Ini Daftar Keuntungan dan Waktu Terbaik Membeli Emas

Waktu yang tepat investasi emas adalah saat Anda punya uang dalam jumlah yang cukup
Bareksa • 03 Dec 2021
cover

Ilustrasi perempuan investor yang berinvestasi emas baik emas perhiasan, batangan atau logam mulia. (shutterstock)

Bareksa.com - Emas merupakan salah satu pilihan investasi favorit banyak orang karena dianggap paling aman (safe haven). Tak heran, emas disebut investasi kebal krisis.

Saat orang ramai-ramai lepas dolar, jual saham, surat utang, maupun reksadana di masa krisis, emas justru diborong atau dibeli. Pantas harga emas sempat naik ke level tertinggi sewaktu pandemi tahun lalu.

Logam mulia ini memang telah menjadi aset berharga di seluruh belahan dunia. Selama berabad-abad, masyarakat memilih emas karena nilainya yang tidak tergerus zaman. Mengutip Reuters, emas telah ditemukan di kuburan di samping sisa-sisa peninggalan kuno lainnya yang berasal dari 4.500 SM.

Hal tersebut menunjukkan stabilitas emas dan daya tariknya dari waktu ke waktu. Para investor kerap menganggap emas sebagai salah satu produk investasi yang paling aman. Nilai emas kerap pulih dengan cepat apabila terjadi kemerosotan ekonomi.

Harganya pun sering berlawanan dengan pasar saham atau perubahan ekonomi. Apabila kepercayaan investor hancur, harga emas sering naik karena para investor yang cemas mencari tempat aman untuk menarik uang tunai dari pasar.

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Keuntungan Investasi Emas

Nilai aset yang jarang mengalami perubahan, pembelian dan penjualan yang bisa dilakukan di mana saja, serta modal yang relatif terjangkau merupakan sebagian kemudahan yang bisa Anda rasakan ketika memiliki investasi emas, terutama untuk Anda yang baru ingin memulai investasi emas.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam berinvestasi emas antara lain :

· Nilai aset cenderung stabil
· Likuid alias mudah untuk dicairkan
· Tahan terhadap inflasi
· Melindungi nilai kekayaan
· Dapat diwariskan kepada orang lain
· Aman dari risiko geopolitik

Waktu Terbaik Membeli Emas

Investasi emas banyak dinilai orang menguntungkan secara jangka panjang dan kurang cocok sebagai investasi jangka pendek seperti trading. Jika dijadikan investasi pendek, kemungkinan Anda akan kurang merasakan keuntungan investasi emas.

Lantas, kapan waktu yang tepat berinvestasi emas?

Waktu yang tepat investasi emas adalah saat Anda punya uang dalam jumlah yang cukup. Anda bisa menyisihkan Sebagian dari penghasilan Anda untuk membeli emas secara 'ecer' per gram atau membatasi anggaran misal Rp2 juta per bulan.

Dalam investasi emas, Anda sebaiknya tidak menunggu harga emas turun atau naik. Kenaikan harga emas secara signifikan biasanya terjadi dalam jangka waktu panjang. Anda disarankan investasi emas dalam jangka panjang antara 5 sampai 10 tahun.

Meski demikian, untuk mendapatkan hasil yang optimal Anda harus rutin dan konsisten menabung atau membeli emas agar memeroleh hasil yang maksimal dan stabil.

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan mitra emas berizin

Baca : Promo Beli Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa, Bisa Raih Hadiah Rp50 Ribu

(KA01/Arief Budiman/AM)

Investasi Sekarang

​***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.