Apakah Sekarang Waktu Yang Pas Investasi Emas?

Bagi investor pemula, waktu yang tepat investasi emas dimulai dengan menentukan tujuan dalam berinvestasi emas
Hanum Kusuma Dewi • 18 Feb 2022
cover

Ilustrasi investasi emas logam mulia yang digambarkan dengan seseorang memegang tumpukan emas batangan. (shutterstock)

Bareksa.com - Anda tertarik investasi emas tapi belum yakin apakah sekarang waktu yang pas untuk memulai? Pastikan lebih dahulu bahwa emas merupakan instrumen investasi yang cocok dengan profil risiko Anda.

Melansir CNN Indonesia, waktu yang tepat investasi emas adalah saat Anda punya uang dalam jumlah yang cukup. Untuk memulainya, Anda bahkan bisa menyisihkan uang dari gaji untuk membeli emas secara ecer per gram atau membatasi anggaran misal Rp2 juta per bulan.

Anda disarankan investasi emas dalam jangka panjang antara 5 sampai 10 tahun. Meski begitu, untuk mendapat hasil yang optimal Anda harus rutin dan konsisten menabung atau membeli emas agar memperoleh hasil yang maksimal dan stabil.

Apakah emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia yang kerap disebut emas batangan, pilihan ada di tangan Anda. Terpenting, jangan melupakan kadar atau karat emas saat ingin investasi emas karena akan mempengaruhi besaran nilainya di masa mendatang. 

Makin tinggi kadar emas maka semakin besar pula potensi kenaikan harganya. Kadar atau karatase emas terdiri dari 18 karat, 20 karat, dan 24 karat. Emas batangan atau bullion memiliki kadar paling tinggi yaitu 24 karat atau kemurnian 99 persen. 

Tips Investasi Emas

Melansir CNN Indonesia, berikut tiga tips investasi emas agar bisa mendapatkan cuan.

Pertama, Tentukan Tujuan Investasi Emas

Bagi investor pemula, waktu yang tepat investasi emas dimulai dengan menentukan tujuan dalam berinvestasi emas. Tujuan dimaksud khususnya dalam jangka panjang misalnya dana pendidikan, pernikahan, uang muka rumah, dan tabungan di hari tua.

Setelah menentukan tujuan, selanjutnya tentukan jangka waktu Anda ingin berinvestasi, bisa 5 atau 10 tahun atau lebih. Kemudian, sisihkan pendapatan Anda untuk membeli emas secara rutin setiap bulannya hingga mencapai tenggat waktu yang Anda tentukan.

Kedua, Perhatikan Harga Emas

Kenaikan harga emas jarang terjadi secara mendadak dan naik dalam taraf wajar, sementara penurunan harga emas tidak terjadi secara tajam juga turun dalam angka yang wajar. Jika harga emas sedang turun, Anda dapat mempertimbangkan melebihi anggaran untuk membeli lebih banyak beberapa gram.

Sementara jika harga emas naik, ada baiknya Anda tidak buru-buru menjual dan tetaplah konsisten menabung emas dengan nominal yang sama. Anda bisa mengecek harga emas secara berkala dari laman resmi seperti Pegadaian atau Antam. 

Catatan tambahan, Anda juga bisa mengecek harga emas di fitur Bareksa Emas dalam aplikasi Bareksa.

Baca juga Kebijakan Hawkish The Fed akan Pengaruhi Harga Emas Tahun ini

Ketiga, Jangan Beli Emas Di Sembarang Tempat

Ada baiknya Anda tidak sembarangan membeli emas jika tak mau rugi. Belilah emas di toko yang terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan. Anda bisa langsung membeli dari Antam atau Pegadaian yang terjamin takaran karatase dan legalitasnya.

Catatan tambahan, Anda juga bisa melakukan investasi emas online melalui fitur Bareksa Emas dalam aplikasi Bareksa. Investasi emas di Bareksa Emas dipastikan aman karena fitur yang disediakan Bareksa Inovasi Digital bekerjasama dengan mitra pengelola emas yang memiliki lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan gadai yang dapat menjalankan usaha penitipan emas. Mitra dimaksud adalah Indogold dan Pegadaian.

Beli emas di Bareksa dengan pembayaran OVO berkesempatan meraih hadiah OVO Point dan Voucher GrabFood. Lihat syarat ketentuan Promo Three For Good

Jadi, tunggu apa lagi untuk investasi emas?

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas logam mulia yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.