Tips Agar Tak Rugi Saat Jual Emas

Butuh strategi dan waktu yang tepat untuk menjual emas agar nilainya maksimal
Bareksa • 23 Dec 2021
cover

Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Bareksa.com - Investasi emas hingga saat ini masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Nilainya yang stabil, likuid (mudah dicairkan), serta modal yang relatif terjangkau merupakan sebagian kemudahan yang bisa Anda rasakan ketika memiliki investasi emas, terutama untuk Anda yang baru ingin memulai investasi emas.

Emas sejatinya merupakan logam mulia yang tidak mudah bahkan tidak akan berkarat. Emas saat ini juga menjadi produk investasi yang dapat di perjual-belikan. Investasi emas dapat dikatakan sebagai salah satu jenis investasi yang minim risiko.

 Sebab, investasi yang satu ini bisa dikelola dengan sangat mudah meskipun investor tersebut tidak mahir dalam menilai pasar uang. Tentunya, kelebihan tersebut menjadi salah satu alasan emas menjadi investasi primadona di Tanah Air.

Meskipun memiliki keuntungan, kekurangan dari investasi emas ini yakni kenaikan harga yang memang kurang signfikan dibandingkan instrumen investasi lain. Penyebab naik turunnya harga emas biasanya tercermin dari kondisi global yang tak menentu sehingga kekhawatiran perekonomian akan ambruk sewaktu-waktu cukup tinggi.

Selain itu, walaupun emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, kita tidak bisa menjual emas sembarangan. Butuh strategi dan waktu yang tepat untuk menjual emas agar nilainya maksimal.

Apalagi, emas adalah produk investasi jangka panjang, sehingga keuntungannya tidak akan langsung terlihat dalam waktu 1-2 bulan saja.

Biar tidak salah langkah, berikut tips menjual emas agar tidak rugi seperti dilansir Sahabat Pegadaian :

· Selalu pantau perkembangan harga emas secara berkala

· Berikan jarak setelah membeli emas, karena keuntungan emas akan mulai terasa dalam jangka panjang misalnya 5-10 tahun

· Jual kembali ke toko emas saat membeli

· Membawa sertifikat emas, untuk menandakan bahwa emas tersebut milik investor asli

· Mengetahui kadar emas dan harganya, agar tidak mudah ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab

· Bandingkan harga emas pada setiap toko emas terdekat

Hindari Emas Palsu

Untuk menghindari kemungkinan adanya emas palsu, maka sangat penting untuk membeli emas di penjual yang terpercaya. Anda dapat membeli komoditas jenis logam tersebut di penjual yang sudah memiliki sertifikat seperti PT Aneka Tambang Tbk. atau Antam. Perusahaan tersebut juga dikenal memiliki sertifikat yang diakui secara internasional.

Sebagai instrumen investasi, investasi emas tetap saja memiliki risiko seperti emas palsu dan kehilangan. Untuk mengatasi risiko seperti kehilangan, pencurian serta rusaknya komoditas emas, Anda perlu menyiapkan tempat penyimpanan khusus.

Tidak dapat dipungkiri ada beragam tempat penyimpanan yang dapat dijadikan alternatif, baik itu di rumah, di bank maupun di Pegadaian. Anda dapat membeli brankas khusus untuk menyimpan logam jenis tersebut di rumah.

Jika jumlah emas yang dimiliki cukup banyak, brankas dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi risiko investasi. Apalagi brankas juga memiliki sistem keamanan yang cukup baik.

Namun jika Anda masih khawatir menyimpannya di brankas rumah, Anda juga dapat menyewa jasa penyimpanan safe deposit box di bank atau Pegadaian.

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Fitur Bareksa Emas

Untuk berinvestasi emas logam mulia kini harganya juga kian terjangkau. Salah satunya, sebagaimana tersedia di fitur Bareksa Emas di aplikasi Bareksa. Dalam fitur BareksaEmasBareksa telah bermitra dengan Indogold dan Pegadaian, yang merupakan penyedia emas fisik dengan layanan gadai emas sesuai izin OJK.

Emas yang dibeli investor di BareksaEmasada fisiknya dan disimpan di brankas aman, yang bisa dijual atau diambil fisiknya bila diperlukan.

Emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur BareksaEmas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Investasi emas di BareksaEmas bisa mulai dengan nominal Rp50.000 atau ukuran minimal 0,1 gram.

Apa Keunggulan Beli Emas di Bareksa?

Dengan berinvestasi emas di Bareksa Emas, kita tidak hanya berinvestasi emas secara online, melainkan juga ada fisiknya. Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan, kita  bisa mencetaknya menjadi emas batangan atau biasa disebut logam mulia.

Lantas apa saja keunggulan membeli emas di Bareksa Emas? Bareksa Emas merupakan fitur transaksi jual beli emas fisik secara online dengan fasilitas penitipan yang terdapat pada aplikasi Bareksa. Ada enam keunggulan membeli emas di Bareksa, yakni :

1. Praktis, 100 persen Online

Mulai dari pendaftaran, transaksi jual dan beli, hingga tarik fisik emas bisa kamu lakukan tanpa harus keluar rumah.

2. Mulai dari Rp50.000

Bebas cemas memulai investasi dengan harga yang sangat terjangkau. Minimum pembelian emas di Bareksa hanya Rp50.000.

3. Pergerakan Harga Stabil

Smart investor tak perlu memantau setiap saat, sebab harga emas cenderung naik secara stabil dari tahun ke tahun. Investasi emas juga bisa menjadi pelindung aset kita (hedging) dari gerusan inflasi.

4. Pelengkap Aset Investasi

Daftar akun Bareksa sekali, sudah bisa beli emas, reksadana dan SBN dalam satu aplikasi. Dengan begitu, smart investor bisa meminimalisir risiko investasi dengan diversifikasi aset investasimu.

5. Tempat Penyimpanan Aman

Kesulitan menyimpan emas fisik? Takut hilang disimpan di lemari? Bareksa Emas menyimpan emasmu di Mitra Emas kami yaitu PT Pegadaian (Persero) dan PT Indogold Solusi Gadai

6. Terdaftar dan Diawasi OJK

Tabungan emas smart investor di Bareksa Emas disimpan di tempat penyimpanan emas Indogold dan Pegadaian yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor  KEP-50/NB.1/2018.

Investasi Emas untuk Donasi 30.912 Yatim-piatu Covid-19

Dengan investasi emas di Bareksa Emas, smart investor juga bisa sekaligus ikut berdonasi bagi yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19.

BareksaEmas juga menjadi salah satu produk investasi utama untuk menunjang sinergi Bareksa - Grab - OVO dalam program #ThREEforGood, yang akan memberikan donasi kepada 30.912 anak yatim piatu korban Covid-19 melalui platform crowdfunding BenihBaik pimpinan Andy F. Noya.

Untuk setiap transaksi pembelian emas Pegadaian menggunakan OVO di BareksaEmas, maka Bareksa - Grab - OVO akan menyumbangkan 0,5 persen dari nilai transaksi, tanpa mengurangi nilai investasi nasabah. 

Di samping itu, nasabah juga berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai Rp500 juta dalam bentuk voucher GrabFood hingga Rp100.000 dan OVO Points hingga Rp100.000 untuk setiap pembelian produk BareksaEmas di aplikasi Bareksa menggunakan metode pembayaran OVO minimal Rp1 juta dan memasukkan kode promo.

Baca : Daftar Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa Kenapa Perlu Verifikasi Tambahan?

Investasi Sekarang

(KA01/Arief Budiman/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.