Bagaimana Prospek Investasi Emas di 2022?

Tahun depan, pergerakan harga emas diperkirakan lebih menarik bagi para pencari harga emas murah
Bareksa • 21 Dec 2021
cover

Ilustrasi investasi di emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Bareksa.com - Penghujung tahun 2021 kian menjelang. Apakah Anda sudah mulai memikirkan untuk berinvestasi di instrumen apa saja di 2022?

Tim Research and Development ICDX, Nikolas Prasetia mengatakan pada 2022, emas masih menarik meskipun secara global terdapat berbagai tekanan baik dari tapering AS dan juga kenaikan suku bunga.

"Melihat adanya kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga 2-3 kali. Untuk 2022, emas masih terlihat akan terus menarik, karena sifat emas yang merupakan aset berisiko kecil dan juga sebagai alternatif investasi," ujarnya, Senin (20/12/2021) dilansir Bisnis.

Menurut dia, di 2022, harapan pasar terhadap The Fed terlihat cukup tinggi, dengan penyelesaian stimulus akan berjalan lebih cepat ditambah dengan perubahan suku bunga hingga 3 kali sampai akhir tahun 2022.

Adanya kenaikan suku bunga ini, biasanya akan membuat obligasi menjadi menarik karena memberikan kupon yang lebih baik dibandingkan emas.

"Dengan demikian, untuk aset emas, pergerakan harganya akan menjadi lebih menarik baik bagi para pencari harga emas murah maupun bagi para pelaku pasar yang memanfaatkan fluktuasi harga," jelas Nikolas.

Tips Investasi Emas

Nikolas menyatakan karena nilai emas yang tidak tergerus oleh waktu, untuk investasi atau membeli bisa dilakukan kapan saja selama menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

"Salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan 'uang dingin' untuk membeli emas," kata dia.

Ia mengingatkan untuk berinvestasi pada emas fisik, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mencapai posisi untung.

Kemudian, perlu juga memperhatikan dan memperhitungkan biaya ongkos cetak emas sebelum melakukan pembelian emas.

Pada 2022, ICDX memproyeksikan rentang perdagangan harga emas global dapat berada di kisaran fluktuasi US$1.750- US$1.850 per troy ons sepanjang tahun.

Sementara itu mengutip Antara, Selasa (21/12/2021), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari di divisi Comex New York Exchange, turun US$10,3 atau 0,57 persen ditutup pada US$1.794,60 per ounce.

\Di pasar spot, emas turun 0,2 persen menjadi diperdagangkan di US$1.793,33 per ounce pada pukul 18.45 GMT.

Ada baiknya, investor emas mengetahui perkembangan harga emas di pasar dunia karena menjadi salah satu penentu harga emas di dalam negeri.

Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa

Ingin mulai investasi emas atau ingin melakukan diversifikasi investasi dengan berinvestasi logam mulia atau emas batangan? Jika tidak ingin repot membelinya, maka kamu bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online kini sudah tersedia di BareksaEmas.

Dalam fitur BareksaEmasBareksa telah bermitra dengan Indogold dan Pegadaian, yang merupakan penyedia emas fisik dengan layanan gadai emas sesuai izin OJK.

Emas yang dibeli investor di BareksaEmasada fisiknya dan disimpan di brankas aman, yang bisa dijual atau diambil fisiknya bila diperlukan.

Emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur BareksaEmas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Investasi emas di BareksaEmas bisa mulai dengan nominal Rp50 ribu atau ukuran minimal 0,1 gram.

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Promo Investasi Emas untuk Donasi

Seiring dengan peluncuran Tabungan Emas Pegadaian di BareksaEmasBareksa dan Pegadaian mengadakan program promosi untuk 500 transaksi tercepat untuk pembelian pertama Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa dengan nilai minimum Rp500.000 berkesempatan meraih hadiah voucher emas Rp50.000.

BareksaEmas juga menjadi salah satu produk investasi utama untuk menunjang sinergi Bareksa - Grab - OVO dalam program #ThREEforGood, yang akan memberikan donasi kepada 30.912 anak yatim piatu korban Covid-19 melalui platform crowdfunding BenihBaik pimpinan Andy F. Noya.

Untuk setiap transaksi pembelian emas Pegadaian menggunakan OVO di BareksaEmas, maka Bareksa - Grab - OVO akan menyumbangkan 0,5 persen dari nilai transaksi, tanpa mengurangi nilai investasi nasabah.

Di samping itu, nasabah juga berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai Rp500 juta dalam bentuk voucher GrabFood hingga Rp100.000 dan OVO Points hingga Rp100.000 untuk setiap pembelian produk BareksaEmas di aplikasi Bareksa menggunakan metode pembayaran OVO minimal Rp1 juta dan memasukkan kode promo.

(Martina Priyanti/AM)

Baca : Daftar Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa Kenapa Perlu Verifikasi Tambahan?

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.