Begini Selisih Harga Emas Hari Ini dan 5 Tahun Lalu, Berapa Cuannya?

Keuntungan didapat dari harga jual kembali (buyback) hari ini Rp887.000 dikurangi harga beli pada 23 Maret 2017 senilai Rp609 ribu.
Abdul Malik • 23 Mar 2022
cover

Ilustrasi investor yang berinvestasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Bareksa.com - Waktu telah membuktikan bahwa emas merupakan salah satu instrumen investasi yang tepat baik untuk diversifikasi investasi, maupun sebagai sarana menyiapkan modal bagi rencana jangka panjang. Anda sudah mulai berinvestasi emas?

Emas banyak dipilih investor karena memiliki sejumlah keunggulan. Antara lain sebagai alat lindung nilai aset kita saat terjadi krisis. Selain itu, harga emas juga cenderung naik setiap tahunnya.

Tidak hanya itu, investasi emas juga saat ini mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Siapapun bisa membeli emas sesuai dengan kemampuannya, mulai dari 0,01 gram sekalipun.

Investasi emas juga bisa dilakukan tanpa harus menunggu punya uang banyak, bisa dilakukan di Bareksamelalui fitur Bareksa Emas, bahkan minimal investasinya hanya Rp50.000.

Di sisi lain keunggulan utama yang dimiliki emas sebagai instrumen investasi adalah juga terbukti kebal terhadap inflasi terlebih jika dilihat untuk jangka waktu investasi yang lama yakni minimal 5 tahun.

Dua Harga Emas

Ingin mendapatkan cuan dari investasi emas? Nah, ada baiknya Anda mempertimbangkan dua harga emas.

Selama ini Antam menetapkan dua macam harga emas batangan produksinya yakni harga beli dan harga jual kembali (buyback) emas. Sebut saja harga emas keluaran Logam Mulia, PT Aneka Tambang (Antam) yang juga tersedia di Bareksa Emas.

Harga emas saat Anda membeli disebut harga beli. Sementara itu harga buyback adalah harga yang berlaku ketika Anda menjual emas. Sebagai gambaran, harga beli emas Antam hari ini, Rabu (23/3/2022) seperti dilansir dari laman resmi Logam Mulia Antam dipatok Rp948 ribu per gram. Harga tersebut, terkoreksi Rp5 ribu per gram dibandingkan harga kemarin.

Di sisi lain harga jual kembali (buyback) emas Antam pada hari ini, berada di level Rp887 ribu per gram, turun Rp5.000 per gram dari harga sebelumnya. Catatan tambahan, harga jual kembali dimaksud belum mempertimbangkan pajak jika nominalnya lebih dari Rp10 juta.

Harga Emas Hari Ini vs 5 Tahun Lalu

Bagaimana harga emas Antam baik beli maupun jual hari ini pada lima tahun lalu yakni 23 Maret 2017? Melansir laman Logam Mulai, harga emas pada 23 Maret 2017, dipatok Rp609 ribu per gram. Dengan demikian, ada selisih Rp339 ribu per gram atau lebih rendah dibandingkan harga per hari ini.

Sumber: Logam Mulia

Di sisi lain harga jual kembali (buyback) emas pada 23 Maret 2017, ditetapkan Rp527 ribu per gram. Dengan demikian, ada selisih Rp360 ribu per gram dibandingkan harga buyback hari ini.

Sumber: Logam Mulia

Cuan Berapa?

Jadi, berapa cuan atau keuntungan jika membeli emas pada 23 Maret 2017 dan menjualnya hari ini atau 23 Maret 2022? Sebut saja Anda membeli membeli emas batangan atau logam mulia 1 gram, Anda mendapatkan cuan Rp278 ribu per gram.

Keuntungan itu didapat dari selisih harga jual kembali (buyback) emas hari ini Rp887.000 dikurangi harga beli pada 23 Maret 2017 senilai Rp609 ribu.

Sementara jika Anda saat itu membeli logam mulia 10 gram, maka Anda cuan Rp2,78 juta. Keuntungan akan jauh lebih besar jika Anda pada 23 Maret 2017 membeli logam mulia dalam jumlah gram lebih besar.

Tertarik investasi emas? Seegara investasi emas di Bareksa Emas.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.