BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Tips Aman Nabung di Tokopedia Reksadana Agar Tetap Tenang

Bareksa04 Mei 2020
Tags:
Tips Aman Nabung di Tokopedia Reksadana Agar Tetap Tenang
Logo Tokopedia

Dana reksadana aman disimpan Bank Kustodian dan transaksi menggunakan keamanan berlapis

Bareksa.com - Akhir pekan lalu muncul kabar mengenai peretasan data di e-commerce terkemuka Tokopedia. Dikabarkan, 91 juta data akun pengguna bocor dan dijual di pasar gelap (dark web).

Sebagian pengguna Tokopedia juga memiliki akun Tokopedia Reksadana, yang merupakan fitur hasil kerja sama dengan Bareksa. Namun, investor yang memiliki reksadana di Tokopedia tidak perlu khawatir sebab dana masih tersimpan aman di Bank Kustodian.

Benarkah akun Tokopedia kita masih aman?

Promo Terbaru di Bareksa

Setidaknya ada dua hal yang bisa memastikan keamanan akun dan dana kita di Tokopedia. Pertama, penggunaan password dan OTP dalam bertransaksi. Kedua, dana Tokopedia Reksadana masih aman di Bank Kustodian.

Manajemen Tokopedia sudah mengakui adanya upaya pencurian data pengguna Tokopedia tetapi informasi penting seperti password tetap berhasil terlindungi.

"Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami anjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan," ujar VP of Corporate Communication Tokopedia, Nuraini Razak dalam keterangan pers, Minggu (3/5/2020).

Nuraini menambahkan Tokopedia menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP (One Time Password) atau kata sandi sekali pakai yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. Tokopedia pun selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun.

"Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," ujar Nuraini Razak.

Berkaitan dengan reksadana, bisa dipastikan bahwa dana investor aman tersimpan di Bank Kustodian, sehingga tidak bisa sembarangan diambil oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Apa itu Bank Kustodian?

Bank kustodian adalah bank umum yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang berkaitan dengan efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Bank kustodian harus mendapatkan surat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Secara lebih sederhana, bank kustodian adalah sebuah bank yang telah mendapatkan izin dari OJK untuk mengawasi dan menjaga aset reksadana dari manajer investasi.

Bank Kustodian hanya dapat mengeluarkan efek atau dana yang tercatat pada rekening efek atas perintah tertulis dari pemegang rekening atau pihak yang diberi wewenang untuk bertindak atas namanya.

Tips Aman di Tokopedia Reksadana

1. Rahasiakan OTP

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Bank Kustodian harus memastikan order atau instruksi reksadana datang dari pemilik rekening itu sendiri untuk pencairan reksadana. Di Tokopedia Reksadana, pencairan reksadana harus menggunakan kode OTP, sebagai verifikasi yang langsung diterima oleh pemilik rekening melalui nomor telepon terdaftar.

Bila kita tidak melakukan transaksi apapun tetapi mendapatkan kode OTP, kita bisa mengabaikannya saja. Selain itu, jangan pernah membagikan kode OTP ini kepada orang lain dengan alasan apapun.

2. Ganti Password Berkala

Pencairan dana di Tokopedia Reksadana hanya bisa dilakukan ke saldo Tokopedia yang terkait dengan email kita dan nantinya masuk ke rekening kita. Oleh karena itu, kita bisa mencegah penyalahgunaan data kita dengan mengganti password akun Tokopedia dan email kita secara berkala.

Untuk mengganti password Tokopedia, caranya adalah dengan login, lalu buka menu Akun. Kemudian pilih menu Pengaturan > Akun > Kata Sandi. Agar lebih aman, gunakan juga PIN Tokopedia, yang bisa diatur di pengaturan akun ini.

3. Data Pembayaran

Untuk memudahkan transaksi, kita bisa menyimpan data kartu debit, kartu kredit dan dompet digital kita di akun Tokopedia. Bila kita tidak selalu menggunakannya, kita bisa menghapus data ini juga di menu Pengaturan > Pembayaran.

Jangan khawatir, bila kita sudah mengikuti tips di atas, bisa dipastikan bahwa data dan dana kita masih aman di Tokopedia Reksadana. Lihat juga cara membaca keuntungan reksadana di Tokopedia Reksadana di artikel ini.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua