Empat Merek Emas Batangan untuk Investasi Logam Mulia

Setidaknya ada empat merek emas batangan yang bisa dipilih untuk investasi
Abdul Malik • 27 Oct 2021
cover

Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Bareksa.com - Emas batangan atau kerap disebut logam mulia menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih investor. Meski nilainya fluktuatif, kadang naik kadang turun, tapi secara rata-rata cenderung naik setiap tahunnya bahkan relatif tidak tergerus oleh inflasi.

Tertarik investasi emas batangan juga? Khususnya bagi Anda investor pemula, Sahabat Pegadaian menyebutkan sebaiknya memperhatikan tiga hal berikut ini saat mulai berinvestasi.

1, Tujuan

Investasi emas cocok untuk jangka panjang sehingga lebih baik digunakan untuk simpanan masa depan misalnya dana pensiun atau dana pendidikan anak. Dengan begitu, maka imbal hasil yang didapatkan tinggi.

Selain itu, sifat emas yang tahan inflasi cocok sekali untuk simpanan yang memerlukan waktu lama namun tetap aman.

2. Kredibilitas

Kredibilitas perusahaan pembuat emas perlu diprioritaskan saat ingin berinvestasi emas. Jangan sampai tertipu dengan emas palsu atau sertifikat yang berujung tidak mendatangkan imbal hasil, melainkan kerugian.

3. Distribusi

Hal yang tidak kalah penting adalah masalah distribusi hingga sampai tangan investor. Jika memilih sistem daring, maka harus mencari distributor yang terpercaya. Sementara jika membeli emas secara langsung di toko emas, carilah toko emas yang teregistrasi.

Merek Emas Batangan

Bagi Anda yang baru memulai berinvestasi emas, mungkin masih bingung atau ragu dalam memilih merek emas batangan yang cocok untuk investasi karena banyaknya merek emas dan juga jenisnya. Sahabat Pegadaian menyebutkan setidaknya ada empat merek emas batangan yang bisa dipilih untuk investasi.

1. Antam

Antam merupakan logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang atau disingkat menjadi Antam dengan karakter khusus yang sulit untuk dipalsukan.

Sertifikat yang didapatkan saat Anda membeli emas Antam menjelaskan berat, kadar kemurnian, dan nomor seri emas. Emas Antam tersedia dalam beberapa ukuran.

Ukuran logam mulia yang paling populer, adalah emas Antam dengan berat 5 gram, 10 gram, 50 gram dan 100 gram.

2. Lotus Archi

Lotus Archi diproduksi oleh Lotus Lingga Pratama (LLP) sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri dalam merancang dan memproduksi perhiasan emas sejak 1975. Emas batangan ini menawarkan kadar terpercaya dan kemurnian tertinggi 99.99 persen.

Setiap emas batangan Lotus Archi juga sudah dilengkapi dengan sertifikat asli. LLP merupakan anggota resmi dari World Gold Council dan Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI). Sama seperti jenis emas batangan lainnya, Lotus Archi juga tersedia dalam beberapa pilihan gram.

3. UBS

UBS Gold merupakan perusahaan produksi emas dan logam mulia milik PT Untung Bersama Sejahtera yang sudah berdiri sejak 1981 di Surabaya. Untuk semakin menarik minat masyarakat, UBS juga menghadirkan beragam jenis brand perhiasan, seperti Starshine, EG, Kasandra, Venus, dan Basic Chain.

4. Galeri24

Galeri24 merupakan anak perusahaan PT Pegadaian (Persero) yang bergerak di bidang jual beli emas baik perhiasan maupun emas batangan. Galeri24 juga memiliki berbagai jenis emas batangan yang kadarnya 24 karat dalam berbagai seri serta ukuran.

Untuk mendapatkan emas dari Galeri24, kita bisa datang ke cabang Pegadaian terdekat.

Emas batangan atau logam mulia terbitan manapun yang dipilih, pastikan terlebih dahulu bahwa emas merupakan instrumen investasi yang cocok dengan profil risiko Anda ya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.