Selain untuk Mas Kawin, Ini 7 Keuntungan Berinvestasi Emas

Tidak hanya sebagai sebagai salah satu instrumen investasi, emas juga bisa dijadikan sebagai kado spesial nan unik serta mas kawin
Abdul Malik • 21 Mar 2022
cover

Ilustrasi emas batangan yang dijadikan kado di hari spesial. (Shutterstock)

Bareksa.com - Emas dalam bentuk logam mulia atau emas batangan, sejak lama dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi. Sebab emas diyakini sebagai sarana lindung nilai.

Waktu telah membuktikan, emas dari masa ke masa tetap mempertahankan nilainya. Tak lain juga karena emas dinilai bisa mengalahkan inflasi.

Tidak hanya sebagai sebagai salah satu instrumen investasi, emas juga bisa dijadikan sebagai kado spesial nan unik bagi orang terkasih seperti saat hari ulang tahun dan hari Valentine. Selain itu, emas juga bisa dijadikan salah satu pilihan bentuk mas kawin pernikahan.

Mas Kawin

Soal kegunaannya sebagai mas kawin, seperti dalam prosesi pernikahan Putri Indahsari Tanjung atau lebih dikenal Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo, pada Minggu (20/3/2022). Selain seperangkat alat salat, seperti dilansir Fimela.com, diserahkan juga emas seberat 199 gram sebagai mas kawin.

Putri Tanjung merupakan anak dari pengusaha nasional Chairul Tanjung. Selain sebagai pengusaha, Putri Tanjung juga merupakan salah satu Staf Khusus Presiden Joko Widodo.

Nah berdasarkan informasi dari Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam yang dilansri Bisnis.com, harga dasar emas 24 karat ukuran 1 gram dijual senilai Rp984.000 pada Minggu (20/3/2022), sama dengan harga perdagangan Sabtu (19/3/2022).

7 Keuntungan Investasi Emas

Berikut 7 keuntungan investasi emas yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Emas Sebagai Perlindungan dari Inflasi

Emas bisa dikatakan sebagai satu-satunya komoditas yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan mampu menaklukkan inflasi. Dengan nilai yang meningkat seiring dengan biaya hidup, seringkali mencapai nilai tertingginya selama periode inflasi tinggi.

Saat terjadi kenaikan inflasi, nilai uang itu sendiri menjadi rendah. Sebaliknya, emas yang justru naik lebih tinggi harganya sehingga membuat emas semakin berharga.

2. Emas Sebagai Diversifikasi

Investasi emas termasuk jenis investasi yang sangat baik untuk diversifikasi. Logam mulia ini memiliki risiko yang sangat rendah namun nilainya terus mengalami kenaikan.

Selain itu, pergerakan harga emas biasanya berlawanan dengan pasar saham. Saat pasar saham mengalami penurunan, pemilik emas tidak akan terlalu rugi karena harga emas akan meningkat.

Di sisi lain manfaat diversifikasi adalah dapat menjaga aset dari peristiwa ekonomi yang tidak terduga. Emas termasuk investasi yang dapat menawarkan jenis diversifikasi dan perlindungan untuk portofolio dan tidak ada yang sama seperti keistimewaan dimiliki emas.

3. Nilai Emas Selalu Meningkat

Investasi emas termasuk instrumen yang sangat minim risiko soal nilainya. Salah satu alasannya keberadaan emas saat ini sangat diminati masyarakat, misalnya di India di mana emas dianggap menguntungkan dan tidak ada perayaan yang lengkap tanpa hadirnya emas.

Selain itu, keterbatasan pasokan emas juga memastikan bahwa harga akan selalu mengalami kenaikan signifikan serta memiliki permintaan sangat tinggi.

4. Likuiditas yang Tinggi

Permintaan emas yang tinggi memastikan bahwa emas mudah dijual. Kondisi itu membuat emas jadi aset sangat likuid. Keberadaan emas sangat dihargai di manapun sehingga sangat mudah untuk mencairkannya menjadi uang tunai saat sedang mengalami krisis.

5. Penyeimbang Devaluasi Mata Uang

Ketidakpastian keuangan dapat mengakibatkan mata uang terkuat kehilangan nilainya. Saat mata uang ini dapat dicetak 'sesuka hati', sebaliknya emas sebagai aset berwujud tidak dapat direproduksi dengan mesin makanya diyakini dapat melindungi para investor dari devaluasi mata uang.

6. Mudah Diperjualbelikan

Emas sebagai barang yang sangat mudah diperjualbelikan berkat kemampuan untuk mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Emas dapat bertahan dari ketidakpastian finansial yang turun naik. 

Tak heran, sebagian besar negara percaya memiliki cadangan emas yang sangat besar yang dapat digunakan untuk memerangi berbagai situasi.

7. Emas Mudah Dimiliki

Seiring perkembangan teknologi, sekarang ini untuk memiliki investasi emas tidak butuh proses panjang. Seperti fitur Bareksa Emas di Bareksa.

Dengan pemanfaatan media elektronik, setiap individu bisa berinvestasi emas baik itu bentuk perhiasan, kepingan bahkan batangan.

Jadi, sudah tahu akan investasi emas seberapa banyak dan untuk apa? Pastikan lebih dahulu instrumen investasi ini sesuai dengan profil risiko Anda ya!

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas logam mulia yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.