Minat Masyarakat atas Produk Investasi Syariah via e-Commerce Terus Meningkat

Untuk reksadana syariah di Tokopedia, transaksinya meningkat hingga 68 kali dalam dua tahun terakhir
Abdul Malik • 20 Aug 2021
cover

Ilustrasi seorang investor Muslimah yang berinvestasi di reksadana syariah dan SBN syariah secara online melalui smartphone. (Shutterstock)

Bareksa.com - Tokopedia menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang menyediakan produk jasa keuangan syariah. Minat masyarakat akan layanan tersebut juga meningkat, terutama di produk investasi syariah.

Vice President of Public Policy and Government Relation Tokopedia Salam Astri Wahyuni menjelaskan dalam menyediakan layanan jasa keuangan syariah, Tokopedia Salam bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Kami bekerjasama dengan Bank Muamalat, Bank Syariah Indonesia, Pegadaian, LinkAja dan Bareksa," jelas dia dalam sebuah Webinar, Jumat (20/8).

Adapun produk jasa keuangan yang ditawarkan dalam Tokopedia Salam tersebut adalah reksadana syariah, wakaf, emas, zakat, donasi dan kurban.

Kendati tergolong baru, namun antusiasme masyarakat terhadap produk jasa keuangan syariah tersebut cukup tinggi. Astri mengungkapkan, selama Ramadhan tahun ini, semua transaksi jasa keuangan syariah meningkat signifikan.

Transaksi zakat maal misalnya, meningkat hingga tiga kali selama Ramadhan 2021. Kemudian transaksi donasi juga meningkat tiga kali pada Ramadhan 2021.

Sementara untuk transaksi reksadana syariah dan emas, pertumbuhan transaksinya tidak hanya meningkat pada masa Ramadhan.

Astri menyebutkan, untuk reksadana syariah, transaksinya meningkat hingga 68 kali dalam dua tahun terakhir. Sedangkan untuk transaksi emas meningkat 27 kali dalam tiga tahun terakhir.

Ke depan, Astri memprediksi transaksi produk jasa keuangan syariah ini akan lebih meningkat. Apalagi transaksi bisa dengan mudah dilakukan melalui virtual account dan e-wallet. Selain itu, pembukaan rekening bank syariah juga semakin mudah dengan menggunakan teknologi digital.

Adapun Tokopedia saat ini memiliki tak kurang dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya. Tokopedia juga berhasil menjangkau 99 persen kecamatan di Indonesia, menyediakan lebih dari 550 juta produk, memiliki 11 juta penjual dan menjangkau 86,5 persen pebisnis baru.

(K09/AM)

​***

​​​Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.