan inflasi yang lebih kuat membuat kebijakan moneter agresif dari Federal Reserve tidak membuat banyak perubahan, sehingga mengembalikan fokus utama pelaku pasar pada isu inflasi. Selama real interest rate (tingkat bunga – tingkat inflasi) masih dalam teritori negatif, daya tarik emas masih akan meningkat dan mendorong harga bergerak bullish.

6. Kondisi Ketidakpastian Global

Situasi global meliputi isu geopolitik dan ekonomi yang penuh dengan ketidakpastian. Ketika terjadi gesekan antarnegara yang memicu ketegangan hubungan politik dan ekonomi, sentimen untuk menghindari risiko akan melingkupi market dan pelaku pasar akan cenderung mengalihkan portofolionya ke aset safe-haven seperti emas.

Sebagai gambaran, isu geopolitik antara Rusia-Ukraina dan juga ketegangan hubungan US – China terkait Taiwan, dinilai banyak kalangan telah memicu rally harga emas pada beberapa waktu lalu.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Waktu Terbaik Membeli Emas

Sejatinya, waktu yang tepat investasi emas adalah saat kamu punya uang dalam jumlah yang cukup untuk investasi. Kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk membeli emas secara 'ecer' per gram atau membatasi anggaran misal Rp2 juta per bulan.

Dalam investasi emas, kamu sebaiknya tidak menunggu harga emas turun atau naik. Kenaikan harga emas secara signifikan biasanya terjadi dalam jangka panjang. Makanya, kamu disarankan investasi emas dalam jangka panjang antara 5 sampai 10 tahun.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal Kamu harus rutin dan konsisten menabung atau membeli emas agar memeroleh hasil yang maksimal dan stabil.

Investasi Emas Online

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Promo Tarik Fisik Emas Treasury

Khusus investor yang melakukan cetak fisik emas Treasury di Bareksa, ada 50 voucher reksadana senilai Rp100.000 dan diskon ongkir 50% maksimal Rp25.000. Caranya hanya melakukan cetak fisik minimal 1 gram saja dan gunakan kode promo TARIKEMAS.

Syarat dan Ketentuan Promo Cetak Fisik Emas Treasury di Bareksa

1. Periode promo 13 Februari - 28 Februari 2023
2. Promo ini hanya berlaku untuk tarik fisik emas Treasury di Bareksa minimal 1 gram
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor yang melakukan tarik fisik tercepat dan masuk ke dalam kuota berhak memenangkan hadiah berupa cashback biaya tarik cetak emas & tambahan discount 50% (maksimal Rp25.000)
5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 7 Maret 2023 melalui sosial media Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo investasi emas dan lakukan cetak fisik di Bareksa untuk raih hadiahnya!

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,36

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,74%
Up17,31%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.326,18

Up0,93%
Up4,25%
Up0,03%
Up5,89%
Up18,89%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,85

Up0,48%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,39%
Up64,87%

I-Hajj Syariah Fund

4.822,06

Up0,51%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,14%
Up21,89%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,38

Up0,49%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,93%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua