Waktu Terbaik Investasi Emas adalah Sekarang

Beragam cara untuk investasi emas, salah satunya Tabungan Emas Pegadaian yang juga tersedia dalam fitur BareksaEmas
Bareksa • 21 Dec 2021
cover

Ilustrasi investasi emas logam mulia dalam portofolio investor di atas kertas yang menggambarkan grafik kinerja investasi saham reksadana obligasi. (shutterstock)

Bareksa.com - Kapan waktu terbaik untuk investasi emas? Bimo Satrio, Assistant Manager II Pegadaian menyampaikan tidak ada waktu terbaik, kecuali mulai investasi emas sekarang juga. Sebab saat ini sudah tersedia beragam cara untuk investasi emas.

Salah satunya Tabungan Emas Pegadaian yang juga tersedia dalam fitur BareksaEmas di Bareksa.

Bimo mengatakan hal utama yang perlu diingat investor saat investasi emas adalah emas merupakan aset jangka panjang. Karena itu, biasanya invetsor yang sudah lama investasi emas akan memiliki mindset investasi emas untuk jangka panjang dan menyadari harga emas volatilitasnya tidak seagresif saham.

"Kalau berharap return (imbal hasil) dari emas, banyak orang yang bilang sulit bisa dapat cuan dari selisih harga emas (dalam waktu dekat). Cuma pada dasarnya emas merupakan aset yang strategis, akan lebih maksimal kalau kita berinvestasi dalam jangka panjang," kata Bimo dalam Kelas Bareksa Insights bertajuk "Investasi Emas, Untung Gak Sih?" Jumat (17/12/2021).

Bimo mengatakan emas cocok jadi instrumen investasi saat kita memiliki rencana untuk membeli rumah, menyediakan biaya sekolah anak, dan liburan. Untuk itu, dibutuhkan strategi investasi emas yang baik. Misalnya investasi emas dengan cara menabung emas.

"Menabung emas dengan jangka waktu konsisten, kita nyicil aja dari gaji per bulan yang diterima. Masukin ke emas secara konsisten, yang penting dari investasi itu konsistensi karena percuma nabung langsung banyak tetapi besoknya enggak," ujar Bimo.

Baca : Investasi Reksadana di Bareksa dapat OVO Poin dan Voucher GrabFood

Diversifikasi Investasi

Selain itu, ia mengingatkan, seorang investor perlu untuk melakukan diversifikasi investasi. Selain emas, investor bisa diversifikasi investasi di reksadana dan instrumen investasi lainnya yang sesuai dengan profil risiko.

"Bagaimana urutannya? Prioritas, emas bisa dijadikan dana darurat karena emas cukup likuid. Nilainya cenderung tergantung supply and demand, di belahan dunia manapun orang menganggap emas itu emas, universal nilainya," kata Bimo.

Siap mulai dan atau melanjutkan investasi di emas?

Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa

Ingin mulai investasi emas atau ingin melakukan diversifikasi investasi dengan berinvestasi logam mulia atau emas batangan? Jika tidak ingin repot membelinya, maka kamu bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online yang tersedia di BareksaEmas.

Dalam fitur BareksaEmasBareksa telah bermitra dengan Indogold dan Pegadaian, yang merupakan penyedia emas fisik dengan layanan gadai emas sesuai izin OJK.

Emas yang dibeli investor di BareksaEmasada fisiknya dan disimpan di brankas aman, yang bisa dijual atau diambil fisiknya bila diperlukan.

Emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur BareksaEmas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Investasi emas di BareksaEmas bisa mulai dengan nominal Rp50 ribu atau ukuran minimal 0,1 gram.

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Promo Investasi Emas untuk Donasi

Seiring dengan peluncuran Tabungan Emas Pegadaian di BareksaEmasBareksa dan Pegadaian mengadakan program promosi untuk 500 transaksi tercepat untuk pembelian pertama Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa dengan nilai minimum Rp500.000 berkesempatan meraih hadiah voucher emas Rp50.000.

BareksaEmas juga menjadi salah satu produk investasi utama untuk menunjang sinergi Bareksa - Grab - OVO dalam program #ThREEforGood, yang akan memberikan donasi kepada 30.912 anak yatim piatu korban Covid-19 melalui platform crowdfunding BenihBaik pimpinan Andy F. Noya.

Untuk setiap transaksi pembelian emas Pegadaian menggunakan OVO di BareksaEmas, maka Bareksa - Grab - OVO akan menyumbangkan 0,5 persen dari nilai transaksi, tanpa mengurangi nilai investasi nasabah.

Di samping itu, nasabah juga berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai Rp500 juta dalam bentuk voucher GrabFood hingga Rp100.000 dan OVO Points hingga Rp100.000 untuk setiap pembelian produk BareksaEmas di aplikasi Bareksa menggunakan metode pembayaran OVO minimal Rp1 juta dan memasukkan kode promo.

(Martina Priyanti/AM)

Baca : Daftar Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa Kenapa Perlu Verifikasi Tambahan?

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.