BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Mau Cuan dari Investasi Emas? Hindari 5 Kesalahan Ini

Bareksa24 Januari 2022
Tags:
Mau Cuan dari Investasi Emas? Hindari 5 Kesalahan Ini
Ilustrasi prospek investasi emas di 2022. (Shutterstock)

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas, disarankan untuk membeli emas murni dalam bentuk batangan

Bareksa.com - Ingin cuan dari investasi emas logam mulia atau emas batangan? Meski investasi emas relatif lebih aman karena dipercaya kebal terhadap inflasi, ada baiknya Anda perlu memperhatikan beberapa kondisi agar terhindar dari kesalahan melakukan dalam investasi emas.

Melansir laman Sahabat Pegadian, ada lima hal yang harus Anda hindari supaya tidak terjebak dengan kesalahan saat investasi emas. Berikut ulasannya.

1. Tidak memeriksa kemurnian emas

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas, disarankan untuk membeli emas murni dalam bentuk batangan, agar terhindar dari melakukan kesalahan saat investasi. Alasannya saat berinvestasi emas dalam bentuk batangan, maka Anda bisa mendapatkan emas murni tanpa adanya campuran yang lain.

Promo Terbaru di Bareksa

2. Tidak memiliki tempat penyimpanan yang memadai

Emas memang mudah dibawa dan dipindahkan. Tetapi hal inilah yang membuat emas lebih berisiko hilang dan dicuri oleh orang lain.

Saat memutuskan untuk berinvestasi emas, maka penting bagi Anda untuk memiliki tempat penyimpanan khusus atau bisa menyewa tempat penyimpanan.

3. Tidak membandingkan harga emas

Kesalahan investasi emas lainnya adalah terlalu terburu-buru melakukan pembelian emas. Sebelum melakukan pembelian emas batangan, tidak ada salahnya untuk membandingkan harga di beberapa tempat terpercaya agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Jangan sampai Anda malah rugi karena ada penjual yang menaikkan harga emas terlalu tinggi. Hal ini sangat penting dilakukan khususnya bagi kita yang tidak memantau pergerakan harga emas.

4. Tujuan investasi yang salah

Jika kita memiliki tujuan untuk mendapatkan imbal hasil di masa depan, maka sebaiknya membeli emas dalam bentuk batangan, bukan dalam bentuk perhiasan. Selain itu, membeli emas batangan jauh lebih menguntungkan karena Anda tidak akan dibebankan dengan biaya pembuatan saat menjualnya kembali.

Jika membeli emas dalam bentuk perhiasan, maka akan ada komponen biaya pembuatan saat pembelian dan saat dijual. Biasanya toko emas tidak hanya menghitung kadar dan beratnya, tapi juga biaya pembuatan perhiasan. Makin rumit bentuk emas itu, makin mahal ongkos yang dikeluarkan.

5. Tidak memantau harga emas

Saat ingin mulai investasi emas, baiknya mengetahui pergerakan harga emas memainkan peranan yang penting saat Anda akan menjual atau membeli emas. Maka dari itu, Anda sebagai investor harus memastikan membeli emas saat harga rendah dan menjualnya saat harga emas telah meningkat.

Jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa membuat Anda merugi.

Investasi Emas Lewat Tabungan Emas Pegadaian

Melansir laman Sahabat Pegadaian, salah satu cara berinvestasi emas dengan Tabungan Emas di Pegadaian. Konsepnya hampir sama dengan konsep menabung di bank pada umumnya. Bedanya, uang yang Anda setorkan akan langsung dikonversikan menjadi gram emas sesuai dengan harga emas yang berlaku saat itu juga.

Tabungan Emas Pegadaian bisa menjadi alternatif pilihan investasi karena sangat mudah dilakukan dan murah. Dengan layanan ini, Anda bisa melakukan pembelian emas mulai dari 0,01 gram. Layanan tabungan emas ini pun tidak hanya ada di outlet Pegadaian tetapi juga di Bareksa. ​

Investasi emas bisa menjadi pilihan investasi untuk masa depan untuk berbagai tujuan. Anda bisa menyimpan emas di atas dua tahun agar bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih baik. Alasannya emas merupakan jenis investasi jangka panjang, yang berarti keuntungannya baru efektif bisa dilihat setelah minimal 5 tahun.

Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa

Tabungan Emas Pegadaian di aplikasi Bareksa dalam fitur BareksaEmas, merupakan wujud kolaborasi antara Bareksa melalui PT Bareksa Inovasi Digital dengan Pegadaian yang bergerak di bidang usaha gadai serta tabungan emas. Kolaborasi Bareksa - Pegadaian bertujuan untuk memperkuat layanan investasi onlineBareksa dengan menghadirkan fitur BareksaEmas sehingga nasabah Bareksa dapat memiliki berbagai pilihan produk investasi secara terintegrasi, selain reksadana dan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

Tabungan Emas Pegadaian merupakan layanan beli dan titip emas yang memudahkan investasi emas fisik secara aman, mudah, murah, dan terpercaya.

Proses KYC Bareksa Emas

Bareksa Emas menawarkan berbagai fitur unggulan. Proses registrasi dan validasi KYC (know your customer) sepenuhnya dilakukan secara online. Selain itu, Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa menawarkan nominal transaksi yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp50.000 saja baik untuk pembelian atau penjualan (buyback). Investor juga dapat membeli (top up) ataupun menjual emas di Bareksa Emas hingga 100 gram per hari.

Pembayaran di Bareksa Emas bisa dilakukan melalui transfer bank, internet banking, ATM, virtual account, hingga uang elektronik. Salah satu moda pembayaran yang sangat simple dan seamless adalah OVO, karena bisa terverifikasi otomatis secara real time dan tanpa ada biaya administrasi.

Bagi nasabah baru yang hendak membuka Tabungan Emas di aplikasi Bareksa caranya sangat mudah. Cukup buka aplikasi Bareksa, pilih mitra pengelola emas “PT Pegadaian”, lalu tentukan jumlah emas yang akan dibeli dalam bentuk satuan gram atau rupiah.

Pengguna aplikasi wajib melengkapi data secara benar. Pada tahap akhir nasabah diminta untuk melakukan proses pembayaran. Jika proses pembayaran sukses, maka secara otomatis emas yang dibeli akan tercatat di fitur Tabungan Emas pada akun pengguna Bareksa.

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas logam mulia yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.338,94

Up0,58%
Up3,68%
Up0,04%
Up4,66%
Up18,55%
-

Capital Fixed Income Fund

1.794,02

Up0,54%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,96%
Up16,43%
Up40,17%

I-Hajj Syariah Fund

4.874,98

Up0,57%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,69%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.048,43

Up0,51%
Up3,59%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,24

Up0,28%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,24%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua